Propranolol (Alias: Propranolol)

Terakhir ditinjau oleh dr. Anandika Pawitri pada 22 Jan 2019

Merk dagang yang beredar:

Farmadral.

Propranolol merupakan obat yang digunakan untuk mengobati tekanan darah tinggi, kondisi jantung yang tidak teratur, mencegah sakit kepala migrain, nyeri dada, dan untuk serangan jantung. Obat ini bekerja dengan menghentikan aksi bahan kimia alami dalam tubuh yang mempengaruhi jantung dan pembuluh darah, mengurangi tekanan darah, denyut jantung, dan tekanan pada jantung.

Propranolol (Propranolol)
Golongan

Penghambat beta

Kategori Obat

Obat resep

Bentuk Obat

Tablet

Dikonsumsi oleh

Dewasa dan anak-anak

Kategori Kehamilan dan Menyusui

Kategori C: Penelitian Penelitian pada hewan percobaan menunjukkan efek buruk terhadap janin dan tidak ditemukan studi yang memadai pada manusia. Namun, mengingat efektivitasnya, penggunaannya dapat dipertimbangkan pada wanita hamil sekalipun berisiko.

Dosis

Dosis diberikan oleh dokter berdasarkan kondisi medis. Dosis yang diberikan mungkin bervariasi berdasarkan kondisi individu. Selama pengobatan, dokter akan melihat respon terhadap pengobatan dan melakukan penyesuaian dosis bila diperlukan.

Intravena

Tata laksana kegawatdaruratan pada aritmia jantung

  • Dewasa : 1 mg diberikan dalam 1 menit, dapat diulangi setiap 2 menit bila diperlukan. Maksimal 10 mg pada pasien yang masih sadar dan 5 mg pada pasien dalam kondisi terbius.

Oral

Phaeochromocytoma

  • Dewasa: dalam bentuk sediaan tablet atau sirup dosis 60 mg/hari dalam dosis terbagi diberikan 3 hari sebelum operasi dengan kombinasi α-blocker. Jika tumor tidak dapat dioperasi, 30 mg / hari dalam dosis terbagi.
  • Anak: dalam bentuk sediaan tablet atau sirup dosis 0,25-0,5 mg / kg 3-4 kali sehari.

Oral

Hipertensi

  • Dewasa: dalam bentuk sediaan tablet konvensional atau sirup dosis 40-80 mg dua kali sehari. Rentang dosis yang lazim digunakan 160-320 mg / hari. Maks: 640 mg / hari. Dalam bentuk sediaan kapsul lepas lambat dosis 80 mg satu kali sehari. Rentang dosis yang lazim digunakan: 120-160 mg satu kali sehari. Maks: 640 mg / hari.
  • Anak: sediaan tablet konvensional dosis 1 mg / kg / hari dalam 2 dosis terbagi. Rentang dosis yang lazim digunakan: 2-4 mg / kg / hari dalam 2 dosis. Maks: 4 mg / kg / hari dalam 2 atau 3 dosis.

Oral

Infark miokard

  • Dewasa: dalam bentuk sediaan tablet konvensional atau sirup dosis 40 mg 4 kali sehari selama 2-3 hari diikuti dengan 80 mg dua kali sehari. Dosis alternatif : 180-240 mg / hari dalam dosis terbagi. Dosis diberikan dalam 5-21 hari setelah serangan jantung.

Oral

Hipertensi Portal

  • Dewasa: dalam bentuk sediaan tablet konvensional atau sirup dosis 40 mg dua kali sehari dapat ditingkatkan dengan interval tiap satu minggu hingga 160 mg. Sebagai sediaan kapsul lepas lambat : 80 mg sekali sehari, dapat ditingkatkan menjadi 160 mg sekali sehari. Maksimal: 320 mg satu kali sehari.

Oral

Profilaksis migrain

  • Dewasa: dalam bentuk sediaan tablet konvensional atau sirup dosis 40 mg dua atau tiga kali sehari. Rentang dosis yang lazim digunakan: 120-240 mg / hari. Dalam bentuk sediaan kapsul lepas lambat dosis 80 mg sekali sehari, dapat ditingkatkan menjadi 160 mg sekali sehari. Maks: 240 mg / hari.
  • Anak: dalam bentuk sediaan tablet konvensional atau sirup dosis diberikan sesuai usia : kurang dari 12 thn 10-20 mg dua kali sehari atau tiga kali sehari. Lebih dari 12 thn, 40 mg dua kali sehari atau tiga kali sehari meningkat dalam interval 1 minggu hingga 160 mg / hari. Maks: 240 mg / hari.

Oral

Aritmia Cardiac

  • Dewasa: dalam bentuk sediaan tablet konvensional atau sirup dosis 30-160 mg / hari dalam dosis terbagi.
  • Anak: dalam bentuk sediaan tablet konvensional atau sirup dosis 0,25-0,5 mg / kg 3-4 kali sehari.

Oral

Tremor Esensial

  • Dewasa: dalam bentuk sediaan tablet konvensional atau sirup dosis awal 40 mg dua kali sehari atau tiga kali sehari. Rentang dosis yang lazim digunakan : 120-240 mg / hari.  dalam bentuk sediaan kapsul lepas lambat : 80 mg sekali sehari, dapat ditingkatkan menjadi 160 mg sekali sehari. Maks: 240 mg / hari.

Oral

Kecemasan/serangan panik/anxietas

  • Dewasa: dalam bentuk sediaan tablet konvensional atau sirup dosis 10-40 mg dua kali sehari atau tiga kali sehari. Dalam bentuk sediaan kapsul lepas lambat: 80 mg sekali sehari. Max: 160 mg satu kali sehari.

Oral

Pectoris Angina

  • Dewasa: dalam bentuk sediaan tablet konvensional atau sirup dosis 40 mg dua kali sehari atau tiga kali sehari. rentang dosis yang lazim digunakan : 120-240 mg / hari. Maks: 320 mg / hari. dalam sediaan kapsul lepas lambat : 80 mg sekali sehari, dapat ditingkatkan menjadi 160 mg sekali sehari. Maks: 240 mg / hari.

Oral

Kardiomiopati Hypertrophic/pelebaran batas jantung

  • Dewasa: dalam bentuk sediaan tablet konvensional atau sirup dosis 10-40 mg, 3-4 kali sehari.

Oral

Hipertiroidisme

  • Dewasa: dalam bentuk sediaan tablet konvensional atau sirup dosis 10-40 mg, 3-4 kali sehari. Dalam bentuk sediaan kapsul lepas lambat dosis : 80 mg sekali sehari, dapat ditingkatkan menjadi 160 mg sekali sehari. Maks: 240 mg / hari.
  • Anak: dalam bentuk sediaan tablet konvensional atau sirup dosis 0,25-0,5 mg / kg 3-4 kali sehari.

Aturan pakai Propranolol dengan benar

Ikuti saran dan resep dokter.

  • Konsumsi obat ini sebelum makan.
  • Jika berbentuk cairan, gunakan sendok khusus dalam menentukan dosis yang benar.
  • Dosis didasarkan pada pada kondisi medis dan respons.
  • Konsumsi obat ini 1 jam sebelum jika anda mengonsumsi obat kolesterol.

Konsumsi obat sesuai petunjuk dokter.

Efek Samping

Efek samping dapat terjadi pada pemakaian obat-obatan. pusing, kelelahan, dan mual merupakan efek samping yang umum terjadi selama pemakaian obat ini. Beritahukan dokter Anda mengenai setiap efek samping yang terjadi pada Anda.

Bila Anda mengalami gejala berat/serius seperti berikut, segera hubungi dokter Anda:

Bradikardi, hipotensi, sinkop, syok, angina pektoris. Sakit kepala ringan, pusing, ataksia, pusing, lekas marah, mengantuk, gangguan pendengaran, dan gangguan visual untuk mimpi, halusinasi, dan kebingungan yang jelas. Distress epigastrium, kram perut, mual, muntah, diare, konstipasi, dan perut kembung. Hipoglikemia, ruam kulit, eosinofilia transien, trombositopenia, dan purpura nontrombositopenia; peningkatan kadar K, transaminase, dan BUN. Jarang, penyakit Peyronie dan mata kering.

Peringatan

Beritahukan dokter Anda mengenai riwayat penyakit Anda sebelumnya, terutama bila Anda memiliki riwayat atau kondisi berikut:

  • Kelainan irama jantung
  • Diabetes melitus,
  • Riwayat bronkospasme nonalergik.
  • Hipertiroidisme dan hipoglikemia, dikarenakan pemberian obat ini dapat menutup tanda-tanda hipertiroidisme dan hipoglikemia..
  • Gangguan ginjal dan hati.
  • Penghentian obat tiba-tiba dapat memperburuk gejala angina atau mencetuskan infark miokard/serangan jantung pada pasien dengan penyakit arteri koroner.
  • Usia lanjut.
  • Kehamilan dan menyusui.

Kontraindikasi:

Jangan mengonsumsi obat ini jika mempunyai kondisi medis seperti:

  • Sinus bradikardi, syok kardiogenik, sindrom sick sinus, sindrom Raynaud, gagal jantung derajat 2 dan 3, angina Prinzmetal, penyakit arteri perifer berat, asidosis metabolik.
  • Penggunaan bersamaan dengan tioridazin.

Informasi lebih lengkap bisa dilihat melalui kemasan.

Interaksi

Konsumsi beberapa obat secara bersamaan dapat menimbulkan interaksi obat. Konsumsi Propranolol dapat menimbulkan efek kronotropik dan/atau inotropik negatif tambahan pada penggunaan dengan amiodarone, disopiramid, quinidine, flecainide dan penghambat saluran calsium. Dapat meningkatkan efek hipotensi dengan fenotiazin.Peningkatan risiko hipotensi dan atenuasi dari refleks takikardia dengan obat anestesi. Peningkatan risiko perpanjangan interval QT dan torsades de pointes dengan tioridazin.

Informasi yang diberikan bukan sebagai pengganti konsultasi medis langsung dengan dokter atau mengarahkan pemakaian obat dengan merek tertentu. Pemakaian obat harus dengan resep dokter. Ketersediaan obat tergantung pada indikasi yang disetujui Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

Penyakit
  • Aritmia, jantung.
Referensi

WebMD. https://www.webmd.com/drugs/2/drug-10404-9168/propranolol-oral/propranolol-oral/details
Diakses pada 03 Desember 2018

Mayoclinic. https://www.mayoclinic.org/drugs-supplements/propranolol-oral-route/description/drg-20071164
Diakses pada 03 Desember 2018

MIMS. https://www.mims.com/indonesia/drug/info/propranolol/?type=brief&mtype=generic&q=Propranolol
Diakses pada 03 Desember 2018

Back to Top