Neo-Quipenyl, Primacin, Malirid, Pmq, Ramaquin, Primaquine Phosphate 15mg Sanofi, Primaquine Sanofi-Aventis, Jasoprim, Primacin

Primaquine adalah obat yang digunakan untuk menangani atau mencegah penyakit malaria, penyakit yang disebabkan oleh parasit melalui gigitan nyamuk. Primaquine bekerja dengan menghambat pertumbuhan parasit penyebab malaria dalam tubuh.

Primaquine juga digunakan untuk mencegah malaria kembali muncul. Sebab, parasit Vivax yang menjadi salah satu penyebab malaria, dapat menimbulkan infeksi kedua setelah pasien sembuh.

Primaquine selalu diberikan bersamaan dengan obat skizontosida darah, dan tidak pernah diberikan sebagai satu-satunya obat untuk menangani malaria.

Primaquine (Primaquine)
Golongan

Antimalaria

Kategori obat

Obat resep

Bentuk sediaan obat

Tablet

Dikonsumsi oleh

Dewasa dan anak

Kategori kehamilan dan menyusui

Kategori C: Penelitian pada binatang percobaan menunjukkan efek samping terhadap janin dan tidak ada penelitian terkontrol pada wanita; atau belum ada penelitian pada wanita hamil atau binatang percobaan. Obat hanya dapat diberikan jika manfaat yang diperoleh melebihi besarnya risiko yang mungkin timbul pada janin.

Dosis obat

Dosis setiap orang pasti berbeda-beda. Pastikan untuk selalu berkonsultasi dengan dokter sebelum menggunakan atau mengonsumsi obat.

Pengobatan radikal malaria plasmodium Vivax atau Ovale
Dewasa
Pengobatan dengan obat skizontosida darah harus diberikan terlebih dahulu untuk membunuh parasit eritrosit. Dosis awalnya 15 mg selama 14 hari. Selanjutnya, dosis ditingkatkan jika terjadi resistensi pada plasmodium vivax.

Anak-anak
250 mkg/kg sekali sehari selama 14 hari. Konsumsi maksimal 15 mg per
hari.

Selalu ikuti anjuran dari dokter atau baca petunjuk di kemasan Primaquine sebelum penggunaan.

Primaquine harus dikonsumsi dengan makanan. Mengonsumsi primaquine tanpa makanan dapat menimbukan rasa tidak nyaman pada perut.

Pemakaian obat umumnya memiliki efek samping tertentu dan bersifat individual. Efek samping yang berlebihan harus segera mendapat penanganan medis.

Primaquine dapat menyebabkan efek samping yang meliputi:

  • Mual, muntah, kram perut
  • Detak jantung yang tidak teratur
  • Ruam kulit
  • Pusing

Beritahukan dan konsultasikan dengan dokter mengenai riwayat penyakit Anda sebelumnya, terutama bila memiliki riwayat atau kondisi berikut ini.

  • Defisiensi enzim G6pd (glukosa-6-fosfat-dehidrogenase)
  • Defisiensi methemoglobin reduktase NADH
  • Berusia kanak-kanak
  • Sedang hamil
  • Sedang menyusui

Interaksi obat mungkin terjadi jika Anda menggunakan atau mengonsumsi beberapa obat secara bersamaan. Pastikan untuk selalu berkonsultasi dengan dokter Anda sebelum menggunakannya. Bila perlu, dokter mungkin akan mengurangi dosis atau mengganti obat dengan alternatif obat lainnya.

Mengonsumsi Primaquine dengan obat lain secara bersamaan dapat menyebabkan beberapa interaksi yang meliputi:

  • Peningkatan efek obat yang memperpanjang interval QT, seperti abeksinostat, asebutolol, dan asepromazin, jika digunakan bersamaan.

Potensi yang bersifat fatal adalah:

  • Meningkatkan kemungkinan efek hematologis yang merugikan, jika digunakan bersamaan dengan obat depresi sumsum tulang atau obat hemolitik lainnya
  • Peningkatan konsentrasi plasma dan toksisitas primaquine, jika digunakan bersamaan dengan mepacrine

Informasi yang diberikan bukan sebagai pengganti konsultasi medis langsung dengan dokter atau mengarahkan pemakaian obat dengan merek tertentu. Pemakaian obat harus sesuai dengan resep dokter. Ketersediaan obat tergantung pada indikasi yang disetujui BPOM.

DrugBank. https://www.drugbank.ca/drugs/DB01087

Diakses pada 19 Agustus 2019

 

Drugs.com, https://www.drugs.com/mtm/primaquine.html

Diakses pada 19 Agustus 2019

 

Global Library of Women Medicine. https://www.glowm.com/resources/glowm/cd/pages/resources/Pharmacy/primaquine.htm

Diakses pada 19 Agustus 2019

 

Malaria Site. https://www.malariasite.com/primaquine/

Diakses pada 19 Agustus 2019

 

MIMS. https://www.mims.com/indonesia/drug/info/primaquine/?type=brief&mtype=generic
Diakses pada 19 Agustus 2019

Artikel Terkait