Carbimazole digunakan untuk mengobati kelenjar tiroid yang terlalu aktif.
Carbimazole digunakan untuk mengobati kelenjar tiroid yang terlalu aktif.

Carbimazole merupakan obat yang digunakan untuk mengobati kelenjar tiroid yang terlalu aktif (hipertiroidisme). Obat ini termasuk golongan anti-tiroid yang bekerja mengurangi jumlah hormon tiroid.

Carbimazole (Carbimazole)
Golongan

Obat antitiroid

Kategori obat

Obat resep

Bentuk sediaan obat

Tablet

Dikonsumsi oleh

Dewasa dan anak-anak

Kategori kehamilan dan menyusui

Kategori D: Telah ditemukan bukti positif adanya risiko terhadap janin, namun penggunaan oleh wanita hamil dapat dipertimbangkan apabila ada manfaat dari penggunaan obat (Contoh: obat diperlukan dalam situasi mengancam jiwa atau pada penyakit serius dimana obat yang lebih aman tidak dapat digunakan atau tidak efektif).

Dosis obat

Dosis diberikan oleh dokter berdasarkan kondisi medis. Dosis yang diberikan mungkin bervariasi berdasarkan kondisi individu. Selama pengobatan, dokter akan melihat respon terhadap pengobatan dan melakukan penyesuaian dosis bila diperlukan.

Tambahan untuk terapi radioiodine, Hipertiroidisme, Persiapan untuk tiroidektomi (Oral)

  • Dewasa: Awalnya, 20-60 mg setiap hari dalam 2-3 dosis terbagi, dikurangi secara bertahap sampai kondisi eutiroidisme tercapai. Terapi selanjutnya dapat diberikan . Sebagai Pemeliharaan dengan dosis : 5-15 mg setiap hari selama setidaknya 6-18 bulan. Blocking-replacement: 20-60 mg setiap hari, diberikan bersamaan dengan levothyroxine 50-150 mcg setiap hari untuk mencegah hipotiroidisme  setidaknya 6-18 bulan.
  • Anak: 3-17 tahun Awalnya, 15 mg setiap hari, disesuaikan menurut respons.

Baca petunjuk di kemasan atau sesuai saran dari dokter sebelum menggunakan obat carbimazole.

Obat ini dapat dikonsumsi dengan atau tanpa makanan. Konsumsi sesuai yang diarahkan oleh dokter.

Beritahu dokter jika kondisi semakin memburuk atau tidak membaik.

Efek samping dapat terjadi pada pemakaian obat-obatan. Efek samping belum tentu terjadi di setiap pemakaian obat akan tetapi jika terjadi efek samping yang berlebihan, harus langsung mendapatkan penanganan medis.

Efek samping yang dapat terjadi pada pemakaian obat carbimazole dapat menyebabkan seperti: mual, sakit kepala, demam, ruam kulit, gangguan rasa, gangguan lambung ringan. Jika efek samping semakin memburuk segera hubungi dokter untuk mendapatkan penanganan medis.

Segera cari bantuan medis jika terjadi efek samping yang sangat jarang terjadi namun serius seperti:

  • Sakit kuning
  • Depresi sumsum tulang (neutropenia, eosinofilia, leukopenia)
  • Anemia aplastik, anemia hemolitik, pansitopenia, trombositopenia
  • Fatal : agranulositosis

Ada beberapa efek samping lain yang belum terdaftar. Jika Anda mempunyai efek lain seperti di atas , tanyakan kepada dokter yang merawat Anda.

Beritahukan dokter Anda mengenai riwayat penyakit Anda sebelumnya, terutama bila Anda memiliki riwayat atau kondisi berikut:

  • Gangguan hati ringan sampai sedang
  • Sedang hamil atau menyusui

Kontraindikasi

Jangan mengonsumsi obat ini jika mempunyai kondisi medis seperti:

  • Gangguan hati berat
  • Gangguan darah

Informasi lebih lengkap bisa dilihat pada kemasan.

Interaksi obat mungkin terjadi jika mengonsumsi beberapa obat secara bersamaan. Jika ingin menggunakan obat secara bersamaan harap konsultasi ke dokter Anda, dokter akan mengganti dosis obat tersebut jika memang harus digunakan secara bersamaan

Mengonsumsi obat carbimazole dengan obat lain secara bersamaan dapat menyebabkan beberapa interaksi seperti:.

  • Dapat meningkatkan kadar teofilin dalam serum atau dapat mengembangkan toksisitas.
  • Dapat meningkatkan efek antikoagulan.

Informasi yang diberikan bukan sebagai pengganti konsultasi medis langsung dengan dokter, atau mengarahkan pemakaian obat dengan merek tertentu. Pemakaian obat harus dengan resep dokter. Ketersediaan obat tergantung pada indikasi yang disetujui Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

Artikel Terkait