Alfabet
# A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z

Praziquantel (Alias: -)

Ditulis oleh Lenny Tan
Terakhir ditinjau oleh dr. Anandika Pawitri

Merk dagang yang beredar:

Praziquantel adalah obat untuk mengatasi infeksi parasit. Misalnya, schistosomiasis (infeksi cacing schistosoma dan clonorchiasis (infeksi cacing hati).

Obat ini termasuk golongan antelmintik yang bekerja dengan membunuh, melumpuhkan, dan menyebabkan parasit terlepas dari dinding pembuluh darah. Dengan ini, tubuh dapat membuang parasit tersebut secara alami.

Praziquantel (-)
Golongan

Antelmintik

Kategori Obat

Obat resep

Bentuk Obat

Tablet

Dikonsumsi oleh

Dewasa dan anak-anak usia di atas 4 tahun

Kategori Kehamilan dan Menyusui

Kategori B: Penelitian pada sistem reproduksi binatang percobaan tidak memperlihatkan adanya risiko terhadap janin, namun penelitian terkontrol pada wanita hamil belum dilakukan. Atau penelitian terhadap reproduksi binatang percobaan memperlihatkan adanya efek samping obat (selain penurunan fertilitas) yang tidak muncul di penelitian terkontrol pada wanita hamil trimester I (dan tidak ada bukti mengenai risiko pada trimester berikutnya).

Dosis

Dosis setiap orang pasti berbeda-beda. Pastikan untuk selalu berkonsultasi dengan dokter sebelum menggunakan atau mengonsumsi obat.

Schistosomiasis 

  • Dewasa: 20 mg / kg berat badan (BB) tiap 4-6 jam, yang terbagi dalam 3 dosis. Atau 40-60mg / kg BB dengan dosis tunggal.

Clonorchiasis, Opisthorchiasis

  • Dewasa: 25 mg / kg BB sebanyak 3 kali sehari, dengan jarak konsumsi 4-6 jam. Atau 40 mg / kg BB sebagai dosis tunggal. Durasi konsumsinya selama 1-2 hari.

Anak-anak di atas 4 tahun: sama dengan dosis orang dewasa.

Aturan pakai Praziquantel dengan benar

Selalu ikuti anjuran dari dokter atau baca petunjuk di kemasan praziquantel sebelum penggunaan.

Praziquantel sebaiknya dikonsumsi dengan makanan. Frekuensi konsumsi obat ini biasanya 3 kali sehari, dengan durasi konsumsi selama 1 hari, atau sesuai yang diarahkan dokter.

Jangan mengunyah tablet praziquantel atau menghancurkannya karena dapat membuat Anda muntah atau tersedak akibat rasanya yang pahit. Hindari pula meminum jus grapefruit (limau gedang) selama menggunakan praziquantel, kecuali diizinkan langsung oleh dokter.

Beri tahu dokter jika kondisi Anda makin memburuk atau tidak membaik.

Efek Samping

Pemakaian obat umumnya memiliki efek samping tertentu dan bersifat individual. Jika terjadi efek samping yang berlebih, harus segera ditangani oleh tenaga medis. 

Obat praziquantel umumnya dapat menyebabkan efek samping berupa sakit kepala, pusing, sakit perut, mual, lemas, lelah, nyeri otot/pegal-pegal, dan nyeri sendi. Jika efek samping makin memburuk, segera hubungi dokter untuk mendapatkan penanganan medis.

Anda juga disarankan untuk mencari bantuan medis secepatnya bila terjadi efek samping serius di bawah ini:

Ada beberapa efek samping lain yang mungkin belum terdaftar. Jika Anda mempunyai efek samping selain dari yang terdaftar di atas, segera konsultasikan ke dokter Anda.

Peringatan

Beritahukan dan konsultasikan dengan dokter mengenai riwayat penyakit Anda sebelumnya, terutama bila Anda memiliki riwayat atau kondisi berikut:

  • Gangguan hati tingkat sedang sampai berat.
  • Riwayat epilepsi.
  • Kelainan jantung.
  • Kejang.
  • Kehamilan dan menyusui.

Kontraindikasi

Jangan mengonsumsi obat ini jika mengalami kondisi medis sistiserkosis okuler. Informasi lebih lengkap bisa dilihat melalui kemasan.

Interaksi

Interaksi obat mungkin terjadi jika Anda menggunakan atau mengonsumsi beberapa obat secara bersamaan. Pastikan untuk selalu berkonsultasi dengan dokter Anda sebelum menggunakannya. Bila perlu, dokter mungkin akan mengurangi dosis atau mengganti obat dengan alternatif obat lainnya.

Mengonsumsi praziquantel dengan obat lain secara bersamaan dapat menyebabkan beberapa interaksi di bawah ini:

 

Informasi yang diberikan bukan sebagai pengganti konsultasi medis langsung dengan dokter atau mengarahkan pemakaian obat dengan merek tertentu. Pemakaian obat harus sesuai dengan resep dokter. Ketersediaan obat tergantung pada indikasi yang disetujui BPOM.

Penyakit
Referensi

WebMD. https://www.webmd.com/drugs/2/drug-8873/praziquantel-oral/details
Diakses pada 12 September 2019

Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/drugs-supplements/praziquantel-oral-route/description/drg-20065610
Diakses pada 12 September 2019

MIMS. https://www.mims.com/indonesia/drug/info/praziquantel/?type=brief&mtype=generic
Diakses pada 12 September 2019

Artikel Terkait:
Back to Top