Febuxostat

27 Okt 2021| Leony
Febuxostat digunakan untuk menurunkan kadar asam urat yang tinggi dalam tubuh

Febuxostat digunakan untuk menurunkan kadar asam urat yang tinggi dalam tubuh

Daftar merek obat yang beredar di Indonesia

Feburic, Festaric

Deskripsi obat

Febuxostat merupakan senyawa derivat 2-arylthiazole, yang termasuk dalam golongan non-purine selective inhibitor of Xanthine Oxidase (NP-SIXO). Febuxostat bekerja menurunkan kadar asam urat dalam darah dengan menghambat selektif enzim Xanthine Oxidase.  Pada kadar terapi, febuxostat tidak menghambat enzim lain yang terlibat dalam metabolisme purin atau pirimidin seperti enzim guanine deaminase, hypoxanthine guanine phosphoribosyltransferase, orotate phosphoribosyltransferase, orotidine monophosphate decarboxylase atau purine nucleoside phosphorylase.

Febuxostat digunakan untuk menurunkan kadar asam urat yang tinggi dalam tubuh.
Penumpukan asam urat dalam tubuh Anda dapat menyebabkan inflamasi karena asam urat, arthritis gout, batu ginjal atau saluran kemih. 
Febuxostat juga dapat digunakan untuk mengobati atau mencegah peningkatan kadar asam urat dalam darah yang dapat terjadi selama pengobatan kanker.
Febuxostat (Febuxostat)
Golongan

G (Obat Keras)

Kategori obat

Obat gout dan hiperurisemia

Bentuk sediaan obat

Tablet

Dikonsumsi oleh

Dewasa

Kategori kehamilan dan menyusui

-

Dosis obat

Dosis setiap individu berbeda-beda. Pastikan untuk selalu berkonsultasi dengan dokter sebelum menggunakan atau mengonsumsi obat

Efek samping obat

Febuxostat dapat menyebabkan pusing, kantuk, penglihatan kabur, dan mati rasa atau kesemutan di tangan atau kaki. Selain itu, dianjurkan untuk tidak mengemudi atau ikut serta dalam aktivitas apa pun yang mengharuskan Anda waspada atau perlu melihat dengan jelas.

Efek samping lainnya termasuk: sakit kepala, mual, diare, nyeri sendi, dan pembengkakan pada pergelangan kaki, kaki atau tangan.

Beberapa efek samping mungkin memerlukan bantuan medis segera.

Segera minta pertolongan medis terdekat jika Anda mengalami salah satu gejala berikut ini:
ruam, sesak napas, pembengkakan pada wajah, mata, atau mulut, nyeri dada, detak jantung tidak teratur atau tidak normal, kulit atau mata menguning, sakit perut, urin berwarna gelap, kelelahan, ruam disertai pengelupasan kulit atau timbul luka lecet pada bibir, mulut atau mata disertai demam
Segera informasikan dokter Anda dan dapatkan bantuan medis darurat jika salah satu dari efek samping ini terjadi, atau jika Anda mengalami perburukan dari efek samping lainnya.

Perhatian Khusus

Pemberian febuxostat tidak dianjurkan pada pasien dengan penyakit jantung iskemik atau CHF; sindrom Lesch-Nyhan; pasien transplantasi organ. Monitor kondisi pasien secara ketat untuk gejala reaksi alergi/hipersensitivitas. Gout flare dapat terjadi selama inisiasi terapi. Lakukan uji fungsi hati sebelum memulai pengobatan & dilakukan secara berkala setelahnya berdasarkan anjuran dari dokter. Penggunaan obat ini pasien dengan perubahan fungsi tiroid harus diawasi dengan ketat. Pasien dengan masalah herediter yang jarang seperti intoleransi galaktosa, defisiensi Lapp laktase atau malabsorpsi glukosa-galaktosa harus berhati-hati jika menggunakan obat ini.

Penggunaan bersamaan dengan merkaptopurin/azatioprin. Gangguan ginjal berat. Gangguan hati sedang sampai berat. Dapat mengganggu kemampuan mengemudi atau mengoperasikan mesin. Tidak boleh digunakan selama kehamilan & menyusui. Anak dibawah 18 thn.

Interaksi obat (jangan digunakan bersamaan dengan)

  • Dapat meningkatkan konsentrasi plasma teofilin.
  • Mengalami penurunan efikasi dengan penginduksi enzim UGT yang kuat.
  • Berpotensi Fatal: Peningkatan konsentrasi plasma yang mengakibatkan toksisitas parah akibat mercaptopurine dan azathioprine, jika digunakan bersamaan.

https://www.mims.com/indonesia/drug/info/febuxostat?mtype=generic

https://pom.go.id/new/view/more/berita/14560/Badan-POM-Menyetujui-Izin-Edar-Obat-Febuxostat-untuk-Hiperurisemia-Kronik.html

https://reference.medscape.com/drug/uloric-febuxostat-345048#91

http://pionas.pom.go.id/obat-baru/festaric-tablet-salut-selaput-80mg

Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email