Dulcolax tablet digunakan untuk meredakan sembelit
Dulcolax tablet digunakan untuk meredakan sembelit
Dulcolax tablet digunakan untuk meredakan sembelit
Golongan obat Biru Obat bebas terbatas: Walaupun dapat dibeli tanpa resep dokter, namun aturan pakai serta efek sampingnya harus diperhatikan.
HET Rp 8.000/strip (4 tablet) per Maret 2019
Kemasan 1 box isi 20 strip @ 4 tablet (5 mg)
Produsen Boehringer

Dulcolax tablet merupakan obat pencahar yang mengandung Bisacodyl. Obat ini bekerja langsung di usus besar untuk melancarkan  buang air besar. Dulcolax merupakan obat bebas terbatas

Dulcolax digunakan untuk mengobati sulit buang air besar, pasien yang menderita konstipasi, dapat digunakan untuk mengosongkan usus sebelum tindakan operasi, kolonoskopi, atau prosedur medis yang berkaitan dengan saluran pencernaan lainnya.

Bisacodyl 5 mg

Dewasa: 1 kali 5-15 mg (1-3 tablet)/hari

Anak 6-10 tahun: 1 tablet/hari

Jangan dihancukan dan dikunyah. Telan seluruh tablet dengan segelas air.

Bisacodyl dapat menyebabkan efek samping seperti sakit perut, mual, dan diare. Jika efek samping memburuk, segera hubungi dokter untuk mendapatkan penanganan medis.

Tidak untuk gangguan perut yang bersifat akut seperti radang usus dan radang usus buntu, selain itu tidak boleh dikonsumsi bagi penderita sumbatan usus, dehidrasi berat, adanya kerusakan pada anus serta hipersensitivitas.

Tidak untuk ibu hamil, menyusui dan kondisi dehidrasi berat. Tidak boleh digunakan setiap hari secara terus-menerus.

Risiko mengalami luka pada lambung jika obat digunakan bersamaan antacida dan risiko peningkatan gangguan pada cairan tubuh jika obat digunakan bersamaan dengan obat golongan diuretik.

MIMS. http://www.mims.com/indonesia/drug/info/bisacodyl/?type=brief&mtype=generic Diakses pada 15 Maret 2019

Drugs. https://www.drugs.com/dulcolax.html
Diakses pada 15 Maret 2019

Artikel Terkait