Cari berdasarkan abjad
# A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z

Kloderma salep 5 g

Ditulis oleh Aby Rachman
Golongan Merah Obat keras: diharuskan menggunakan resep dokter.
HET Rp 25.438/tube per Maret 2019
Kemasan 1 tube @ 5 g
Produsen Surya Dermato Medica Laboratories

Deskripsi

Kloderma bekerja sebagai kortikosteroid untuk mengurangi peradangan. Kandungan clobetasol di dalamnya berfungsi untuk mengurangi rasa gatal.

Indikasi (manfaat)

Pemakaian jangka pendek terhadap pengobatan penyakit kulit yang resisten seperti psoriasis, eksim, lupus eritematosus, lichen planus, serta bentuk inflamasi dan gatal-gatal dari dermatoses yang responsif terhadap kortikosteroid.

Komposisi

Tiap 1 g: clobetasol propionate 0.5 mg

Dosis

1-2x/hari

Cara penggunaan

Dioleskan tipis. Hentikan apabila hasil pengobatan sudah tercapai. Tidak boleh melebihi 2 g/hari. Pada pemakaian yang tidak terus-menerus mungkin memerlukan ±4 minggu tanpa ada kelainan dari penderita. Yang penting total dosis jangan melebihi 50 g/minggu.

Peringatan

Efek samping

Pemakaian waktu yang lama dan cukup tinggi akan menyebabkan perubahan gizi jaringan seperti striae, pemutihan kulit dan pelebaran pembuluh darah, terutama bila digunakan pada lipatan kulit. Kemungkinan lain terjadi Cushing's syndrome, hyperglycemia dan glucosuria sebagai akibat dari absorbsi sistemik. Penggunaan pembalut memungkinkan terjadinya efek sistemik.

Kontraindikasi (jangan dikonsumsi pada kondisi)

Hipersensitif, rosacea, acne, perioral dermatitis, lesi-lesi kulit yang disebabkan oleh infeksi virus, fungi atau bakteri. Dermatoses pada anak dibawah 1 tahun termasuk dermatitis dan napkins eruptions.

Perhatian

Pemakaian jangka panjang dan dosis tinggi, anak-anak dibawah umur 12 tahun, wanita hamil atau menyusui. Hati-hati apabila digunakan pada wajah dan pelupuk mata.

Drugs. https://www.drugs.com/mtm/clobetasol-topical.html
Diakses pada 2 Agustus 2019

Back to Top