Hydroquinone adalah obat yang dapat mengatasi hiperpigmentasi pada kulit
hydroquinone dapat mengatasi permasalahan hiperpigmentasi pada kulit.

Bioquin / Bioquin Forte, Eqinon / Eqinon Forte, Interquin, Mediquin, Melanox, Melanox Forte, Skinox, Vitaquin

Hydroquinone digunakan untuk meringankan hiperpigmentasi atau bercak-bercak gelap pada kulit yang disebabkan oleh kehamilan, obat-obatan hormon, pil KB, atau peradangan seperti bekas jerawat. Hydroquinone bekerja dengan menghalangi proses pada kulit yang mengarah ke perubahan warna.

Hydroquinone (Hidrokuinon)
Golongan

Obat pencerah kulit

Kategori obat

Obat resep

Bentuk sediaan obat

Krim

Dikonsumsi oleh

Dewasa

Kategori kehamilan dan menyusui

Kategori C: Penelitian pada hewan percobaan menunjukkan efek buruk terhadap janin dan tidak ditemukan studi yang memadai pada manusia. Namun, mengingat efektivitasnya, penggunaannya dapat dipertimbangkan pada wanita hamil sekalipun berisiko.

Dosis obat

Dosis setiap orang pasti berbeda-beda. Pastikan untuk selalu berkonsultasi dengan dokter sebelum menggunakan obat.

  • Kondisi Kulit Hiperpigmentasi Dewasa: Oleskan secara tipis-tipis 2-4% hydroquinone pada area yang terkena sebanyak 2 kali sehari, pagi dan sore hari. Hentikan penggunaan obat ini bila tidak ada perubahan setelah 2 bulan.

Sebelum menggunakan hydroquinone sebaiknya Anda membersihkan tangan dengan sabun dan mengeringkannya. Ikuti petunjuk atau cara penggunaan yang dianjurkan oleh dokter Anda. Hentikan pemakaian obat ini jika kulit Anda terasa melepuh, bengkak, gatal, merah, dan segera hubungi dokter.

Gunakan hydroquinone 2 kali sehari (pagi hari dan sore hari). Oleskan obat tersebut secara merata pada bagian yang terkena. Hindari penggunaan obat ini di mulut atau bagian dalam hidung karena, obat ini hanya dapat digunakan pada kulit. Penggunaan hydroquinone akan membuat area kulit yang dirawat menjadi lebih sensitif terhadap sinar matahari. Gunakan tabir surya dan pakaian pelindung pada area yang terawat ketika berada di luar ruangan.

Efek samping seperti rasa terbakar ringan, menyengat, kemerahan, dan kekeringan dapat terjadi. Jika beberapa efek tersebut memburuk, segera konsultasikan dengan dokter. Segera mencari pertolongan medis jika merasakan efek samping yang serius, seperti:

  • Dermatitis alergi (reaksi alergi pada kulit, umumnya menimbulkan gejala gatal)
  • Gangguan warna kulit keabuan (greyish), kebiruan (bluish), atau biru hitam (blue-black) yang biasa disebut dengan ochronosis
  • Kulit terasa terbakar dan kemerahan (eritema)

Konsultasi dengan dokter terlebih dahulu jika Anda memiliki kondisi medis, seperti:

  • Alergi hydroquinone atau alergi obat lainnya
  • Penggunaan hydroquinone pada kehamilan dan menyusui hanya jika benar-benar diperlukan dan diskusikan terlebih dahulu dengan dokter tentang risiko dan manfaat dari penggunaan obat ini.
  • Hindari terlalu sering terkena paparan sinaran matahari

Jangan menggunakan obat ini jika mempunyai kondisi medis, seperti:

  • Kulit terbakar
  • Menggunakan krim perontok rambut

Informasi lebih lengkap bisa dilihat pada kemasan.

Hindari menggunakan krim perontok rambut bersamaan dengan hydroquinone karena dapat menyebabkan iritasi pada kulit.

Informasi yang diberikan bukan sebagai pengganti konsultasi medis langsung dengan dokter, atau mengarahkan pemakaian obat dengan merek tertentu. Pemakaian obat harus dengan resep dokter. Ketersediaan obat tergantung pada indikasi yang disetujui Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

Ditinjau oleh: dr. Irene Gabriela, M.Gizi

Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/drugs-supplements/fluocinolone-hydroquinone-and-tretinoin-topical-application-route/description/drg-20060789
diakses pada 14 November 2018.

MIMS. http://www.mims.com/indonesia/drug/info/hydroquinone?mtype=generic
diakses pada 14 November 2018.

WebMD. https://www.webmd.com/drugs/2/drug-87530/hydroquinone-skin-bleaching-topical/details
diakses pada 14 November 2018.

Artikel Terkait