Alfabet
# A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z

Pyrantel (Alias: Pirantel)

Ditulis oleh Anita Djie
Terakhir ditinjau oleh dr. Anandika Pawitri

Merk dagang yang beredar:

Pantrin, Trivexan, Upixon

Pyrantel adalah obat anticacing yang digunakan untuk mencegah perkembangan cacing dalam tubuh. Umumnya, obat pyrantel digunakan untuk mengatasi infeksi cacing kremi, cacing tambang, dan cacing gelang.

Namun, obat pyrantel tidak efektif digunakan untuk mengatasi infeksi cacing cambuk. Obat pyrantel bekerja dengan melumpuhkan cacing dan membuatnya lepas sehingga bisa dikeluarkan dari tubuh.

Pyrantel (Pirantel)
Golongan

Anthelmintics

Kategori Obat

Obat bebas

Bentuk Obat

Kapsul dan suspensi

Dikonsumsi oleh

Dewasa dan anak-anak

Kategori Kehamilan dan Menyusui

Kategori C: Penelitian pada binatang percobaan menunjukkan efek samping terhadap janin dan tidak ada penelitian terkontrol pada wanita; atau belum ada penelitian pada wanita hamil atau binatang percobaan. Obat hanya dapat diberikan jika manfaat yang diperoleh melebihi besarnya risiko yang mungkin timbul pada janin.

Keamanan penggunaan pyrantel selama menyusui belum diketahui. Pastikan untuk selalu berkonsultasi dengan dokter Anda sebelum menggunakannya.

Dosis

Dosis setiap orang pasti berbeda-beda. Pastikan untuk selalu berkonsultasi dengan dokter sebelum menggunakan atau mengonsumsi obat.

Infeksi cacing tunggal atau ganda

  • Dewasa: Konsumsi pyrantel sebanyak 10 mg/kg dalam satu kali konsumsi atau satu dosis.
  • Anak-anak: Konsumsi pyrantel sebanyak 10 mg/kg dalam satu kali konsumsi.

Trikinosis

  • Dewasa: Konsumsi pyrantel sebanyak 10 mg/kg satu kali sehari selama lima hari.

Infeksi cacing tambang

  • Dewasa: Konsumsi pyrantel sebanyak 10 mg/kg satu kali sehari selama 3-4 hari atau konsumsi pyrantel sebanyak 20 mg/kg satu kali sehari selama dua hari.

Infeksi cacing kremi

  • Dewasa: Konsumsi pyrantel sebanyak 10 mg/kg dan dikonsumsi sekali kembali setelah 2-4 minggu. Maksimal konsumsi pyrantel adalah 1 g per dosis atau sekali makan.

Infeksi cacing gelang

  • Dewasa: Konsumsi pyrantel sebanyak 5 mg/kg dalam satu kali konsumsi atau satu dosis. Maksimal konsumsi pyrantel adalah 1 g per dosis atau sekali makan.

Untuk pemberian pengobatan secara massal, pyrantel dikonsumsi sebanyak 2,5 mg/kg dalam satu kali konsumsi atau satu dosis. Pyrantel diberikan sebanyak 3-4 kali dalam setahun.

Aturan pakai Pyrantel dengan benar

Selalu ikuti anjuran dari dokter atau baca petunjuk di kemasan pyrantel sebelum penggunaan. Pyrantel dapat dikonsumsi dengan atau tanpa makanan serta harus dikonsumsi dengan segelas air.

Bila Anda mengonsumsi pyrantel dalam bentuk sirup, kocok terlebih dahulu sebelum diukur dengan cangkir atau sendok khusus yang telah disediakan.

Efek Samping

Pemakaian obat umumnya memiliki efek samping tertentu dan bersifat individual. Jika terjadi efek samping yang berlebih, harus segera ditangani oleh tenaga medis.

Hubungi dokter jika Anda mengalami reaksi alergi terhadap pyrantel, seperti sesak napas, ruam-ruam, pembengkakan lidah, wajah, atau bibir, dan penyempitan tenggorokan.

Pyrantel dapat menyebabkan efek samping yang meliputi:

Ada beberapa efek samping lain yang mungkin belum terdaftar. Jika Anda mempunyai efek samping selain dari yang terdaftar di atas, segera konsultasikan ke dokter Anda.

Peringatan

Beritahukan dan konsultasikan dengan dokter mengenai riwayat penyakit Anda sebelumnya, terutama bila Anda memiliki riwayat atau kondisi berikut:

  • Kehamilan dan menyusui
  • Anemia
  • Malnutrisi

Kontraindikasi

Jangan menggunakan pyrantel jika mempunyai kondisi medis di bawah ini:

Interaksi

Interaksi obat mungkin terjadi jika Anda menggunakan atau mengonsumsi beberapa obat secara bersamaan. Pastikan untuk selalu berkonsultasi dengan dokter Anda sebelum menggunakannya. Bila perlu, dokter mungkin akan mengurangi dosis atau mengganti obat dengan alternatif obat lainnya.

Mengonsumsi pyrantel dengan obat lain secara bersamaan dapat menyebabkan beberapa interaksi yang meliputi:

  • Berakibat fatal bila diminum bersama piperazine
  • Berkurangnya efektivitas pyrantel jika diminum bersama obat anticacing lainnya
  • Memicu efek samping yang berbahaya bila dikonsumsi bersama dengan obat theophylline

Informasi yang diberikan bukan sebagai pengganti konsultasi medis langsung dengan dokter atau mengarahkan pemakaian obat dengan merk tertentu. Pemakaian obat harus dengan resep dokter. Ketersediaan obat tergantung pada indikasi yang disetujui BPOM.

Referensi

Drugs.com. https://www.drugs.com/mtm/pyrantel.html
Diakses pada 27 Agustus 2019

MedlinePlus. https://medlineplus.gov/druginfo/meds/a682820.html
Diakses pada 27 Agustus 2019

MIMS Indonesia. https://www.mims.com/indonesia/drug/info/pyrantel/?type=brief&mtype=generic
Diakses pada 27 Agustus 2019

Artikel Terkait:
Back to Top