Celestamine dapat mengatasi alergi
Celestamine dapat mengatasi alergi
Celestamine dapat mengatasi alergi
Celestamine dapat mengatasi alergi
Golongan obat Merah Obat keras: diharuskan menggunakan resep dokter.
HET Rp 49.497/botol per April 2019
Kemasan 1 botol @ 30 ml
Produsen Merck Sharp Dohme Pharma

Celestamine adalah obat untuk mengatasi alergi saluran pernapasan, kulit, dan mata yang bekerja sebagai anti peradangan dan anti alergi. Obat ini mengandung betamethasone dan dexchlorpheniramine maleate. Celestamine termasuk obat keras yang memerlukan resep dokter. 

Pengobatan untuk alergi saluran pernapasan, kulit dan mata, serta peradangan pada mata yang diindikasikan terapi kortikosteroid sistemik tambahan.

Tiap 5 ml: betamethasone 0,25 mg, dexchlorpheniramine maleate 2 mg.

Dewasa dan anak-anak usia >12 tahun:

Dosis awal 1-2 sendok teh diberikan sebanyak 4 kali/hari. Dosis maksimal 8 sendok teh/hari.

Anak-anak 6-12 tahun:

½ sendok teh diberikan sebanyak 3 kali/hari. Dosis maksimal 4 sendok teh/hari.

Anak 2-6 tahun:

¼-½ sendok teh diberikan sebanyak 3 kali/hari. Dosis maksimal 2 sendok teh/hari.

Dikonsumsi setelah makan dan sebelum tidur.

Sakit kepala, hipertensi, insomnia, alergi kulit, kebingungan, gerakan tidak terkontrol pada tubuh (tremor), halusinasi, pusing, mulut kering, hipertensi, peradangan pada pankreas (pankreatitis).

Hipersensitivitas pada komponen celestamine, infeksi jamur sistemik, bayi baru lahir dan prematur, terapi MAO inhibitor.

Kerusakan organ hati (sirosis), infeksi mata karena virus herpes (herpes simpleks okular), ketidakstabilan emosi atau kecenderungan psikotik, peradangan usus besar, hipertensi, osteoporosis, penyakit autoimun (myasthenia gravis), tuberkulosis, pembesaran prostat (hipertrofi prostat), keterlibatan dalam aktivitas membutuhkan kewaspadaan mental, insufisiensi ginjal, anak-anak.

Dapat meningkatkan metabolisme kortikosteroid dan mengurangi efek terapi jika digunakan bersamaan dengan fenobarbital, fenitoin, rifampisin, dan efedrin. Meningkatkan perdarahan saluran cerna (ulserasi gastrointestinal) jika digunakan bersamaan dengan obat antiinflamasi non kortikosteroid atau alkohol dengan glukokortikoid.

MIMS. https://www.mims.com/indonesia/drug/info/celestamine/?type=brief
Diakses pada 4 April 2019

Artikel Terkait