Methyl Salicylate digunakan untuk artritis, sakit punggung atau keseleo akibat radang sendi
Methyl Salicylate digunakan untuk meredakan nyeri otot atau nyeri sendi karena radang sendi.

Counterpain

Methyl Salicylate merupakan obat yang digunakan untuk meredakan nyeri pada otot/sendi yang timbul pada peradangan sendi, seperti artritis, sakit punggung, atau keseleo. Obat ini termasuk golongan counterirritants yang bekerja dengan membuat kulit terasa dingin dan kemudian hangat sehingga terjadi pengalihan rasa nyeri.

Methyl Salicylate (Metil Salisilat)
Golongan

Obat pereda nyeri topikal

Kategori obat

Obat resep dan bebas

Bentuk sediaan obat

Krim dan gel

Dikonsumsi oleh

Dewasa dan anak-anak >2 tahun

Kategori kehamilan dan menyusui

Konsultasikan pada dokter sebelum penggunaan obat ini pada ibu hamil. Tidak disarankan untuk pemakaian pada trimester akhir kehamilan.

Dosis obat

Dosis diberikan oleh dokter berdasarkan kondisi medis. Dosis yang diberikan mungkin bervariasi berdasarkan kondisi individu. Selama pengobatan, dokter akan melihat respons terhadap pengobatan dan melakukan penyesuaian dosis bila diperlukan.

Untuk pemakaian pada umumnya, oleskan metil salisilat pada daerah yang sakit sebanyak 3-4 kali sehari.

Baca petunjuk pada kemasan dan ikuti perintah dari dokter sebelum menggunakan obat metil salisilat. Obat digunakan pada kulit saja. Oleskan obat di area yang sakit sebanyak 3 sampai 4 kali sehari. Jangan menggunakan obat ini untuk kulit yang terluka atau iritasi, seperti terpotong, tergores, dan terbakar sinar matahari. Jangan membalut atau membungkus bagian yang terkena dengan erat karena dapat meningkatkan efek samping. Jangan mengoleskan obat ini pada mata, mulut, hidung, atau area genital. Beritahu dokter jika kondisi semakin memburuk atau tidak membaik.

Efek samping dapat terjadi pada pemakaian obat-obatan. Jika terjadi efek samping yang berlebihan, segera cari penanganan medis terdekat. Efek samping yang umum terjadi pada pemakaian obat metil salisilat, antara lain: kemerahan, rasa panas, dan terbakar dapat terjadi pada daerah yang dioleskan. Jika efek samping semakin memburuk segera hubungi dokter untuk mendapatkan penanganan medis. Ada beberapa efek samping lain yang belum terdaftar. Jika Anda mempunyai efek lain seperti di atas, tanyakan kepada dokter Anda.

Beritahukan dokter mengenai riwayat penyakit Anda sebelumnya, terutama bila Anda memiliki riwayat atau kondisi berikut:

  • Asma
  • Kulit yang terluka

Interaksi mungkin akan terjadi jika mengonsumsi beberapa obat secara bersamaan dengan obat ini. Jika ingin menggunakan metil salisilat secara bersamaan harap konsultasi ke dokter Anda, dokter mungkin akan mengganti dosis obat tersebut jika memang harus digunakan secara bersamaan. Beri tahu dokter Anda bila Anda menggunakan obat pengencer darah seperti warfarin.

Informasi yang diberikan bukan sebagai pengganti konsultasi medis langsung dengan dokter, atau mengarahkan pemakaian obat dengan merek tertentu. Pemakaian obat harus dengan resep dokter. Ketersediaan obat tergantung pada indikasi yang disetujui Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

Drugs. https://www.drugs.com/mtm/methyl-salicylate-topical.html
diakses pada 27 Desember 2018.

WebMD. https://www.drugs.com/mtm/methyl-salicylate-topical.html
diakses pada 27 Desember 2018.

Artikel Terkait