Human Chorionic Gonadotropin (HCG)

Human Chorionic Gonadotropin adalah hormon yang digunakan untuk kesuburan pria dan wanita dan mendukung perkembangan ovum dan sperma
Human Chorionic Gonadotropin (HCG) adalah hormon yang digunakan untuk kesuburan pria dan wanita

Human Chorionic Gonadotropin (HCG) merupakan hormon yang mendukung perkembangan normal telur (ovum) di dalam indung telur wanita, dan menstimulasi pelepasan ovum saat masa subur. Obat ini juga dapat digunakan pada wanita untuk mengobati masalah kesuburan dan untuk meningkatkan jumlah sperma pada pria. Pada wanita yang indung telurnya tidak lagi membuat telur dengan benar jangan menggunakan obat ini.

Human Chorionic Gonadotropin (HCG)
Golongan

Hormon Chorionic Gonadotropin

Kategori obat

Obat resep

Bentuk sediaan obat

Suspensi serbuk (suntikan)

Dikonsumsi oleh

Dewasa dan anak-anak

Kategori kehamilan dan menyusui

Kategori X: Penelitian pada hewan percobaan atau manusia telah menunjukkan abnormalitas pada janin, atau ada bukti risiko kepada janin berdasarkan pengalaman pengguna, atau keduanya. Risiko penggunaan obat pada wanita hamil jelas melebihi kemungkinan adanya manfaat. Obat ini tidak boleh digunakan pada wanita yang hamil atau akan hamil.

Dosis obat

Dosis diberikan oleh dokter berdasarkan kondisi medis. Dosis yang diberikan mungkin bervariasi berdasarkan kondisi individu. Selama pengobatan, dokter akan melihat respon terhadap pengobatan dan melakukan penyesuaian dosis bila diperlukan.

Obat ini diberikan langsung oleh dokter atau perawat melalui suntikan ke dalam otot. Dosis diberikan sesuai dengan kondisi medis. Gunakan obat ini secara teratur. Biasanya untuk laki-laki digunakan 3 kali seminggu atau sesuai saran dokter.

Beritahu dokter jika kondisi semakin memburuk atau tidak membaik.

Di setiap pemakaian obat selalu mempunyai efek samping tertentu. Efek samping belum tentu terjadi di setiap pemakaian obat akan tetapi jika terjadi efek samping yang berlebihan, harus langsung ditangani oleh medis.

Obat human chorionic gonadotropin (HCG) dapat menyebabkan efek samping yang jarang terjadi jika dikonsumsi seperti: sakit kepala, lelah, depresi. Jika efek samping semakin memburuk segera hubungi dokter untuk mendapatkan penanganan medis.

Segera cari bantuan medis jika terjadi efek samping jarang terjadi namun serius seperti:

  • Nyeri dada
  • Nyeri payudara
  • Sakit perut parah
  • Bicara tidak jelas

Ada beberapa efek samping lain yang belum terdaftar. Jika Anda mempunyai efek lain seperti di atas , tanyakan kepada profesional perawatan kesehatan Anda.

Beritahukan dokter Anda mengenai riwayat penyakit Anda sebelumnya, terutama bila Anda memiliki riwayat atau kondisi berikut:

  • Penyakit ginjal
  • Kejang
  • Asma
  • Sakit kepala migrain
  • Penyakit jantung

Interaksi pada obat mungkin akan terjadi jika mengonsumsi beberapa obat secara bersamaan. Jika ingin menggunakan obat secara bersamaan harap konsultasi ke dokter Anda, dokter akan mengganti dosis obat tersebut jika memang harus digunakan secara bersamaan.

Informasi yang diberikan bukan sebagai pengganti konsultasi medis langsung dengan dokter, atau mengarahkan pemakaian obat dengan merek tertentu. Pemakaian obat harus dengan resep dokter. Ketersediaan obat tergantung pada indikasi yang disetujui Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

Webmd. https://www.webmd.com/drugs/2/drug-11192/hcg-intramuscular/details
Diakses pada 9 Januari 2019

Drugs. https://www.drugs.com/hcg.html
Diakses pada 9 Januari 2019