Lysine (Alias: Lisin)

Terakhir ditinjau oleh dr. Virly Isella pada 07 Feb 2019

Merk dagang yang beredar:

Aminoral, Aminefron, Ferobion, Ferofort, Ketosteril, Keto-G, Lisovit, Lycalvit, Prorenal.

Lisin merupakan asam amino (protein) esensial yang tidak dapat dibentuk oleh tubuh sendiri dan diperoleh dari konsumsi makanan seperti ikan dan daging. Lisin penting untuk pertumbuhan dan perkembangan normal serta memegang peranan penting untuk membentuk zat yang diperlukan untuk mengubah asam lemak menjadi energi, sehingga membantu untuk menurunkan kolesterol. Lisin juga digunakan untuk mengobati herpes dengan cara menurunkan arginin yang diperlukan untuk pertumbuhan virus sehingga memperlambat pertumbuhan virus.

Lysine (Lisin)
Golongan

Suplemen makanan atau nutrisi enteral

Kategori Obat

Obat Resep

Bentuk Obat

Tablet

Dikonsumsi oleh

Dewasa

Kategori Kehamilan dan Menyusui

Kategori C: Penelitian pada hewan percobaan menunjukkan efek buruk terhadap janin dan tidak ditemukan studi yang memadai pada manusia. Namun, mengingat efektivitasnya, penggunaannya dapat dipertimbangkan pada wanita hamil sekalipun berisiko.

Keamanan penggunaan lisin selama menyusui masih belum diketahui, pastikan untuk selalu berkonsultasi dengan dokter Anda sebelum mengonsumsinya.

Dosis

Dosis setiap orang pasti berbeda-beda. Pastikan untuk selalu berkonsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsi obat.

Suplemen diet

  • Dewasa: 500-1.000 mg/hari.

Pengobatan dan profilaksis herpes simplex

  • Dewasa: Untuk mengobati gejala: 3.000–9.000 mg/hari dalam dosis terbagi. Untuk mencegah berulangnya infeksi: 500–1.500 mg/hari.

Aturan pakai Lysine dengan benar

Baca petunjuk dan ikuti anjuran dokter Anda. Mengonsumsi lysine dapat meningkatkan kalsium yang diserap tubuh. Jangan mengonsumsi kalsium dalam jumlah besar saat menggunakan obat ini. Beri tahu dokter jika kondisi Anda semakin memburuk.

Efek Samping

Setiap pemakaian obat selalu mempunyai efek samping tertentu. Efek samping belum tentu terjadi di setiap pemakaian obat akan tetapi bila terjadi efek samping yang berlebih, harus segera ditangani oleh tenaga medis.

Efek samping yang mungkin timbul dari pemakaian lisin antara lain sakit perut, diare, dan gangguan ginjal (gagal ginjal kronis atau nephritis interstitial). Jika efek samping semakin memburuk segera hubungi dokter untuk mendapatkan penanganan medis.

Ada beberapa efek samping lain yang belum terdaftar. Jika Anda mempunyai efek samping lain diluar daftar di atas, konsultasikan segera ke dokter Anda.

Peringatan

Konsultasi dengan dokter terlebih dahulu jika Anda memiliki kondisi medis seperti:

Pada beberapa penelitian menunjukan bahwa konsumsi lisin dapat menurunkan kadar kolesterol, namun pada beberapa studi juga menunjukkan bahwa lisin juga dapat menurunkan kadar kolesterol.

  • Kehamilan dan menyusui

Jangan mengonsumsi obat ini jika mempunyai kondisi medis seperti:

  • Hiperkalsemia
  • Alergi terhadap lisin

Informasi lebih lengkap bisa dilihat melalui kemasan.

Interaksi

Interaksi obat mungkin terjadi bila beberapa obat dikonsumsi secara bersamaan. Jika ingin mengonsumsi obat secara bersamaan, konsultasikan ke dokter Anda terlebih dahulu, bila perlu dokter akan mengubah dosis obat atau mengganti obat dengan alternatif obat lainnya.

Mengonsumsi lisin dengan obat lain secara bersamaan dapat menyebabkan beberapa interaksi seperti:

  • Suplemen kalsium. Lisin dapat meningkatkan penyerapan kalsium dalam tubuh. Hindari penggunaan lisin bersamaan dengan suplemen kalsium.
  • Menurunkan kadar lisin bila digunakan bersamaan dengan arginin dosis tinggi.
  • Lisin dalam dosis tinggi juga dapat meningkatkan toksisitas antibiotik golongan aminoglikosida seperti gentamisin, neomisin, dan streptomisin.

Informasi yang diberikan bukan sebagai pengganti konsultasi medis langsung dengan dokter atau mengarahkan pemakaian obat dengan merek tertentu. Pemakaian obat harus dengan resep dokter. Ketersediaan obat tergantung pada indikasi yang disetujui Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

Referensi

Advanced Orthomolecular Research. https://aor.ca/products/l-lysine
Diakses pada 19 November

Drugs. https://www.drugs.com/mtm/lysine.html
Diakses pada 19 November 2018.

MIMS. https://www.mims.com/indonesia/drug/info/ketosteril/?type=brief
Diakses pada 19 November 2018.

NIH. https://pubchem.ncbi.nlm.nih.gov/compound/L-lysine#section=Top
Diakses pada 19 November 2018.

Web MD. https://www.webmd.com/vitamins/ai/ingredientmono-237/lysine
Diakses pada 19 November 2018.

Artikel Terkait:
Back to Top