Olmetec berfungsi untuk pengobatan hipertensi esensial
Olmetec berfungsi untuk pengobatan hipertensi esensial
Olmetec berfungsi untuk pengobatan hipertensi esensial
Olmetec berfungsi untuk pengobatan hipertensi esensial
Golongan obat Merah Obat keras: diharuskan menggunakan resep dokter.
HET Rp. 636.902/box (10 tablet) per April 2019
Kemasan 1 box isi 3 strip @ 10 tablet (40 mg)
Produsen Pfizer

Olmetec adalah obat untuk pengobatan tekanan darah tinggi. Obat ini merupakan obat keras yang menggunakan resep dokter dan mengandung Olmesartan medoxomil sebagai zat aktif. 

Diindikasikan untuk pengobatan hipertensi primer. Hipertensi primer adalah peningkatan tekanan darah tinggi tanpa sebab yang jelas seperti keturunan, obesitas dan gaya hidup yang buruk.

Dewasa: Pada tekanan darah tinggi tidak terkontrol dapat dimulai dari dosis 20mg sebanyak 1 kali/hari, dengan dosis maksimal 40 mg sebanyak 1 kali/hari.

Dapat dikonsumsi bersama atau tanpa makanan.

Pusing, infeksi paru (bronkitis), batuk, radang  tenggorokan (faringitis), alergi, sakit perut, diare, produksi asam lambung berlebih (dispepsia), gangguan pada saluran cerna (gastroenteritis), mual, radang sendi, nyeri punggung, nyeri saluran kemih, kencing berdarah (hematuria), infeksi saluran kemih, nyeri dada, kelelahan, gejala seperti influenza, pembengkakan pada kaki.

Alergi (hipersensitivitas), penyumbatan saluran empedu, ibu hamil dan menyusui.

Gangguan keseimbangan cairan tubuh, tekanan darah tinggi sekunder (hipertensi renovaskuler), gangguan fungsi ginjal dan transplantasi ginjal, gangguan fungsi hati;  kelebihan kalium (hiperkalemia), kelainan katup jantung (stenosis aorta atau mitral), kardiomiopati hipertrofi obstruktif, & gangguan hormonal yang menyebabkan tekanan darah tinggi (aldosteronisme primer), memengaruhi konsentrasi dalam mengemudi atau menjalankan mesin dan anak berusia kurang dari 18 tahun.

Kalium atau diuretik hemat Kalium, obat anti-inflamasi non-steroid (OAINS), antasid yang mengandung Al dan Mg, lithium.

Sesuai kemasan per Mei 2019

MIMS. http://mims.com/indonesia/drug/info/olmetec/olmetec?type=brief&lang=id
Diakses pada 25 April 2019

Drugs. https://www.drugs.com/mtm/olmesartan.html
Diakses pada 4 Desember 2019