Cari berdasarkan abjad
# A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z

Lasix tablet 40 mg

Golongan Merah Obat keras: diharuskan menggunakan resep dokter.
HET Rp 6.581/tablet per April 2019
Kemasan 1 box isi 10 strip @ 10 tablet (40 mg)
Produsen Sanofi

Deskripsi

Lasix mengandung furosemide yang memiliki efek diuretik (natrium) tergantung pada dosis yang diberikan. Efek diuretik dari furosemide akan terpengaruh ½ hingga 1 jam setelah pemberian oral dan efek maksimum tercapai dalam 1-2 jam. Efek diuretik akan berlangsung selama 4-6 jam.

Indikasi (manfaat)

Pengobatan edema jantung, ginjal dan hati. Edema perifer karena obstruksi mekanis atau insufisiensi vena dan hipertensi.

Komposisi

Furosemide 40 mg

Dosis

Edema Dewasa: Awal 20-80 mg/hari dosis tunggal. Dosis dapat dinaikkan secara perlahan s/d 600 mg/hari (kecuali pada gagal ginjal berat).
Edema Anak: 1-2 mg/kg berat badan diberikan dosis tunggal.
Hipertensi Dewasa: 80 mg/hari (biasanya 2x40 mg/hari)

Cara penggunaan

Dikonsumsi tanpa dikunyah dengan sejumlah air disaat perut kosong.

Peringatan

Efek samping

Kelainan elektrolit, dehidrasi dan hipovolemia, peningkatan trigliserida, hipotensi termasuk disregulasi ortostatik, peningkatan kreatinin darah, hemokonsentrasi, hiponatremia dan hipokloremia, hipokalemia, peningkatan kolesterol darah dan asam urat, episode asam urat, apati, kram betis, kehilangan nafsu makan, kelemahan, kantuk, muntah dan kebingungan, insufisiensi hati, peningkatan volume urin.

Kontraindikasi (jangan dikonsumsi pada kondisi)

Gagal ginjal akut dengan anuria, koma hepatik, hipokalemia, hiponatremia atau hipovolamia dengan atau tanpa hipotensi atau dehidrasi, wanita hamil dan ibu menyusui.

Perhatian

Hipotensi, pasien yang berisiko penurunan tekanan darah secara drastis, DM laten atau manifestasi, sindrom hepatorenal, penurunan kadar protein dalam darah, bayi prematur, ketidakseimbangan elektrolit dan cairan, hipovolemia atau dehidrasi, penggunaan bersama dengan risperidone.

Interaksi (jangan diberikan bersamaan dengan)

Obat antiinflamatori (indomethacin, asam acetylsalisilat, probenecid, methotrexate, phenytoin, cardiac glycoside)

Back to Top