Colchicine adalah obat yang dapat mencegah penyakit asam urat
Colchicine digunakan pada penyakit asam urat berupa pembengkakan, nyeri, panas, dan kemerahan pada sendi.

Ar-gout, Colcitine, Recolfar, L-Cisin.

Colchicine digunakan untuk mencegah atau mengobati asam urat. Serangan asam urat terjadi ketika adanya pembengkakan, nyeri, panas, dan kemerahan pada sendi. Obat ini tidak dapat menyembuhkan, tetapi hanya membantu mencegah serangan asam urat.

Colchicine (Kolkisina)
Golongan

Obat urikosurik

Kategori obat

Obat Resep

Bentuk sediaan obat

Tablet

Dikonsumsi oleh

Dewasa

Kategori kehamilan dan menyusui

Kategori C: Penelitian pada hewan percobaan menunjukkan efek buruk terhadap janin dan tidak ditemukan studi yang memadai pada manusia. Namun, mengingat efektivitasnya, penggunaannya dapat dipertimbangkan pada wanita hamil sekalipun berisiko.

Dosis obat

Dosis bersifat individual. Pastikan untuk selalu berkonsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsi obat.

Asam urat

  • Dewasa: Awalnya, 1 mg diikuti oleh 0,5 mg setelah 1 jam, diberikan dalam 12 jam setelah muncul gejala serangan asam urat. Pengobatan dapat dilanjutkan setelah 12 jam jika dibutuhkan dengan dosis maksimal 0,5 mg 8 per jam. Pengobatan akan berakhir ketika gejala hilang atau ketika total 6 mg telah diberikan. Untuk yang lain mungkin dimulai setelah 3 hari.

Mencegah serangan asam urat

  • Dewasa: 0,5 mg

Ikuti anjuran dari dokter dan baca petunjuk di kemasan obat colchicine. Obat ini dapat dikonsumsi dengan makan atau tanpa makan. Dosis akan diberikan sesuai medis. Jangan meningkatkan dosis atau menggunakan lebih sering dari yang dianjurkan dokter, karena penggunaan yang berlebihan dapat meningkatkan risiko efek samping.

Untuk mengobati asam urat, ikuti petunjuk dari dokter. Obat ini akan berpengaruh besar jika dikonsumsi saat gejala awal asam urat muncul. Dosis yang dianjurkan adalah 1,2 miligram pada serangan pertama, diikuti oleh 0,6 miligram satu jam kemudian. Dosis maksimum yang disarankan adalah 1,8 miligram selama periode 1 jam. Tanyakan kepada dokter jika ada pertanyaan mengenai dosis obat ini.

Setiap pemakaian obat selalu mempunyai efek samping tertentu. Efek samping belum tentu terjadi di setiap pemakaian obat. Namun, efek samping yang berlebihan harus langsung mendapat penanganan medis.

Obat colchicine dapat menyebabkan efek samping berupa diare, mual, kram, nyeri perut, dan muntah Jika efek samping semakin memburuk, segera hubungi dokter untuk mendapatkan penanganan medis. Begitu pula ketika mengalami efek samping yang jarang terjadi berikut ini, tapi bersifat serius.

  • Diare berat
  • Kelemahan otot
  • Detak jantung cepat
  • Sesak napas

Ada beberapa efek samping lain yang belum terdaftar. Jika Anda mengalami efek lain seperti di atas, tanyakan kepada tenaga medis.

Konsultasikan dengan dokter terlebih dahulu atau jika Anda memiliki kondisi medis seperti:

  • Gangguan ginjal dan hati
  • Dalam masa kehamilan dan menyusui
  • Hasil darah abnormal
  • Luka kornea atau ulkus kornea

Jangan mengonsumsi obat ini jika mempunyai kondisi medis seperti:

  • Penyakit ginjal berat
  • Gangguan hati

Informasi lebih lengkap bisa dilihat melalui kemasan obat.

Interaksi pada obat mungkin akan terjadi jika mengonsumsi beberapa obat secara bersamaan. Jika ingin menggunakan obat secara bersamaan, harap berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu. Sebab, dokter akan mengganti dosisnya jika memang harus digunakan secara bersamaan. Berikut ini jenis obat yang dapat menimbulkan interaksi tertentu jika digunakan bersamaan colchicine.

Jenis ObatInteraksi
Statin

Risiko miopati dan rhabdomyolysis

Simetidin, tolbutamide

Peningkatan efektivitas plasma

Antineoplastik sitolik

Penurunan efikasi terapi asam urat

Phenylbutazone

Peningkatan risiko leukopenia, trombositopenia, atau depresi sumsum

 

Informasi yang diberikan bukan sebagai pengganti konsultasi medis langsung dengan dokter, atau mengarahkan pemakaian obat dengan merek tertentu. Pemakaian obat harus sesuai dengan resep dokter. Ketersediaan obat tergantung pada indikasi yang disetujui Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/drugs-supplements/clonidine-oral-route/description/drg-20063252
Diakses pada 26 Oktober 2018

MIMS. http://mims.com/indonesia/drug/info/clonidine
Diakses pada 26 Oktober 2018

WebMD. https://www.webmd.com/drugs/2/drug-2228/clonidine-chlorthalidone-oral/details
Diakses pada 26 Oktober 2018

Artikel Terkait