Alfabet
# A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z

Faktor VIII

Ditulis oleh Lenny Tan
Terakhir ditinjau oleh dr. Virly
Faktor VIII adalah obat untuk mengendalikan dan mencegah pendarahan pada pasien hemofilia A guna menghentikan pendarahan
Faktor VIII merupakan salah satu protein dalam tubuh yang memiliki peran penting dalam sistem pembekuan darah.

Merk dagang yang beredar:

Aafact, Haemoctin, Kogenate FS

Faktor VIII merupakan salah satu protein dalam tubuh yang memiliki peran penting dalam sistem pembekuan darah. Pada pasien dengan hemofilia A (pada kondisi ini, ditemukan jumlah faktor VIII yang rendah dalam darah), berisiko untuk mengalami perdarahan yang terjadi lebih lama saat terjadi luka, cedera, ataupun setelah melakukan operasi, serta berisiko untuk mengalami perdarahan dalam (terutama pada bagian persendian dan otot).

Faktor VIII digunakan untuk mengendalikan dan mencegah perdarahan pada pasien dengan hemofilia A. Pemberian obat ini bertujuan untuk menggantikan kekurangan faktor VIII dalam darah, sehingga dapat terjadi pembekuan darah dan perdarahan dapat berhenti.

Faktor VIII ()
Golongan

Haemostatik

Kategori Obat

Obat Resep

Bentuk Obat

Infus

Dikonsumsi oleh

Dewasa

Kategori Kehamilan dan Menyusui

Kategori C: Penelitian pada binatang percobaan menunjukkan efek samping terhadap janin dan tidak ada penelitian terkontrol pada wanita; atau belum ada penelitian pada wanita hamil atau binatang percobaan. Obat hanya dapat diberikan jika manfaat yang diperoleh melebihi besarnya risiko yang mungkin timbul pada janin.

Keamanan penggunaan Faktor VIII selama menyusui masih belum diketahui. Penggunaannya selama menyusui harus digunakan dengan hati-hati, terutama saat menyusui bayi yang baru lahir dan bayi prematur. Pastikan untuk selalu berkonsultasi dengan dokter Anda sebelum penggunaannya.

Dosis

Dosis setiap orang pasti berbeda-beda. Pastikan untuk selalu berkonsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsi obat.

Intravena

Pengobatan dan profilaksis episode perdarahan pada pasien hemofilia A.

Dewasa: Dosis bersifat individual berdasarkan tes koagulasi yang dilakukan sebelum pengobatan dan secara berkala selama perawatan. Pada umumnya, 1 IU / kg berat badan (BB) akan meningkatkan kadar faktor VIII dalam darah sekitar 2 IU / dL.

Dosis yang dianjurkan:

  • Pendarahan ringan hingga sedang (tingkatkan hingga 20-30% dari normal): Umumnya dengan dosis tunggal 10-15 unit / kg
  • Pada perdarahan yang lebih berat / operasi minor (tingkatkan hingga 30-50% dari normal): Dosis awal umumnya sebesar 15-25 unit / kg BB diikuti oleh 10-15 unit / kgBB setiap 8-12 jam jika diperlukan.
  • Pada pendarahan hebat atau pembedahan besar (tingkatkan hingga 80-100% dari normal): Umumnya dosis awal 40-50 unit / kg BB diikuti 20-25 unit / kg BB setiap 8-12 jam.

Lihat informasi masing-masing produk untuk rincian dosis lebih lanjut.

Profilaksis pada Hemofilia A berat

Dewasa: 10-50 unit / kg BB setiap 2-3 hari, sesuai kebutuhan.

Aturan pakai Faktor VIII dengan benar

Faktor VIII akan diberikan oleh dokter anda melalui suntikan pada pembuluh darah. Lama pemberian kurang lebih selama 5-10 menit atau bergantung pada anjuran dokter.  Dosis yang diberikan akan berbeda antara satu orang dengan yang lainnya, tergantung pada kondisi medis, berat badan, hasil tes darah, dan respons terhadap pengobatan.

Efek Samping

Setiap pemakaian obat mempunyai efek samping tertentu dan bersifat individual. Jika terjadi efek samping yang berlebih, harus segera di tangani oleh tenaga medis.

Efek samping yang dapat ditimbulkan dari penggunaan faktor VIII, antara lain:

  • Sakit kepala.
  • Kesadaran yang menurun (seperti mengantuk).
  • Kelesuan.
  • Demam dan menggigil.
  • Penglihatan kabur.
  • Jantung berdebar-debar.
  • Mual dan Muntah.
  • Reaksi alergi berat.
  • Urtikaria (biduran).

Ada beberapa efek samping lain yang mungkin belum terdaftar. Jika anda mempunyai efek samping selain dari yang terdaftar di atas, segera konsultasikan ke dokter anda.

Peringatan

Beritahukan dan konsultasikan dengan dokter anda mengenai riwayat penyakit anda sebelumnya, terutama bila anda memiliki riwayat atau kondisi berikut:

  • Pada pasien dengan golongan darah A, B, atau AB yang mendapatkan faktor VIII dalam dosis berulang atau dalam dosis yang tinggi dapat meningkatkan risiko terjadinya hemolisis dalam pembuluh darah.
  • Terdapat risiko penularan penyakit terkait virus, seperti hepatitis B dan hepatitis C (yang ditandai dengan munculnya demam, penyakit kuning, urine berwarna seperti teh, nyeri perut).
  • Kehamilan dan menyusui.
  • Berikan dengan kecepatan kurang dari 10 mL / m
  • Meningkatnya risiko terjadinya sumbatan pembuluh darah setiap kali penggunaan.

Jangan mengonsumsi obat ini jika mempunyai alergi terhadap obat ini. Informasi lebih lengkap bisa dilihat melalui kemasan.

Interaksi

Konsumsi beberapa obat secara bersamaan dapat menimbulkan interaksi obat. Namun, belum ada data mengenai interaksi antara faktor VIII dengan obat lainnya. Pastikan untuk selalu berkonsultasi dengan dokter anda sebelum menggunakannya.

Ditinjau oleh: dr.Virly Isella

Penyakit
Artikel Terkait:
Back to Top