Cari berdasarkan abjad
# A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z

Mofacort krim 10 g

Golongan Merah Obat keras: diharuskan menggunakan resep dokter.
HET Rp 83.188/tube per April 2019
Kemasan 1 tube @10 g
Produsen Surya Dermato Medica Laboratories

Deskripsi

Mofacort mengandung mometasone furoate yang digunakan secara topikal dengan khasiat sebagai anti inflamasi, anti pruritus dari dermatoses yang responsif terhadap kortikosteroid.

Indikasi (manfaat)

Pengobatan inflamasi dan pruritus dari dermatoses yang responsif terhadap kortikosteroid seperti psoriasis dan atopic dermatitis.

Komposisi

Tiap 1 g: mometasone furoate anhydrous 1 mg

Dosis

1x/hari

Cara penggunaan

Oleskan selapis tipis pada daerah yang sakit secara merata dan jangan dibalut.

Peringatan

Efek samping

Efek samping lokal yang jarang terjadi diantaranya adalah : rasa terbakar, pruritus, tingling/stinging dan atrofi kulit.

Kontraindikasi (jangan dikonsumsi pada kondisi)

Pasien yang hipersensitif terhadap krim, lotion, salep mometasone furoate 0,1% dan kortikosteroid lainnya atau bahan yang terkandung di dalamnya.

Perhatian

Hentikan penggunaan obat jika terjadi iritasi atau sensitisasi dan gunakan pengobatan yang sesuai, fungi atau anti bakteri jika terdapat infeksi. Jika respon tidak memadai, hentikan penggunaan mofacort hingga infeksi terkontrol, seperti halnya dengan penggunaan kortikosteroid sistemik, penggunaan topikal mempunyai kemungkinan menyebabkan beberapa efek samping seperti adrenal suppresion, terutama pada bayi dan anak-anak.
-Absorpsi sistemik dari topikal kortikosteroid akan meningkat jika digunakan pada area yang luas atau dibalut. Hati-hati penggunaan pada bayi dan anak-anak jika digunakan pada kondisi tersebut dalam jangka waktu yang lama.
- Terapi kortikosteroid dapat diberikan jika tidak ada obat lainnya yang lebih efektif.
- Tidak digunakan untuk mata.
- Penggunaan obat ini pada wanita hamil belum dilakukan dan hanya diberikan jika potensi keuntungan lebih besar dibandingkan risiko.
- Tidak diketahui apakah pemberian topikal kortikosteroid dapat menyebabkan absorpsi sistemik dalam jumlah yang dapat diidentifikasi pada air susu, namun pemberian sistemik yang disekresi melalui air susu tidak menimbulkan efek merugikan terhadap bayi. Penghentian menyusui atau penghentian pengobatan hendaknya disesuaikan dengan kondisi pasien.

Back to Top