Glyceryl Guaiacolate

Ditinjau oleh Veronika Ginting
Glyceryl guaiacolate adalah ekspektoran yang digunakan untuk mengobati batuk berdahak

Glyceryl guaiacolate digunakan untuk mengobati batuk dan hidung tersumbat yang disebabkan flu biasa, bronkitis, dan penyakit pernapasan lainnya

Daftar merek obat yang beredar di Indonesia

Anakonidin, Andonex, bodrex Flu & Batuk Berdahak, bodrexin Flu & Batuk, bodrexin Syrup, Bronchitin, Bycolen, Cohistan Expectorant, Colfin, Collerin Expectorant, Combi Flu, Comtusi, Coredryl, Dextral/Dextral Forte, Dextrosin, Dextrosin Anak, Flucadex, Flucodin, Flutamol/Flutamol-P, Fluzep, Glyceryl Guaiacolate Berlico, Grantusif, Graxine, Kafsir, Kidikol, Lapifed Expectorant, Lapisiv, Lasal Expectorant, Lodecon/Lodecon Forte, Nufadipect, Oskadon Flu & Batuk Berdahak, Paratusin, Pinkid's Cough, Polaramine Expectorant, Poncolin, Supra Flu, Termorex Plus, Transpulmin/Transpulmin, Balsam/Transpulmin BB Balsam, Triadex, Tusapres, Tussigon, Vicks Anak-Anak Formula 44, Ye & To

Deskripsi obat

Glyceryl guaiacolate, atau disebut juga guaifenesin, digunakan untuk mengobati batuk dan hidung tersumbat yang disebabkan flu biasa, bronkitis, dan penyakit pernapasan lainnya.

Guaifenesin adalah obat golongan ekspektoran yang bekerja dengan mengencerkan dahak. Dahak yang lebih encer akan lebih mudah dikeluarkan dari saluran pernapasan, sehingga dapat membersihkan hidung tersumbat dan melegakan pernapasan.

Obat batuk dan pilek ini belum terbukti aman atau efektif untuk anak-anak di bawah 6 tahun. Oleh karena itu, jangan gunakan glyceryl guaiacolate untuk mengobati gejala pilek pada anak-anak di bawah 6 tahun, kecuali jika diarahkan secara khusus oleh dokter. 

Glyceryl Guaiacolate (Guaifenesin)
GolonganKelas terapi : Ekspektoran.
Kategori obatObat bebas dan obat resep
Bentuk sediaan obatKapsul, tablet, larutan
Dikonsumsi olehDewasa dan anak-anak 6 tahun ke atas
Kategori kehamilan dan menyusuiKategori C: Belum terdapat penelitian terkontrol, tetapi ada efek samping yang mungkin dapat mengganggu perkembangan dan pertumbuhan janin.
Dosis obatDosis setiap orang berbeda-beda. Pastikan untuk selalu berkonsultasi dengan dokter sebelum menggunakan atau mengonsumsi obat.

Efek samping obat

Setiap penggunaan obat berpotensi menimbulkan efek samping. Jika efek samping memburuk, segera cari bantuan tenaga medis. Efek samping yang mungkin timbul dari pemakaian glyceryl guaiacolate, antara lain:

  • Pusing.
    Jika Anda mulai merasa pusing, berbaringlah agar tidak pingsan, lalu duduklah sampai Anda merasa lebih baik. Berhati-hatilah saat mengemudi atau mengoperasikan mesin jika Anda pusing.
  • Sakit kepala.
    Cobalah beristirahat agar lebih rileks.
  • Mual.
    Hindari makanan yang sulit dicerna. Jangan berbaring setelah makan. Beristirahatlah dengan posisi kepala lebih tinggi dari kaki Anda. Jika Anda merasa mual saat bangun di pagi hari, makanlah daging tanpa lemak atau keju sebelum tidur.
    Anda juga bisa meletakkan biskuit di samping tempat tidur Anda dan makanlah sedikit sesaat setelah bangun tidur. Minumlah setidaknya enam gelas air sehari.
  • Muntah.
    Duduk atau berbaring dalam posisi bersandar. Minumlah sedikit minuman manis karena minuman dengan gula di dalamnya bisa membantu menenangkan perut. Namun, hindari minuman asam, seperti jus jeruk atau jus anggur.
  • Diare.
    Untuk mengatasi diare ringan, Anda perlu mengganti cairan dan elektrolit (garam) yang hilang dengan meminum banyak air atau minuman olahraga kaya elektrolit. Hindari kopi, minuman berkafein, minuman manis, soda, dan alkohol karena memiliki efek pencahar.
  • Kelelahan.
  • Mengantuk.
  • Ruam pada kulit.
  • Sakit perut.

Perhatian Khusus

Obat ini tidak dapat digunakan dalam jangka panjang. Beri tahu dokter mengenai riwayat penyakit sebelumnya, terutama jika Anda memiliki riwayat atau kondisi berikut ini.

  • Penderita batuk persisten atau kronis yang terlihat pada penderita asma, emfisema, dan bronkitis kronik, serta perokok.
  • Batuk disertai dahak berlebihan.
  • Penyakit yang disebabkan proses pembentukan heme yang tidak sempurna (porfiria).
  • Gangguan fungsi hati dan ginjal berat.
  • Anak-anak.
  • Perawatan dengan obat batuk dan pilek pada anak-anak, terutama di atas 6 tahun harus dipertimbangkan dengan hati-hati karena potensi risiko dan bukti yang terbatas tentang kemanjuran.
  • Kehamilan dan menyusui.
  • Bila direncanakan menjalani tindakan operasi.

Informasi lebih lengkap bisa dilihat melalui kemasan.

Penyimpanan

Simpan pada suhu antara 20-25°C dan terlindung dari cahaya matahari langsung.

Kontraindikasi (jangan dikonsumsi pada kondisi)

Jangan mengonsumsi obat ini jika mempunyai kondisi medis, seperti:

  • Anak-anak 6 tahun ke bawah.
  • Memiliki riwayat alergi terhadao glyceryl guaicolate.

Kategori kehamilan & menyusui

Kategori C: Belum terdapat penelitian terkontrol untuk penggunaan glyceryl guaicolate pada ibu hamil. Namun, ada efek samping yang mungkin dapat mengganggu perkembangan dan pertumbuhan janin.
Oleh karena itu, penggunaannya pada ibu hamil hanya dapat dilakukan jika manfaat yang diberikan melebihi risiko yang mungkin timbul pada janin.
Konsultasikan penggunaan obat ini dengan dokter sebelum digunakan.

Kapan perlu menghentikan penggunaan dan menghubungi dokter?

Glyceryl guaiacolate dapat menyebabkan efek samping. Beri tahu dokter Anda jika muncul efek samping parah atau tidak kunjung hilang, seperti:

  • Sakit kepala.
  • Mual.
  • Muntah.

Interaksi obat (jangan digunakan bersamaan dengan)

Belum terdapat informasi mengenai interaksi glyceryl guaiacolate dengan obat-obatan lainnya. Namun, infokan obat yang rutin Anda konsumsi kepada dokter, baik obat bebas maupun obat resep, untuk menghindari kemungkinan terjadinya interaksi.  

Informasi yang diberikan bukan sebagai pengganti konsultasi medis langsung dengan dokter atau mengarahkan pemakaian obat dengan merk tertentu. Pemakaian obat harus dengan resep dokter. Ketersediaan obat tergantung pada indikasi yang disetujui BPOM.

Rxlist. https://www.rxlist.com/consumer_guaifenesin_mucinex/drugs-condition.htm
Diakses pada 28 Januari 2021

Drugs. https://www.drugs.com/guaifenesin.html
Diakses pada 28 Januari 2021

WebMD. https://www.webmd.com/drugs/2/drug-3350-118/guaifenesin-oral/guaifenesin-oral/details
Diakses pada 28 Januari 2021

MedlinePlus. https://medlineplus.gov/druginfo/meds/a682494.html
Diakses pada 28 Januari 2021

MIMS. https://www.mims.com/indonesia/drug/info/guaifenesin?mtype=generic
Diakses pada 28 Januari 2021

MayoClinic. https://www.mayoclinic.org/drugs-supplements/guaifenesin-oral-route/description/drg-20068720
Diakses pada 28 Januari 2021

Everyday Health. https://www.everydayhealth.com/drugs/mucinex
Diakses pada 28 Januari 2021

KnowyourOTCs. https://www.knowyourotcs.org/ingredient/guaifenesin/
Diakses pada 28 Januari 2021

Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email