Catapres adalah obat untuk penderita hipertensi
Catapres adalah obat untuk penderita hipertensi
Catapres adalah obat untuk penderita hipertensi
Catapres adalah obat untuk penderita hipertensi
Golongan obat Merah Obat keras: diharuskan menggunakan resep dokter.
HET Rp 73.903/strip (10 tablet) per April 2019
Kemasan 1 box isi 10 strip @ 10 tablet (150 mcg)
Produsen Boehringer Ingelheim Indonesia

Catapres adalah obat yang dapat menurunkan tekanan darah tinggi, krisis hipertensi, membantu mencegah stroke, serangan jantung, dan masalah ginjal. Obat ini mengandung clonidine yang bekerja yang bekerja di otak untuk merelaksasikan pembuluh darah sehingga aliran darah dapat mengalir lebih mudah, serta menurunkan tekanan darah. Catapres termasuk obat keras yang memerlukan resep dokter.

Pengobatan penderita hipertensi.

Clonidine HCl 150 mcg

Dosis awal: 0,075-0,15 mg/hari. Dapat ditingkatkan setelah 2-4 minggu jika diperlukan.

Pada hipertensi berat: dosis tunggal dapat ditingkatkan menjadi 0,3 mg 3 kali/hari.

Dikonsumsi dengan atau tanpa makanan.

Depresi, halusinasi, penurunan libido, pusing, sakit kepala, mengantuk, penurunan air mata (lakrimasi), mulut kering, sembelit, mual, muntah, gatal, ruam kulit, dan kelelahan.

Hipersensitif, irama jantung yang lambat karena gangguan kelistrikan jantung (bradiaritmia) berat akibat gangguan irama pada sinus node (sick sinus syndrome) atau blok atrioventrikular derajat 2 atau 3.

Bradiaritmia  ringan sampai sedang, gagal jantung atau penyakit jantung koroner berat, menyebabkan penurunan air mata (lakrimasi) pada pasien yang memakai lensa kontak, kondisi herediter yang jarang pada intoleransi galaktosa, mengganggu kemampuan mengemudi atau mengoperasikan mesin. Kehamilan dan laktasi, anak dan remaja.

Dapat menurunkan tekanan darah lebih kuat jika diberikan dengan diuretik, penghambat reseptor beta, antagonis kalsium, dan penghambat ACE. Dapat meningkatkan tekanan darah jika diberikan dengan agen antiinflamasi non steroid. Dapat menyebabkan penurunan detak jantung (bradikardi) jika digunakan bersamaan dengan chronotropic atau dromotropic negatif, seperti beta bloker atau digitalis glikosida.

MIMS. https://www.mims.com/indonesia/drug/info/catapres/?type=brief
Diakses pada 4 April 2019

Medscape. https://reference.medscape.com/drug/catapres-tts-clonidine-342382#91
Diakses pada 29 Agustus 2019

Drugs. https://www.drugs.com/sfx/clonidine-side-effects.html
Diakses pada 25 September 2019

Artikel Terkait