Caloma Plus Kapsul

17 Jul 2020| Lenny Tan
Caloma Plus kapsul adalah suplemen untuk membantu memenuhi kebutuhan mineral dan vitamin.

Deskripsi obat

Caloma Plus kapsul adalah suplemen untuk membantu memenuhi kebutuhan mineral dan vitamin. Suplemen ini merupakan produk konsumen yang dapat dibeli secara bebas. Caloma Plus kapsul mengandung minyak hati ikan kod, vitamin A, vitamin D3, asam lemak omega 3, EPA, DHA, asam folat, vitamin B6, kalsium, magnesium, dan zat besi.
Minyak hati ikan kod adalah suplemen yang dihasilkan dari proses ekstraksi hati ikan kod. Minyak hati ikan kod mengandung DHA, asam lemak omega 3, vitamin A, dan vitamin D. Minyak hati ikan kod memiliki beragam manfaat diantaranya mampu meringankan peradangan, meningkatkan kesehatan tulang dan gigi, Meredakan nyeri sendi, memelihara kesehatan mata, mengurangi risiko terkena penyakit jantung, dan memelihara kesehatan tubuh.
Vitamin D adalah vitamin yang dapat larut dalam lemak, memiliki peran penting untuk tubuh diantaranya untuk menjaga kesehatan tulang, membantu proses pertumbuhan sel, meningkatkan fungsi imun, meringankan peradangan, serta mencegah terjadinya pengeroposan tulang (osteoporosis). Vitamin D dapat diperoleh dari sinar matahari, serta dapat diperoleh dari sumber makanan diantaranya salmon, tuna, makarel, dan kuning telur.
Asam lemak omega 3 adalah asam lemak yang tidak dapat diproduksi oleh tubuh (esensial), asam lemak ini mengandung EPA, DHA, dan ALA. Omega 3 mampu mengatasi peradangan, meningkatkan kesehatan mata. mencerdaskan otak pada janin, mengurangi risiko terkena penyakit jantung, meringankan gangguan mental, mencegah terjadinya obesitas, mencegah terjadinya penyakit autoimun, mengurangi risiko kanker, serta memelihara kesehatan tulang dan sendi.
Asam folat termasuk dalam vitamin B kompleks yang dapat larut di dalam air. Asam folat dapat diperoleh dari berbagai sumber makanan seperti bayam, brokoli, selada, kacang-kacangan seperti kacang polong, melon, pisang, dan lemon. Asam folat dapat dimanfaatkan dalam membantu tubuh memproduksi dan memelihara sel-sel baru,serta membantu mencegah perubahan DNA yang dapat menyebabkan kanker.
Vitamin B6 dapat diperoleh dari sumber makanan seperti daging, ikan, pisang, dan kentang. Vitamin ini berperan dalam perkembangan otak, sistem saraf, mencegah anemia, dan dapat mampu memelihara kekebalan tubuh.
Kalsium merupakan mineral yang memiliki peran penting dalam pertumbuhan tulang dan gigi, memelihara kesehatan otot, saraf dan juga jantung. Kalsium dapat diperoleh dari susu, sayuran hijau seperti sawi dan brokoli, wijen, kacang merah, dan almond.
Magnesium merupakan mineral yang sangat penting dalam memelihara fungsi tubuh, magnesium mampu menjaga terkanan darah normal, memelihara agar tulang tetap kuat, menurunkan risiko terkena kencing manis (diabetes melitus), dan menjaga irama jantung yang stabil, selain itu magnesium merupakan komponen zat pembentuk sel darah merah. Magnesium dapat diperoleh dari sumber makanan diantaranya labu, bayam, kacang-kacangan, almond, tahu, makarel, tuna, dan salmon.
Zat besi adalah mineral yang berperan dalam membentuk hemoglobin pada sel darah merah yang berfungsi untuk mengikat dan mengirim oksigen ke seluruh tubuh. Kekurangan zat besi pada tubuh dapat menyebabkan terjadinya anemia, sehingga akan mengalami berbagai gejala seperti lelah, sesak napas, sakit kepala, pusing, dan terjadi peningkatan denyut jantung. Bayam, hati, kerang, kacang-kacangan merupakan sumber makanan yang mengandung zat besi.

Caloma Plus Kapsul
Golongan ObatProduk konsumen. Produk yang dapat dibeli secara bebas.
HETRp 88.000/box per April 2020
Kemasan1 box isi 6 strip @ 10 kapsul
ProdusenNovell Pharmaceutical Laboratories

Indikasi (manfaat) obat

  • Suplementasi vitamin dan mineral selama masa kehamilan dan menyusui.
  • Mencegah kekurangan kalsium dan magnesium pada masa menopause dan lanjut usia.

Komposisi obat

  • Minyak hati ikan kod 200 mg.
  • Vitamin A 120 IU.
  • Vitamin D3 17 IU.
  • Asam lemak omega 3:
    • EPA 16 mg.
    • DHA 14 mg.
  • Vitamin E 5 mg.
  • Vitamin B12 1 mcg.
  • Asam folat 0,3 mg.
  • Vitamin B6 0,6 mg.
  • Kalsium 40 mg.
  • Magnesium 25 mg.
  • Zat besi 4,76 mg.

Dosis obat

Penggunaan obat harus sesuai petunjuk pada kemasan dan anjuran dokter

  • Wanita hamil dan menyusui: 2 kapsul/hari.
  • Masa menopause dan lanjut usia: 2-3 kapsul/hari.

Aturan pakai obat

Sebaiknya dikonsumsi dengan makanan.

MIMS. https://www.mims.com/indonesia/drug/info/caloma%20plus?type=brief&lang=id
Diakses pada 7 Juli 2020

https://www.medicalnewstoday.com/articles/270071#benefits
Diakses pada 7 Juli 2020

https://www.webmd.com/vitamins/ai/ingredientmono-929/vitamin-d
Diakses pada 7 Juli 2020

https://www.medicalnewstoday.com/articles/323144
Diakses pada 7 Juli 2020

Drugs. https://www.drugs.com/folic_acid.html
Diakses pada 7 Juli 2020

https://www.webmd.com/vitamins/ai/ingredientmono-934/pyridoxine-vitamin-b6
Diakses pada 7 Juli 2020

Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email