Alfabet
# A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z

Clotrimazole (Alias: Klotrimazole)

Ditulis oleh Nina Hertiwi Putri
Terakhir ditinjau oleh dr. Anandika Pawitri
Clotrimazole bekerja dengan mencegah pertumbuhan jamur untuk menurunkan infeksi
Clotrimazole digunakan untuk mengobati kurap, infeksi jamur, dan panu.

Merk dagang yang beredar:

Canestan Cream, Canestan SD, Clonitia, Bernesten, Candazole, Dermifar, Lotremin, Canestan Powder, Demy, Neo Ultrasiline, Lotriderm, Heltiskin, Fungiderm, Erphamazol, Kranos, Candacort, Beytucen.

Clotrimazole digunakan untuk mengobati infeksi kulit, seperti kurap dan infeksi jamur. Obat ini juga dapat digunakan untuk panu. Clotrimazole bekerja dengan mencegah pertumbuhan jamur untuk menurunkan infeksi.

Clotrimazole (Klotrimazole)
Golongan

Antifungal

Kategori Obat

Obat Resep

Bentuk Obat

Tablet, krim, tablet untuk vagina, larutan

Dikonsumsi oleh

Dewasa

Kategori Kehamilan dan Menyusui

Kategori B: Penelitian pada sistem reproduksi hewan percobaan tidak menunjukkan adanya risiko pada janin, namun tidak ada penelitian terkontrol yang telah dilakukan pada wanita hamil.

Dosis

Dosis bersifat individual. Pastikan untuk selalu berkonsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsi obat.

Infeksi jamur kulit

  • Dewasa: Oleskan 1% krim/lotion dua sampai tiga kali sehari selama 2-4 minggu, dapat digunakan dengan bubuk 1% untuk mencegah infeksi berulang.

Kandidiasis vagina Vulvovaginal

  • Dewasa: Sebagai supositoria: 100 mg setiap hari selama 6 hari, 200 mg setiap hari selama 3 hari atau 500 mg sebagai dosis tunggal; atau, aplikasikan krim 1, 2 atau 10%.

Otitis eksterna jamur

  • Dewasa: 1% dioleskan ke area yang terkena.

Aturan pakai Clotrimazole dengan benar

Ikuti anjuran dari dokter dan baca petunjuk di kemasan obat clotrimazole. Obat ini digunakan hanya pada kulit. Oleskan pada kulit yang bermasalah, biasanya dua kali sehari atau sesuai anjuran dari dokter. Dosis akan diberikan sesuai kondisi medis. Jangan gunakan obat ini lebih lama dari anjuran dokter. Gunakan obat secara teratur. Jangan menghentikan penggunaan obat ini terlalu cepat, karena hal tersebut dapat menyebabkan jamur tumbuh kembali.

Efek Samping

Setiap pemakaian obat selalu mempunyai efek samping tertentu. Efek samping belum tentu terjadi di setiap pemakaian obat. Namun efek samping yang berlebihan harus langsung mendapat penanganan medis.

Obat clotrimazole dapat menyebabkan efek samping berupa rasa terbakar, menyengat, bengkak, iritasi, kemerahan, maupun benjolan seperti jerawat. Jika efek samping semakin memburuk, segera hubungi dokter untuk mendapatkan penanganan medis.

Segera cari bantuan medis jika terjadi efek samping yang jarang terjadi ini, tetapi bersifat serius seperti:

  • Lecet
  • Mengalir
  • Luka terbuka

Ada beberapa efek samping lain yang belum disebutkan di atas. Jika Anda mempunyai efek lain seperti di atas, tanyakan kepada tenaga medis.

Peringatan

Konsultasikan dengan dokter terlebih dahulu atau jika Anda memiliki kondisi medis seperti:

  • Dalam masa kehamilan
  • Alergi

Jangan mengonsumsi obat ini jika mempunyai kondisi medis seperti:

  • Hipersensitivitas

Informasi lebih lengkap bisa dilihat melalui kemasan.

Interaksi

Interaksi pada obat mungkin akan terjadi jika mengonsumsi beberapa obat secara bersamaan. Jika ingin menggunakan obat secara bersamaan, harap berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu. Sebab, dokter akan mengganti dosisnya jika memang harus digunakan bersamaan obat lain. Mengonsumsi obat Clotrimazole dengan obat lain secara bersamaan dapat menyebabkan interaksi tertentu. Penggunaannya bersamaan dengan antibiotik polyene bisa menimbulkan efek buruk.

Informasi yang diberikan bukan sebagai pengganti konsultasi medis langsung dengan dokter, atau mengarahkan pemakaian obat dengan merek tertentu. Pemakaian obat harus dengan resep dokter. Ketersediaan obat tergantung pada indikasi yang disetujui Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

Penyakit
Referensi

BPOM. http://pionas.pom.go.id/monografi/klotrimazol
Diakses pada 26 Oktober 2018

Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/drugs-supplements/clonidine-oral-route/description/drg-20063252
Diakses pada 26 Oktober 2018

MIMS. http://mims.com/indonesia/drug/info/clonidine
Diakses pada 26 Oktober 2018

WebMD. https://www.webmd.com/drugs/2/drug-2228/clonidine-chlorthalidone-oral/details
Diakses pada 26 Oktober 2018

Artikel Terkait:
Back to Top