Gallium Nitrate merupakan obat yang digunakan untuk menurunkan kadar kalsium yang tinggi dalam darah pada pasien kanker. Obat ini termasuk golongan obat penurun kadar kalsium dalam darah.

Gallium Nitrate (Gallium Nitrate)
Golongan

Penurun kalsium dalam darah

Kategori obat

Obat resep

Bentuk sediaan obat

Suntik

Dikonsumsi oleh

Dewasa

Dosis obat

Dosis diberikan oleh dokter berdasarkan kondisi medis. Dosis yang diberikan mungkin bervariasi berdasarkan kondisi individu. Selama pengobatan, dokter akan melihat respon terhadap pengobatan dan melakukan penyesuaian dosis bila diperlukan.

100-200 mg/m² IV selama 24 jam selama 5 hari; dapat mempersingkat pengobatan jika kadar kalsium kembali normal dalam <5 hari.

Obat ini langsung diberikan oleh perawat atau dokter melalui suntikan infus kedalam pembuluh darah vena, biasanya diberikan hingga 5 hari, atau sampai kadar kalsium darah menurun.

Disarankan untuk minum banyak cairan selama perawatan dengan gallium nitrat.

Jangan menggunakan obat ini lebih lama dari yang disarankan oleh dokter.

Beritahu dokter jika kondisi semakin memburuk atau tidak membaik.

Efek samping dapat terjadi pada pemakaian obat-obatan. Efek samping belum tentu terjadi di setiap pemakaian obat akan tetapi jika terjadi efek samping yang berlebihan, harus langsung mendapatkan penanganan medis.

Efek samping yang dapat terjadi pada penggunaan obat gallium nitrate seperti: mual, muntah, diare, sembelit, denyut jantung cepat, demam, mati rasa. Jika efek samping semakin memburuk segera hubungi dokter untuk mendapatkan penanganan medis.

Segera cari bantuan medis jika terjadi efek samping yang sangat jarang terjadi namun serius seperti:

  • Mual atau muntah yang parah
  • Penglihatan kabur
  • Napas pendek
  • Mudah memar, kulit pucat

Ada beberapa efek samping lain yang belum terdaftar. Jika Anda mempunyai efek lain seperti di atas, tanyakan kepada dokter yang merawat Anda.

Beritahukan dokter Anda mengenai riwayat penyakit Anda sebelumnya, terutama bila Anda memiliki riwayat atau kondisi berikut:

  • Gangguan ginjal

Interaksi pada obat mungkin akan terjadi jika mengonsumsi beberapa obat secara bersamaan. Jika ingin menggunakan obat secara bersamaan harap konsultasi ke dokter Anda, dokter akan mengganti dosis obat tersebut jika memang harus digunakan secara bersamaan.

Mengonsumsi obat gallium nitrate dengan obat lain secara bersamaan dapat menyebabkan beberapa interaksi seperti:

  • Dispnea atau gangguan pernapasan mungkin dapat terjadi bila diberikan bersamaan dengan cyclophosphamide

Informasi yang diberikan bukan sebagai pengganti konsultasi medis langsung dengan dokter, atau mengarahkan pemakaian obat dengan merek tertentu. Pemakaian obat harus dengan resep dokter. Ketersediaan obat tergantung pada indikasi yang disetujui Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

Medscape. https://reference.medscape.com/drug/ganite-gallium-nitrate-342245#5
Diakses pada 2 Januari 2019

Drugs. https://www.drugs.com/mtm/gallium-nitrate.html
Diakses pada 2 Januari 2019

Artikel Terkait