Hau Fung San Spray

Golongan
Jamu. Obat tradisional yang digunakan secara turun-menurun.
HET
Kemasan
1 box isi 6 botol @ 2200 mg
Produsen
Bintang Kupu-Kupu

Hau Fung San spray adalah serbuk yang berasal dari bahan herbal yang dapat digunakan untuk meredalam panas dalam, mengatasi sariawan dan sakit tenggorokan. Serbuk ini termasuk dalam golongan jamu.
Hau Fung San spray mengandung bahan herbal seperti daun daun kamfer (Cinnamomum camphora Folium), daun saga (Abrus precatorius Folium) , Glycyrrhizae uralencia, Scutellariae baicalensis, Platycodon grandiflorum, Belamcandae chinensis, Indigo pulverata, Menispermi dauricum, dan mentol.
Serbuk ini bekerja dengan membunuh kuman dan bakteri yang menginfeksi tenggorokan, melumasi permukaan tenggorokan yang luka, sehingga kering, gatal, dan sakit pada tenggorokan akan berkurang.
Pohon kamfer memiliki kandungan borneol, pohon kamfer dan mentol ini memiliki berbagai khasiat dibidang kesehatan diantaranya mampu meredakan nyeri dan mampu menghambat pertumbuhan bakteri karena kandungan borneol yang tinggi.
Daun saga memiliki kadungan protein, glisirizin, kalsium oksalat, alkaloid, tanin, flavonoid, saponin, flisirizinat, asam poligalakturomik, vitamin B6, vitamin C, vitamin B1, vitamin A, protein, dan pentosan. Daun saga adalah herbal yang dapat meredakan sakit tenggorokan, mengatasi batuk, meringankan flu, dan menurunkan demam.
Scutellariae baicalensis merupakan herbal alami yang berasal dari China yang dapat mengatasi diare, disentri, memelihara kesehatan hati, antibakteri, antivirus, antioksidan, memelihara kesehatan hati, mengatasi peningkatan tekanan darah tinggi (hipertensi), gangguan kesulitan tidur (insomnia), peradangan, dan infeksi pada saluran pernapasan.
Platycodon grandiflorum mengandung senyawa kimia saponin, flavonoid, sterol, asam amino, dan asam fenolat. Platycodon grandiflorum digunakan untuk meringankan batuk dan asma, antioksidan, mengatasi tumor, antibakteri, melindungi kesehatan hari, menurunkan kadar gula dalam darah, antiradang, dan meningkatkan kekebalan tubuh. Platycodon grandiflorum dan Glycyrrhizae uralencia bekerja dengan mengatasi tenggorokan yang kering dan mengurangi sakit pada tenggorokan pada saat makan dan minum, dengan melumasi permukaan tenggorokan. 
Belamcandae chinensis mengandung senyawa isoflavon, glikosida xanthone, stilbena, fenol, dan kuinon. Belamcandae chinensis dan Indigo pulverata memiliki manfaat dalam memperbaiki jaringan mulut yang rusak akibat sariawan, mengatasi pembengkakan akibat sakit tenggorokan dan amandel.

Meredakan panas dalam yang disertai adanya sariawan, bibir pecah-pecah, tenggorokan kering, dan bau mulut.

  • Kamfer (Cinnamomum camphora Folium) 455,4 mg.
  • Daun saga (Abrus precatorius Folium) 440,0 mg.
  • Glycyrrhizae uralencia Radix 391,6 mg.
  • Scutellariae baicalensis Radix 376,2 mg.
  • Platycodon grandiflorum Radix 149,6 mg.
  • Belamcandae chinensis Radix 149,6 mg.
  • Indigo pulverata Herba 138,6 mg.
  • Menispermi dauricum Radix 99 mg.
  • Mentol 0,154 mg.

Penggunaan obat harus sesuai petunjuk pada kemasan dan anjuran dokter

Semprotkan serbuk 100-200 mg sebanyak 2-3 kali/hari atau secukupnya pada pagian yang sakit seperti sariawan dan sakit tenggorokan.

Disemprotkan pada bagian yang sakit.

Hindari mengonsumsi ikan, udang, dan kacang-kacangan selama mengonsumsi obat ini.

Sesuai kemasan per Juli 2020

https://onlinelibrary.wiley.com/doi/full/10.1111/jphp.13129
Diakses pada 9 Juli 2020

file:///C:/Users/sehat/Downloads/foods-09-00142.pdf
Diakses pada 9 Juli 2020

https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/26347953/
Diakses pada 9 Juli 2020

Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email

Artikel Terkait

Cara Mengobati Panas Dalam yang Tepat dari Rumah

Cara mengobati panas dalam bukan hanya menggunakan larutan penyegar. Anda bisa mengatasinya dari rumah dengan menggunakan air hangat atau menghisap permen jahe.
11 Dec 2019|Asni Harismi
Baca selengkapnya
Cara Mengobati Panas Dalam yang Tepat dari Rumah

10 Penyebab Tenggorokan Panas dan Cara Tepat Mengatasinya

Tenggorokan panas dapat terjadi pada siapa saja, dan tentu membuat tidak nyaman. Masalah ini dapat disebabkan oleh berbagai hal mulai dari kondisi biasa hingga serius.
07 Jan 2020|Dina Rahmawati
Baca selengkapnya
10 Penyebab Tenggorokan Panas dan Cara Tepat Mengatasinya

Makanan dan Minuman Apa Saja yang Jadi Pantangan Amandel yang Membengkak?

Pantangan amandel dari segi makanan dan minuman sebaiknya perlu dipatuhi bila amandel sedang membengkak. Para pecinta pedas dan makanan berlemak harus “puasa” sementara ketika amandel membengkak.
16 Oct 2019|Azelia Trifiana
Baca selengkapnya
Makanan dan Minuman Apa Saja yang Jadi Pantangan Amandel yang Membengkak?