Fixacep OD untuk mengatasi infeksi bakteri
Fixacep OD untuk mengatasi infeksi bakteri
Fixacep OD untuk mengatasi infeksi bakteri
Golongan obat Merah Obat keras: diharuskan menggunakan resep dokter.
HET Rp 88.000/botol per April 2019
Kemasan 1 botol @ 15 ml
Produsen Fahrenheit

Fixacep OD adalah obat tetes oral untuk pengobatan infeksi bakteri, seperti infeksi saluran kemih, radang tenggorokan (faringitis), peradangan pada bronkus (bronkitis) akut, demam tifoid pada anak, dan kencing nanah (gonore) tanpa komplikasi. Obat ini mengandung cefixime yang merupakan antibiotik spektrum luas terhadap mikroorganisme gram positif dan gram negatif. Fixacep OD termasuk obat keras yang memerlukan resep dokter. 

Pengobatan infeksi yang disebabkan mikroorganisme seperti infeksi saluran kemih tanpa komplikasi, infeksi telinga tengah (otitis media), peradangan tenggorokan (faringitis), radang amandel (tonsilitis), bronkitis akut dan eksaserbasi akut dari bronkitis kronis, demam tifoid pada anak, kencing nanah (gonore) tanpa komplikasi.

Cefixime trihydrate setara cefixime 30 mg

  • Dewasa dan anak-anak dengan BB >30 kg: 50-100 mg diberikan 2 kali/hari Pada infeksi yang lebih parah atau sulit diobati, dosis bisa ditingkatkan menjadi 200 mg diberikan 2 kali/hari.
  • Anak-anak: 1,5-3 mg/kg diminum sebanyak 2 kali/hari. Pada infeksi yang lebih parah atau sulit diobati, dosis bisa ditambah hingga 6 mg/kg.
  • Demam tifoid: 10-15 mg/kg/hari diberikan selama 2 minggu. 
  • Gonore uretra tanpa komplikasi: 400 mg/hari sebagai dosis tunggal.

Sebaiknya diberikan bersama makanan.

Diare, pusing, sakit kepala, gatal (pruritus) pada genital, infeksi pada vagina (vaginitis), infeksi jamur (kandidiasis), syok, dan gangguan ginjal akut.

Hipersensitivitas terhadap sefalosporin.

Superinfeksi pada penggunaan jangka panjang, gangguan fungsi ginjal, hipersensitivitas terhadap penisilin, asma bronkial, ruam kulit, biduran (urtikaria), dan bentuk alergi lain.

Carbamazepine, warfarin, dan antikoagulan lain.

MIMS. http://www.mims.com/indonesia/drug/info/fixacep/
Diakses pada 8 Oktober 2019

Drugs. https://www.drugs.com/cdi/cefixime-capsules-and-tablets.html
Diakses pada 8 Oktober 2019

Artikel Terkait