Fetavita Kapsul

25 Nov 2020| Ajeng Prahasta
Fetavita kapsul adalah suplemen untuk membantu menjaga kesehatan dan memelihara fungsi jantung.

Deskripsi obat

Fetavita kapsul adalah suplemen untuk membantu menjaga kesehatan dan memelihara fungsi jantung. Suplemen ini merupakan produk konsumen yang dapat dibeli secara bebas. Fetavita kapsul mengandung minyak ikan, evening primrose oil, minyak pappermint, vitamin E, asam folat, dan minyak kedelai.
Fetavita Kapsul
Golongan ObatProduk konsumen. Produk yang dapat dibeli secara bebas.
Kandungan utamaMinyak ikan (natural fish oil), evening primrose oil, minyak pappermint, vitamin E, asam folat, dan minyak kedelai (soybean oil).
Kelas terapiSuplemen dan terapi penunjang.
Klasifikasi obatSuplemen
Kemasan1 box isi 10 strip @ kapsul
ProdusenNova Chemie Utama

Informasi zat aktif

Vitamin E dan asam folat merupakan sebagaian komponen dalam fetavita kapsul.

Vitamin E adalah istilah umum yang digunakan untuk merujuk pada sejumlah besar senyawa alami atau sintetis. Tokoferol adalah senyawa yang paling umum, di mana tokoferol alfa adalah yang paling aktif dan tersebar luas di alam. Tokoferol alfa terjadi secara alami dalam bentuk isomer optik d dan lebih aktif daripada bentuk rasemat sintetis dl. d-alfa-tokoferil asetat adalah ester asetat dari sumber alami d-alfa-tokoferol. Tokoferol alami lainnya misalnya beta, gamma, dan delta tokoferol tidak digunakan secara klinis. Tokotrienols adalah kelompok senyawa lain dengan aktivitas vitamin E. Vitamin E, vitamin yang larut dalam lemak, bereaksi dengan radikal bebas dan melindungi sel darah merah terhadap hemolisis dan asam lemak polisaturasi dalam membran terhadap serangan radikal bebas.

Berdasarkan proses kerja obat dalam tubuh, vitamin E diketahui memiliki status:

  • Absorpsi: 20-80% (oral). Absorpsi tergantung pada keberadaan empedu dan fungsi pankreas yang normal; menurun dengan meningkatnya dosis.
  • Distribusi: Memasuki darah melalui kilomikron di getah bening; terikat pada β-lipoprotein. Tersebar luas ke semua jaringan. Disimpan di jaringan adiposa. Memasuki ASI tetapi melewati plasenta dengan buruk.
  • Metabolisme: Hati; diubah menjadi glukuronida asam tokoferonat dan γ-laktonnya.
  • Ekskresi: Diekskresikan terutama melalui empedu ke dalam feses dan sebagian lagi ke urin.

Asam folat dibutuhkan untuk perkembangan tubuh manusia. Ini terlibat dalam menghasilkan materi genetik yang disebut DNA dan dalam berbagai fungsi tubuh lainnya.

Berdasarkan proses kerja obat dalam tubuh, asam folat diketahui memiliki status:

  • Absorpsi: Diserap dengan cepat dari bagian proksimal usus halus. Kadar obat yang masuk ke dalam peredaran darah (ketersediaan hayati) kira-kira 100% (suplemen asam folat); 85% (dengan makanan); 50% (folat makanan). Waktu dimana obat mencapai kadar tertinggi dalam plasma (waktu untuk konsentrasi plasma puncak) selama 1 jam (oral).
  • Distribusi: Didistribusikan ke jaringan tubuh dan disimpan di hati. Terkonsentrasi secara aktif di CSF, dan memasuki ASI. Terikat secara luas pada protein plasma.
  • Metabolisme: Dimetabolisme di hati dan plasma menjadi metabolit aktif, 5- methyltetrahydrofolate. Merusak sirkulasi enterohepatik.
  • Ekskresi: Melalui urin.

Indikasi (manfaat) obat

  • Menjaga kesehatan tubuh.
  • Memelihara fungsi jantung.

Minyak ikan yang sangat kaya akan minyak bermanfaat yang dikenal sebagai asam lemak omega-3 termasuk mackerel, herring, tuna, dan salmon. Asam eicosapentaenoic (EPA) dan asam docosahexaenoic (DHA) merupakan dua asam lemak omega-3 terpenting yang terkandung dalam minyak ikan. Asam lemak omega-3 mengurangi rasa sakit dan bengkak sehingga efektif untuk psoriasis dan mata kering. Asam lemak dapat terjadinya pembekuan darah sehingga bermanfaat untuk beberapa kondisi jantung.
Evening primrose digunakan untuk sindrom pramenstruasi (PMS), gejala menopause, artritis, pembengkakan, dan kondisi lainnya, tetapi tidak ada bukti ilmiah yang baik untuk mendukung penggunaannya. Minyak evening primrose mengandung asam lemak. Beberapa wanita dengan nyeri payudara mungkin tidak memiliki tingkat asam lemak tertentu yang cukup tinggi. Asam lemak juga tampaknya membantu mengurangi peradangan yang terkait dengan kondisi seperti artritis dan eksim.
Vitamin E adalah senyawa yang bersifat antioksidan, antitrombotik, antikoagulan, dan pelindung saraf. Selain itu, vitamin E dapat mengatasi nyeri haid, gejala menopouse, kanker, dan kista pada payudara.
Asam folat digunakan untuk mencegah dan mengobati kadar folat darah rendah (defisiensi folat) dan kadar homosistein darah tinggi (hiperhomosisteinemia). Asam folat juga digunakan untuk banyak kondisi lain termasuk depresi, stroke, penurunan daya ingat dan keterampilan berpikir pada orang tua yang lebih dari biasanya untuk usia mereka, dan banyak lainnya.
Minyak kedelai adalah minyak yang dihasilkan dari biji tanaman kedelai.
Bahan kimia dari minyak kedelai, yang disebut sterol, digunakan untuk mengatasi kolesterol tinggi. Minyak kedelai juga digunakan sebagai pengusir nyamuk dan sebagai suplemen nutrisi dalam pemberian makan melalui pembuluh darah. Minyak kedelai bekerja untuk menurunkan kadar kolesterol dengan cara menurunkan penyerapan kolesterol di usus.
Minyak peppermint dapat mengatasi flu, peradangan pada mulut dan tenggorokan, infeksi saluran pernapasan, dan infeksi sinus.

Komposisi obat

  • Natural fish oil 400 mg:
    • Omega-3 marine Triglycerides 119 mg.
    • DHA (Docosahe xaenoic acid) 95 mg.
    • EPA (Eicosapentaenoic acid) 24 mg) 400 mg.
  • Evening primrose oil (GLA/Gamma linolenic acid 9,5 mg)l 100 mg.
  • Peppermint oil 3 mg.
  • Vitamin E 150 IU.
  • Asam folat 200 mcg.
  • Minyak kedelai (soybean oil) 26,8 mg.

Dosis obat

Penggunaan obat harus sesuai petunjuk pada kemasan dan anjuran dokter

Dewasa: 1 kapsul sebanyak 2 kali/hari.

Aturan pakai obat

Dikonsumsi pada pagi dan malam hari dan dikonsumsi sesudah makan.

Efek samping obat

  • Sakit kepala.
    Pastikan Anda beristirahat dan minum banyak cairan. Jangan minum terlalu banyak alkohol. Mintalah rekomendasi obat penghilang rasa sakit kepada dokter atau apoteker Anda. Jika sakit kepala ini berlangsung selama lebih dari seminggu atau gejala semakin memburuk segera hubungi dokter Anda.
  • Mual.
    Tanyakan apoteker Anda apakah Anda harus minum obat dengan makanan. Hindari makanan berlemak atau digoreng, yang membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna dan dapat meningkatkan risiko mual. Hindari berbaring telentang saat beristirahat dan minum obat sebelum tidur, karena tidur akan berpotensi mual.
  • Muntah.
    Konsumsi banyak air untuk menggantikan cairan yang hilang dari dalam tubuh dan mencegah dehidrasi yang ditandai dengan penurunan frekuensi dan jumlah urine, urine berwarna gelap dan berbau menyengat. Hindari konsumsi makanan pedas.
  • Diare.
    Minumlah sedikit air tetapi dalam waktu yang sering. Jika Anda mengalami gejala dehidrasi seperti buang air kecil lebih jarang dari biasanya atau urin berwarna gelap dan berbau menyengat segera hubungi dokter Anda. Hindari mengonsumsi obat lain untuk menghentikan diare tanpa konsultasi dengan apoteker atau dokter terlebih dahulu.
  • Perut kembung.
    Makan dengan porsi lebih kecil dan lebih sering mungkin membantu, makan dan minum perlahan, dan olahraga teratur. Jika gejalanya semakin parah, segera hubungi dokter Anda.

Cara penyimpanan obat

Simpan pada tempat sejuk dan kering serta terlindung dari sinar matahari langsung.

Perhatian Khusus

  • Anak-anak.
  • Wanita hamil dan ibu menyusui.
  • Hentikan penggunaan selama minimal 2 minggu sebelum menjalani operasi, karena dapat menyebabkan peningkatan risiko perdarahan.

Kategori kehamilan

Asam folat dan vitamin E.

Kategori A: Hasil penelitian menunjukkan obat cukup aman dan tidak menggangu perkembangan janin di trimester pertama maupun trimester selanjutnya.

Bila vitamin E dikonsumsi dalam dosis berlebihan:
Kategori C: Belum terdapat penelitian terkontrol untuk penggunaan suplemen ini pada ibu hamil, namun ada efek samping yang mungkin dapat mengganggu perkembangan dan pertumbuhan janin.
Oleh karena itu, penggunaannya pada ibu hamil hanya dapat dilakukan jika manfaat yang diberikan melebihi risiko yang mungkin timbul pada janin.
Konsultasikan penggunaan obat ini dengan dokter sebelum digunakan.

Penggunaan asam folat, minyak ikan, dan vitamin E aman untuk ibu hamil terutama pada trimester pertama. Namun, kandungan evening primerose oil diketahui tidak begitu aman digunakan pada pada kehamilan trimester pertama. Sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu penggunaan suplemen ini pada wanita hamil dan ibu menyusui.

Kontraindikasi (jangan dikonsumsi pada kondisi)

  • Pasien yang mengalami alergi terhadap komponen suplemen ini.
  • Pasien penderita gangguan sistem saraf pusat yang menyebabkan aktivitas otak menjadi abnormal dan kejang (epilepsi).

Interaksi obat (jangan digunakan bersamaan dengan)

  • Obat penghambat pembekuan darah (antikoagulan).
    Penggunaan bersama obat di atas dapat meningkatkan risiko terjadinya perdarahan.
  • Fenotiazin.
    Penggunaan evening primrose oil bersama fenotiazin dapat meningkatkan risiko kejang.
  • Obat antihipertensi.
    Penggunaan minyak ikan bersama obat antihipertensi dapat menyebabkan risiko tekanan darah rendah.

Apa yang harus dilakukan jika ada dosis terlewat?

  • Masih dekat dengan jadwal sebelumnya.
    Jika masih dekat dengan jadwal minum obat sebelumnya, segera konsumsi obat sesuai dosis yang terlewat.
  • Sudah mendekati jadwal berikutnya.
    Jika sudah mendekati jadwal selanjutnya, maka dosis yang terlewat dapat diabaikan dan lanjutnya konsumsi obat sesuai jadwal berikutnya.
  • Jangan menggandakan dosis yang terlewat.
    Jangan mengonsumsi total dosis antara yang terlewat dan dosis berikutnya, kecuali dianjurkan lain oleh dokter Anda.
  • Sering lupa mengonsumsi obat.
    Jika sering lupa untuk mengonsumsi obat, cobalah untuk menggunakan pengingat (alarm) sesuai jadwal minum obat atau meminta bantuan orang lain untuk membantu mengingatkan jadwal minum obat Anda. Selain itu, alternatif lainnya yaitu menggunakan kotak obat harian yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Kapan perlu menghentikan penggunaan dan menghubungi dokter?

  • Hentikan penggunaan 2 minggu sebelum melakukan operasi karena dapat meningkatkan risiko terjadinya perdarahan.
  • Penggunaan vitamin E dapat menyebabkan sakit kepala, pusing, perubahan penglihatan, perasaan pusing, seperti Anda akan pingsan, kelemahan yang tidak biasa atau perasaan lelah, diare, kram perut atau, mudah memar atau berdarah (mimisan, gusi berdarah). Jika Anda mengalami hal tersebut segera hentikan penggunaan dan hubungi dokter.

Sesuai kemasan per Oktober 2020

WebMD. https://www.webmd.com/vitamins/ai/ingredientmono-993/fish-oil
Diakses pada 22 Oktober 2020

WebMD. https://www.webmd.com/vitamins/ai/ingredientmono-993/fish-oil
Diakses pada 22 Oktober 2020

MedicalNewsToday. https://www.medicalnewstoday.com/articles/263027
Diakses pada 22 Oktober 2020

Drugs. https://www.drugs.com/mtm/evening-primrose.html#:~:text=Evening%20primrose%20has%20also%20been,or%20joint%20symptoms%20of%20psoriasis.
Diakses pada 22 Oktober 2020

Drugs. https://www.drugs.com/folic_acid.html#:~:text=Folic%20acid%20is%20a%20type,that%20may%20lead%20to%20cancer.
Diakses pada 22 Oktober 2020

WebMD. https://www.webmd.com/vitamins/ai/ingredientmono-1017/folic-acid
Diakses pada 22 Oktober 2020

WebMD. https://www.webmd.com/vitamins/ai/ingredientmono-196/soybean-oil
Diakses pada 22 Oktober 2020

MedicalNewsToday. https://www.medicalnewstoday.com/articles/265214#Possible-health-benefits
Diakses pada 22 Oktober 2020

WebMD. https://www.drugs.com/mtm/peppermint.html
Diakses pada 22 Oktober 2020

WebMD. https://www.webmd.com/vitamins/ai/ingredientmono-954/vitamin-e
Diakses pada 22 Oktober 2020

WebMD. https://www.webmd.com/a-to-z-guides/peppermint-oil-uses-benefits-effects#1
Diakses pada 22 Oktober 2020

Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email