Alfabet
# A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z

Cetirizine (Alias: Setirizin)

Terakhir ditinjau oleh dr. Anandika Pawitri pada 24 Jan 2019
Cetirizine digunakan pada penderita alergi agar dapat meredakan alergi yang terjadi
Mata berair, hidung berair, gatal pada mata/hidung, dan gatal-gatal dapat mengkonsumsi Cetirizine

Merk dagang yang beredar:

Alergine, Capritazin, Cerini, Cetinal, Cetrol, Cetymin, Estin, Falergi, Hislorex, Intrizin, lerzin, Ozen, Ritez, Rybest, Ryvel, Ryzicor, Tiriz, Yarizine, Zenriz, Zine.

Cetirizine adalah obat antihistamin yang digunakan untuk meredakan gejala alergi seperti mata berair, hidung berair, gatal pada mata/hidung, dan gatal-gatal.

Cetirizine memblokir zat histamin yang diproduksi oleh tubuh selama alergi, sehingga obat ini dapat meredakan reaksi alergi yang muncul. Cetirizine tidak dapat mencegah atau mengobati reaksi alergi yang serius seperti anafilaksis.

Cetirizine (Setirizin)
Golongan

Antihistamin

Kategori Obat

Obat bebas dan resep

Bentuk Obat

Tablet, tablet kunyah, cair

Dikonsumsi oleh

Dewasa dan anak-anak

Kategori Kehamilan dan Menyusui

Kategori B: Penelitian pada sistem reproduksi hewan percobaan tidak menunjukkan adanya risiko pada janin, namun tidak ada penelitian terkontrol yang telah dilakukan pada wanita hamil.

Dosis

Dosis bersifat individual. Pastikan untuk selalu berkonsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsi obat.

Alergi

  • Dewasa: 10 mg, satu kali sehari.
  • Anak 6-23 bulan: 2,5 mg, satu kali sehari, meningkat menjadi maksimal 2,5 mg, tiga kali sehari untuk anak di atas 11 bulan.
  • Anak 2-5 tahun: 5 mg, satu kali sehari atau dibagi untuk dua kali konsumsi.
  • Anak diatas 5 tahun: 10 mg, satu kali sehari atau dibagi untuk dua kali konsumsi.

Aturan pakai Cetirizine dengan benar

Cetirizine dapat dikonsumsi dengan atau tanpa makanan. Jika Anda membeli obat yang dijual secara bebas, baca aturan pakai sebelum mengonsumsinya. Jika tidak yakin dengan dosis pakai Cetirizine, Anda bisa konsultasi dengan dokter atau apoteker ketika membeli obat ini.

Penggunaan obat ini disesuaikan dengan kondisi medis dan respons terhadap pengobatan. Untuk obat cair, gunakan alat pengukur/sendok khusus agar takaran dosisnya tepat. Anda juga bisa konsultasi dengan dokter tentang dosis yang sesuai dengan kondisi medis pribadi.

Jika alergi yang dirasakan tidak membaik setelah tiga hari pengobatan atau tetap bertahan lebih dari enam minggu, segera konsultasikan dengan dokter, atau cari pertolongan medis untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Efek Samping

Efek samping seperti mengantuk, lelah, mulut kering dan sakit perut dapat terjadi, terutama pada anak-anak. Jika beberapa efek tersebut memburuk, segera konsultasikan dengan dokter.

Segera cari pertolongan medis jika merasakan efek samping yang serius seperti:

  • Sulit buang air kecil
  • Badan merasa lemah
  • Alergi berat seperti ruam, gatal-gatal, pusing berat dan kesulitan bernapas

Peringatan

Konsultasikan dengan dokter terlebih dahulu jika Anda memiliki kondisi medis berikut ini.

  • Alergi Cetirizine, hydroxyzine, levocetirizine
  • Epilepsi dan berisiko kejang
  • Gangguan hati dan ginjal
  • Lanjut usia
  • Dalam masa kehamilan dan menyusui

Obat ini dapat menyebabkan rasa kantuk. Alkohol juga bisa membuat Anda lebih mengantuk. Jangan melakukan kegiatan yang membutuhkan kewaspadaan dan hindari minuman beralkohol selama mengonsumsi obat tersebut.

Jika Anda menderita diabetes, berhati-hatilah saat membeli obat karena beberapa produk mungkin saja mengandung gula. Anda bisa menanyakan langsung kepada dokter atau apoteker tentang penggunaan obat ini.

Interaksi

Menggunakan cetirizine dengan obat lain dapat menyebabkan terjadinya interaksi. Penggunaannya bersamaan obat penenang, dapat meningkatkan depresi sistem saraf pusat. Selain itu, jangan mengonsumsi cetirizine bersamaan hydroxyzine dan levocetirizine, karena keduanya memiliki fungsi yang sama dengan cetirizine.

Informasi yang diberikan bukan sebagai pengganti konsultasi medis langsung dengan dokter, atau mengarahkan pemakaian obat dengan merek tertentu. Pemakaian obat harus dengan resep dokter. Ketersediaan obat tergantung pada indikasi yang disetujui Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

Referensi

MIMS. http://www.mims.com/indonesia/drug/info/cetirizine
Diakses pada 26 Oktober 2018

WebMD. https://www.webmd.com/drugs/2/drug-12065/cetirizine-oral/details
Diakses pada 26 Oktober 2018

Back to Top