Propofol bertindak sebagai anestesi dan sedasi dalam prosedur medis seperti operasi dan pembedahan
Propofol sebagai penenang pada pasien dengan ventilator.

Diprivan, Fresofol MCT, Proanes 1% MCT, Recofol, Safol, Trivam

Propofol merupakan obat yang dapat memperlambat aktivitas otak dan sistem saraf, digunakan sebagai obat anestesi umum dalam pembedahan atau prosedur medis lainnya. Obat ini juga dipakai untuk menenangkan pasien dalam perawatan kritis yang membutuhkan pemakaian ventilator.

Propofol (Propofol)
Golongan

Anestesi

Kategori obat

Obat resep

Bentuk sediaan obat

Suntik

Dikonsumsi oleh

Dewasa, anak-anak, dan lansia

Kategori kehamilan dan menyusui

Kategori B: Penelitian pada sistem reproduksi hewan percobaan tidak menunjukkan adanya risiko pada janin, namun tidak ada penelitian terkontrol yang telah dilakukan pada wanita hamil.

Dosis obat

Sedasi

  • Dewasa: Prosedur diagnostik dan pembedahan: Diberikan intravena dengan dosis 6-9 mg/kg/jam dengan infus diberikan selama 3-5 menit atau dosis alternatif 0,5-1 mg/kg dengan injeksi lambat selama 1-5 menit. Dosis pemeliharaan: 1,5-4,5 mg/kg/jam infus. Kurangi dosis pemeliharaan sebesar 20% untuk pasien yang berisiko tinggi. Pasien dengan ventilator: 0,3-4 mg/kg/jam dengan infus. Monitor kadar lipid jika durasi sedasi berlangsung lebih dari 3 hari.

Induksi Pemeliharaan Anestesi Umum

  • Dewasa: Induksi: Diberikan intravena dengan dosis 40 mg melalui injeksi atau infus setiap 10 detik. Dosis biasa: 1,5-2,5 mg/kg. Dosis pemeliharaan: 4-12 mg/kg/jam atau bolus injus intermiten 20-50 mg.
  • Anak lebih dari 8 tahun: Dosis induksi: 2,5 mg/kg. Dosis pemeliharaan: 9-15 mg/kg/jam dengan infus IV atau bolus injeksi
  • Lansia: Infus dengan kecepatan 20 mg setiap 10 detik. Dosis pemeliharaan: 3-6 mg/kg/jam. Dosis standard: 1-1,5 mg/kg.

Konsumsi obat sesuai dengan resep dan instruksi dokter. Berikut adalah hal-hal yang perlu diperhatikan dalam penggunaan propofol.

  • Disuntikkan ke pembuluh darah melalui infus
  • Pernapasan, tekanan darah, kadar oksigen, fungsi ginjal, dan tanda-tanda vital lainnya akan diamati dengan seksama saat Anda berada di bawah pengaruh propofol

Efek samping dapat terjadi pada pemakaian obat-obatan. Penurunan frekuensi pernapasan, pusing, dan nyeri merupakan efek samping yang umum terjadi selama pemakaian obat ini.

Beritahukan dokter mengenai riwayat penyakit Anda sebelumnya, terutama bila Anda memiliki riwayat atau kondisi berikut:

  • Hipovolemia, epilepsi, gangguan profil lipid, dan pasien dengan tekanan intrakranial yang meningkat
  • Anak-anak
  • Lansia

Jangan mengonsumsi obat ini jika mempunyai kondisi medis, seperti:

  • Menjalani terapi elektrokonvulsif
  • Kehamilan
  • Laktasi

Informasi lebih lengkap bisa dilihat pada kemasan.

Konsumsi beberapa obat secara bersamaan dapat menimbulkan interaksi obat. Disarankan untuk menurunkan dosis bila diberikan bersamaan dengan nitrous oxide atau anestesi halogen. Penggunaan bersamaan dengan depresan SSP lainnya dapat meningkatkan efek sedasi (penenang), anestesi, dan kardiorespirasi.

Informasi yang diberikan bukan sebagai pengganti konsultasi medis langsung dengan dokter, atau mengarahkan pemakaian obat dengan merek tertentu. Pemakaian obat harus dengan resep dokter. Ketersediaan obat tergantung pada indikasi yang disetujui Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

Drugs. https://www.drugs.com/propofol.html
diakses pada 29 November 2018.

MIMS. http://mims.com/indonesia/drug/info/propofol/?type=brief&mtype=generic
diakses pada 29 November 2018.

Artikel Terkait