Irvell digunakan pada pengobatan hipertensi
Irvell digunakan pada pengobatan hipertensi
Irvell digunakan pada pengobatan hipertensi
Irvell digunakan pada pengobatan hipertensi
Golongan obat Merah Obat keras: diharuskan menggunakan resep dokter.
HET Rp 234.700/box (2 strip) per Maret 2019
Kemasan 1 box isi 2 strip @ 10 tablet (150 mg)
Produsen Novell

Irvell adalah obat untuk merelaksasikan dan menurunkan tekanan darah untuk mencegah stroke, serangan jantung, dan gangguan ginjal yang disebabkan oleh diabetes tipe 2. Obat ini mengandung irbesartan yang merupakan antagonis reseptor angiotensin II. Irvell dapat menjaga pembuluh darah agar tidak menyempit dan meningkatkan aliran darah. Obat ini dapat dikombinasikan dengan obat tekanan darah jenis lainnya. Efek samping penggunaan Irvell adalah sakit kepala dan kebingungan.

Menurunkan tekanan darah akibat hipertensi untuk mencegah stroke, serangan jantung, dan gangguan ginjal yang disebabkan oleh diabetes tipe 2.

Irbesartan 150 mg

Dewasa

  • Dosis awal: 150 mg sekali sehari, dapat ditingkatkan menjadi 300 mg sekali sehari jika diperlukan.
  • Pasien dengan penurunan volume intravaskular: Dosis awal 75 mg sekali sehari

 

Lansia usia >75 tahun: Dosis awal 75 mg sekali sehari



Dapat dikonsumsi dengan atau tanpa makanan.

Demam, menggigil, kebingungan, sakit kepala, edema, kardiovaskuler (hipertensi), pruritus, dermatitis, ecchymosis, eritema, urtikaria, disfungsi seksual, perubahan libido, asam urat, gangguan pencernaan, gangguan jaringan ikat, gangguan sistem saraf, gangguan pada saluran kemih, gangguan pernafasan, gangguan panca indra.

Hipersensitivitas terhadap produk, kehamilan dan menyusui.Penggunaan bersamaan dengan aliskiren pada pasien dengan diabetes dan gangguan ginjal (GFR<60 mL/menit)

Pasien dengan stenosis arteri renalis unilateral atau bilateral, penurunan volume intravaskular, stenosis aorta atau mitral, atau kardiomiopati hipertrofik obstruktif, gangguan ginjal, laktasi.

Dapat melawan efek hipotensi dan nefrotoksisitas jika digunakan dengan NSAID. Meningkatkan risiko hiperkalemia dengan diuretik hemat K (seperti Amiloride, triamterene, spironolactone), suplemen kalium atau pengganti garam yang mengandung kalium. diuretik hemat K (mis. amiloride, triamterene, spironolactone), suplemen K. Dapat meningkatkan efek nefrotoksik, hiperkalemia, dan hipotensi jika diberikan dengan aliskiren pada pasien dengan diabetes dan gangguan ginjal (GFR <60 mL/menit).

MIMS. http://mims.com/indonesia/drug/info/irbesartan/
Diakses pada 19 Maret 2019

Drugs. https://www.drugs.com/mtm/irbesartan.html
Diakses pada 19 Maret 2019

Artikel Terkait