Karbosistein

Rhinatiol, Broncholit

Karbosistein digunakan untuk mengatasi gejala batuk berdahak karena fungsinya yang dapat mengencerkan dahak sehingga lebih mudah untuk dikeluarkan. Efek lainnya yang dihasilkan adalah bakteri menjadi lebih sulit untuk menginfeksi saluran napas. Obat ini berguna bagi penderita Penyakit Paru Obstruktif Kronis (PPOK) yang sering mengalami batuk berdahak berulang.

Karbosistein ()
Golongan

Pengencer dahak (mukolitik)

Kategori obat

Obat keras

Bentuk sediaan obat

Kapsul, sirup

Dikonsumsi oleh

Anak di atas 2 tahun dan dewasa

Kategori kehamilan dan menyusui

Kategori C: Penelitian pada binatang percobaan menunjukkan efek samping terhadap janin dan tidak ada penelitian terkontrol pada wanita; atau belum ada penelitian pada wanita hamil atau binatang percobaan. Obat hanya dapat diberikan jika manfaat yang diperoleh melebihi besarnya risiko yang mungkin timbul pada janin.

Karbosistein tidak disarankan untuk dikonsumsi pada trimester pertama kehamilan.

Keamanan penggunaan nama obat selama menyusui belum diketahui. Pastikan untuk selalu berkonsultasi dengan dokter Anda sebelum menggunakannya.

Dosis obat

Dosis setiap orang pasti berbeda-beda. Pastikan untuk selalu berkonsultasi dengan dokter sebelum menggunakan atau mengonsumsi obat.

Dewasa:

Dosis awal adalah 2,25 gram per hari, dibagi menjadi 3-4 dosis.
Dosis lanjutan 1.5 gram. Per hari, dibagi menjadi 3-4 dosis jika gejala membaik.

Anak:

2-5 tahun: 250-500mg per hari dibagi dalam 3-4 dosis.
6-12 tahun: 750mg per hari dibagi dalam 3 dosis.

Selalu ikuti anjuran dari dokter atau baca petunjuk di kemasan sebelum penggunaan obat.

Karbosistein sebaiknya dikonsumsi bersamaan dengan makanan.

Pemakaian obat umumnya memiliki efek samping tertentu dan bersifat individual. Jika terjadi efek samping yang berlebih, harus segera ditangani oleh tenaga medis.

Karbosistein dapat menyebabkan efek samping yang meliputi:

  • Gangguan saluran cerna, seperti mual, muntah, nyeri perut, diare, atau perdarahan saluran cerna
  • Ruam kemerahan pada kulit
  • Kulit gatal
  • Sindrom Stevens-Johnson, eritema multiforme

Ada beberapa efek samping lain yang mungkin belum terdaftar. Jika Anda mempunyai efek samping selain dari yang terdaftar di atas, segera konsultasikan ke dokter Anda.

Beri tahu dan konsultasikan kepada dokter mengenai riwayat penyakit Anda sebelumnya, terutama bila Anda memiliki riwayat tukak lambung atau tukak saluran cerna. Konsultasikan juga penggunaannya bagi ibu hamil dan menyusui.

Penggunaan sebagai obat batuk anak, terutama yang berusia di bawah 15 tahun, harus dengan resep dokter. Belum ada bukti sahih mengenai efektivitas penggunaan karbosistein pada anak-anak.

Kontraindikasi

Jangan menggunakan karbosistein jika mempunyai tukak lambung yang aktif. Obat ini juga dikontraindikasikan untuk anak-anak berusia di bawah 2 tahun.

Interaksi obat mungkin terjadi jika Anda menggunakan atau mengonsumsi beberapa obat secara bersamaan. Pastikan untuk selalu berkonsultasi dengan dokter Anda sebelum menggunakannya. Bila perlu, dokter mungkin akan mengurangi dosis atau mengganti obat dengan alternatif obat lainnya.

Mengonsumsi karbosistein dengan obat lain yang dapat menyebabkan perdarahan saluran cerna secara bersamaan dapat meningkatkan risiko perdarahan saluran cerna (misalnya NSAID). Konsultasikan dengan dokter jika Anda sedang mengonsumsi obat lain.

Informasi yang diberikan bukan sebagai pengganti konsultasi medis langsung dengan dokter atau mengarahkan pemakaian obat dengan merek tertentu. Pemakaian obat harus dengan resep dokter. Ketersediaan obat tergantung pada indikasi yang disetujui BPOM.

MIMS Indonesia. https://www.mims.com/indonesia/drug/info/carbocisteine/?type=brief&mtype=generic
Diakses 3 September 2019

WebMD. https://www.webmd.com/drugs/2/drug-152422/carbocysteine-oral/details
Diakses 3 September 2019

Drugs.com. https://www.drugs.com/uk/carbocisteine-250mg-5ml-syrup-leaflet.html
Diakses 3 September 2019

Patient.info. https://patient.info/medicine/carbocisteine-mucodyne
Diakses 3 September 2019

Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email

Artikel Terkait

Perawatan Paliatif, Krusial untuk Fisik dan Mental Penderita Penyakit Serius

Apabila ada perawatan medis yang memberikan dukungan bagi penderita penyakit serius atau berdampak besar bagi kehidupan, itu disebut perawatan paliatif. Dalam jenis perawatan ini, fokusnya adalah meningkatkan kualitas kehidupan penderita dan biasanya tidak terfokus pada kesembuhan. Tak hanya secara fisik, tapi juga emosional, spiritual, dan sosial.
05 May 2020|Azelia Trifiana
Baca selengkapnya
Perawatan Paliatif, Krusial untuk Fisik dan Mental Penderita Penyakit Serius

Saat Menemukan Dahak Berdarah, Anda Harus Waspadai Penyakit Ini

Dahak berdarah adalah gejala dari penyakit paru-paru. Berhenti merokok dan membersihkan rumah dari debu dapat mengurangi gejala yang muncul karena iritasi paru-paru.
04 Jun 2019|Dina Rahmawati
Baca selengkapnya
Saat Menemukan Dahak Berdarah, Anda Harus Waspadai Penyakit Ini

Obat Batuk Anak 1 Tahun yang Aman dan Manjur

Ketika anak batuk, obat batuk kadang menjadi hal pertama yang dicari orangtua. Padahal, obat batuk bukanlah solusi segalanya mengatasi gangguan pernapasan ini. Masih ada beragam cara alami yang efektif yang bisa Anda coba.
04 Dec 2019|Rieke Saraswati
Baca selengkapnya
Obat Batuk Anak 1 Tahun yang Aman dan Manjur