Cari berdasarkan abjad
# A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z

New Diatabs tablet

Ditulis oleh Nina Hertiwi Putri
Golongan Hijau Obat bebas: Tidak memerlukan resep dokter.
HET Rp 2.786/strip (4 tablet) per Maret 2019
Kemasan 1 box isi 25 strip @ 4 tablet
Produsen Medifarma Laboratories

Deskripsi

New Diatabs berguna mengabsorbsi beberapa racun dan bakteri penyebab diare, mengurangi frekuensi buang air besar, dan memperbaiki konsistensi feses. Dibuat dari attapulgite aktif yang juga merupakan magnesium aluminium filosilikat (karbon aktif). Sebagai obat, new diatabs akan mengikat senyawa asam dan toksin dalam lambung dan saluran pencernaan. Selain itu, attapulgite juga dapat menyerap air yang kemudian akan mengurangi kehilangan cairan saat diare.

Indikasi (manfaat)

Pengobatan simtomatik pada diare nonspesifik (diare yang tidak diketahui penyebabnya dengan jelas).

Komposisi

Activated Attapulgite 600 mg.

Dosis

Dewasa dan anak ≥ 12 tahun: 2 tablet/setelah buang air besar, maksimal 12 tablet dalam 24 jam.

Anak 6 - 12 tahun: 1 tablet/setelah buang air besar, maksimal 6 tablet dalam 24 jam.

Cara penggunaan

Dikonsumsi setelah buang air besar.

Peringatan

Efek samping

Konstipasi

Meskipun langka, namun beberapa pasien berisiko mengalami efek samping saat mengonsumsi obat. Segera hubungi dokter atau mencari pertolongan tenaga kesehatan jika tanda reaksi alergi muncul. Reaksi alergi dapat dideteksi dalam bentuk seperti ruam, gatal-gatal, kulit mengelupas dengan atau tanpa demam, pilek, sesak napas, bengkak di bibir, mulut, wajah, lidah, atau tenggorokan.

Kontraindikasi (jangan dikonsumsi pada kondisi)

Pasien yang harus menghindari konstipasi, penderita obstruksi usus dan pasien yang hipersensitif terhadap activated attapulgite.

Perhatian

Diare dapat mengakibatkan kehilangan cairan dan elektrolit atau dehidrasi oleh karena itu diperlukan terapi rehidrasi (cairan rehidrasi oral, seperti oralit). Jika diare terjadi pada anak-anak disertai dengan dehidrasi, maka pengobatan awal harus diberikan cairan rehidrasi oral, seperti oralit. Jangan diberikan kepada anak-anak umur <3 tahun, kecuali atas petunjuk dokter. Dapat mempengaruhi absorbsi obat lain di dalam saluran pencernaan, oleh karena itu dianjurkan interval waktu 2-3 jam antara pemberian oral obat lain dengan obat ini. Jangan digunakan lebih dari 2 hari atau pada keadaan demam tinggi. Jika gejala-gejala masih berlangsung terus, konsultasi dengan Dokter.

Interaksi (jangan diberikan bersamaan dengan)

Digoksin

Sesuai kemasan.

Drugbank. https://www.drugbank.ca/drugs/DB01574
Diakses pada 2 Agustus 2019

Drugs. https://www.drugs.com/cdi/attapulgite-tablet.html
Diakses pada 2 Agustus 2019

Back to Top