Cari berdasarkan abjad
# A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z

Cardismo tablet 20 mg

Ditulis oleh Giasinta Angguni Pranandhita
Golongan Merah Obat keras: diharuskan menggunakan resep dokter.
HET Rp 33.920/strip (10 tablet) per April 2019
Kemasan 1 box isi 10 strip @ 10 tablet (20 mg)
Produsen Phapros

Deskripsi

Cardismo mengandung Isosorbide 5-mononitrate yang berefek vasodilatasi, dengan cara relaksasi otot halus dinding pembuluh darah sehingga menyebabkan vasodilatasi yang terutama terjadi pada pembuluh darah vena periferal daripada pembuluh darah arterial.

Indikasi (manfaat)

Pengobatan profilaksi angina pectoris dan terapi tambahan pada gagal jantung kongestif yang tidak memberikan respon yang cukup pada glikosida jantung dan diuretik.

Komposisi

Isosorbide 5-mononitrate 20 mg

Dosis

Dewasa:  2-3 x 1 tablet/hari, dosis dapat dinaikkan sampai maksimal 120 mg/hari, kebanyak pasien membutuhkan dosis 40-60 mg/hari

Cara penggunaan

Tablet harus ditelan dengan sedikit air tanpa dikunyah.

Peringatan

Efek samping

Sakit kepala, pusing, penurunan tekanan darah, rasa lemah, mengantuk, mual, muntah.

Kontraindikasi (jangan dikonsumsi pada kondisi)

Hipotensi berat, shock, infark myocardial akut dengan tekanan diastolik ventrikular kiri yang rendah, penderita hipersensitif terhadap nitrat dan nitrit dan penderita anemia, trauma di kepala, hemorrhage cerebral.

Perhatian

Tidak diindikasikan untuk meringankan serangan akut, kehamilan atau menyusui, pasien glaukoma sudut tertutup, hypotiroidism, hypothermia, malnutrition, penyakit hati atau ginjal yang berat.

Interaksi (jangan diberikan bersamaan dengan)

Pemberian bersama dengan obat anti hipertensi, anti depresan trisiklik atau alkohol dapat meningkatkan potensi efek penurunan tekanan darah dari isosorbid 5-mononitrate.

Back to Top