Kenalog in ora base salep 5 g

Kenalog in ora base untuk meringankan inflamasi

Deskripsi obat

Kenalog in Orabase adalah obat untuk meringankan sementara gejala peradangan yang terkait dengan lesi inflamasi atau lesi ulseratif mukosa rongga mulut akibat trauma. Obat ini termasuk ke dalam kortikosteroid sintetis yang memiliki efek antiperadangan, antigatal, dan antialergi. Efek penggunaan Kenalog in Orabase adalah iritasi dan gatal. 

Kenalog in ora base salep 5 g
Golongan ObatObat kerasObat resep. Obat hanya boleh dibeli menggunakan resep dokter.
HETRp 68.063/tube per Maret 2019
Kemasan1 tube @ 5 g
ProdusenTaisho Pharmaceutical

Indikasi (manfaat) obat

Pengobatan tambahan dan meringankan sementara gejala-gejala yang terkait dengan lesi inflamasi atau lesi ulseratif mukosa rongga mulut akibat trauma.

Komposisi obat

Triamcinolone acetonide

Dosis obat

Penggunaan obat harus sesuai petunjuk pada kemasan dan anjuran dokter

2-3x/hari (sesuai keparahan gejala).

Aturan pakai obat

Oleskan secukupnya, sekitar 0.6 cm pada lesi, hingga menghasilkan lapisan tipis. Mungkin diperlukan jumlah yang lebih banyak untuk menutup beberapa lesi, jangan digosokkan karena bisa membuat sediaan bergumpal dan terlepas. setelah pemberian akan terbentuk lapisan yang halus dan licin, gunakan pada malam hari agar terjadi kontak steroid dengan lesi sepanjang malam.

Efek samping obat

Sensasi terbakar, gatal, iritasi, kulit kering, dan kulit kemerahan. Penggunaan yang berkepanjangan dapat menimbulkan efek samping yang biasa timbul pada penggunaan sediaan steroid sistemik seperti supresi adrenal, perubahan pada metabolisme glukosa, katabolisme protein, aktivasi tukak lambung dan lainnya. Efek samping ini biasanya reversibel dan hilang saat pengobatan dihentikan.

Perhatian Khusus

Penderita tuberkulosis, tukak lambung, atau diabetes melitus tidak boleh mendapat pengobatan yang mengandung kortikosteroid tanpa adanya saran dari dokter. Hentikan pemakaian jika timbul iritasi lokal, atau terjadi sensitisasi dan lakukan pengobatan yang sesuai. Jika tidak terjadi regenerasi atau perbaikan jaringan rongga mulut secara bermakna pada lesi setelah tujuh hari pemakaian, dianjurkan untuk memeriksa kembali lesi rongga mulut yang diderita.



Kontraindikasi (jangan dikonsumsi pada kondisi)

Pasien dengan riwayat hipersensitif terhadap satu atau lebih komponen Kenalog. Infeksi jamur, virus, atau bakteri pada mulut atau tenggorokan.

Drugs. https://www.drugs.com/pro/kenalog-orabase.html
Diakses pada 2 Agustus 2019

MIMS. https://www.mims.com/indonesia/drug/info/kenalog%20in%20orabase/?type=full#Contraindications
Diakses pada 13 September 2019

Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email