Alfabet
# A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z

Budesonide (Alias: Budesonid)

Terakhir ditinjau oleh dr. Anandika Pawitri pada 24 Jan 2019
Budesonide digunakan untuk pengobatan pada hidung, paru-paru dan usus
Budesonide digunakan untuk mencegah asma

Merk dagang yang beredar:

Budenofalk, Budesonide, Obucort Swinghaler, Pulmicort, Rhinocort Aqua, Sonid, Symbicort, Inflammide

Budesonide termasuk golongan kortikosteroid. Obat ini diproduksi dalam bentuk kapsul, tablet, obat semprot untuk hidung dan inhaler (diberikan melalui mulut).    

Budesonide (semprotan): digunakan untuk mengobati hidung yang gatal dan berair, bersin atau gejala yang disebabkan oleh alergi. Obat ini bekerja dengan cara mengurangi pembengkakan di saluran hidung.

Budesonide (inhaler): digunakan untuk mencegah terjadinya asma atau sesak nafas. Gunakan setiap hari untuk meredakan tingkat keparahan pada asma. Obat ini bekerja dengan cara mencegah peradangan di paru-paru. Sehingga, serangan asma juga berkurang.

Budesonide (tablet): digunakan untuk mengobati peradangan usus seperti (penyakit crohn, kolitis). Obat ini bekerja dengan cara mengurangi respons pertahanan alami tubuh. Obat ini pun dapat menurunkan gejala nyeri dan diare.

Budesonide (Budesonid)
Golongan

Kortikosteroid

Kategori Obat

Obat Resep

Bentuk Obat

Tablet, inhaler, semprot

Dikonsumsi oleh

Dewasa dan anak-anak

Kategori Kehamilan dan Menyusui

Kategori C (inhaler): Penelitian pada hewan percobaan menunjukkan efek buruk terhadap janin dan tidak ditemukan studi yang memadai pada manusia. Namun, mengingat efektivitasnya, penggunaannya dapat dipertimbangkan pada wanita hamil sekalipun berisiko.

Kategori B (hidung): Penelitian pada sistem reproduksi hewan percobaan tidak menunjukkan adanya risiko pada janin, namun tidak ada penelitian terkontrol yang telah dilakukan pada wanita hamil.

Dosis

Dosis bersifat individual. Pastikan untuk selalu berkonsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsi obat.

Asma

  • Dewasa: Sebagai aerosol dosis terukur: 400 mcg setiap hari dalam 2 dosis terbagi, dapat ditingkatkan hingga 1,6 mg setiap hari pada kasus yang berat. Dosis perawatan: 200-400 mcg setiap hari. Sebagai serbuk inhaler kering: 200-800 mcg setiap hari dalam dosis tunggal atau dalam 2 dosis terbagi. Max: 800 mcg dua kali sehari. Sebagai nebulizer/uap inhalasi: Asma berat: 1-2 mg dua kali sehari. Dosis sehari-hari: 0,5-1 tawaran mg.
  • Anak: umur 2-12 tahun Sebagai aerosol dosis terukur: 200-800 mcg setiap hari dalam dosis terbagi. Anak umur 5-12 tahun Sebagai serbuk inhaler kering: 200-800 mcg setiap hari dalam 2 dosis terbagi. 3 bulan sampai dengan 12 tahun Sebagai nebuliser/uap inhalasi: Awalnya, 0,5-1 mg bid. Dosis seterusnya: 0,25-0,5 mg dua kali sehari.

Polip Nasal

  • Dewasa: Sebagai semprotan dosis terukur (64 mcg atau 100 mcg / dosis): 1 semprotan ke setiap lubang hidung berfungsi hingga 3 bulan; sebagai alternatif, 2 semprotan ke setiap lubang hidung sekali sehari untuk persiapan yang mengandung 64 mcg / dosis.
  • Anak: umur lebih dari 6 tahun dosis sama seperti orang dewasa.

Penyakit Crohn

  • Dewasa: Penyakit aktif: 9 mg sehari sebagai dosis tunggal sebelum sarapan atau dalam 3 dosis terbagi selama 30 menit sebelum makan hingga 8 minggu, kurangi dosis 2-4 minggu sebelum menghentikan terapi. Penyakit aktif yang berulang: Dapat dilakukan secara berulang kursus 8-minggu. Pemeliharaan remisi: 6 mg sekali sehari, hingga 3 bulan; kurangi dosis secara bertahap sebelum menghentikan pengobatan.

Kolitis ulseratif

  • Dewasa: Sebagai retensi enema: 2 mg dalam 100 mL diberikan setiap hari pada waktu tidur selama 4 minggu, dapat diperpanjang hingga 8 minggu jika pasien dalam keadaan remisi setelah kursus 4-minggu awal. Sebagai busa dubur: 2 mg sekali sehari. untuk 6-8 minggu.

Aturan pakai Budesonide dengan benar

Baca petunjuk penggunaan Budesonide atau ikuti saran dari dokter terlebih dahulu, sebelum Anda memakainya. Jika memiliki pertanyaan, ajukan langsung kepada dokter Anda.

  • Obat semprot budesonide. obat ini digunakan di hidung. Disemprotkan 1-2 kali di lubang hidung atau sesuai arahan dari dokter. Untuk menggunakan semprotan ini, tekan salah satu lubang hidung hingga tertutup dengan jari. Miringkan kepala Anda sedikit ke depan dan jaga botol tetap tegak. Berhati-hatilah saat memasukkan aplikator hidung ke lubang hidung lainnya. Tekan kuat pompa untuk menghasilkan semprotan yang dikehendaki. Bernapaslah dengan lembut melalui hidung, dan jaga mulut tetap tertutup. Jangan semprot langsung ke dinding tengah hidung. Setelah penyemprotan, lepaskan ujung aplikator dan miringkan kepala selama beberapa detik. Langkah ini memungkinkan obat menyebar ke belakang hidung.
  • Obat tablet budesonide. konsumsi obat ini dengan makan maupun tanpa makanan, atau ikuti saran dari dokter. Jangan menghancurkan atau mengunyahnya, karena hal itu dapat meningkatkan risiko efek samping. Gunakan obat ini sesuai saran dari dokter. Jangan melebihi dosis atau menggunakannya dalam jangka waktu lama.
  • Obat inhaler budesonide. obat ini digunakan melalui tarikan napas dari mulut, 1-2 kali sehari, atau sesuai petunjuk dokter. Ketika menghirup obat ini, bernapaslah dengan tenang. Gunakan obat ini secara teratur untuk mendapatkan manfaatnya. Jangan berhenti menggunakan ini. Jika penggunaan obat dihentikan, bisa timbul asma dan alergi yang lebih buruk.

Efek Samping

Setiap pemakaian obat selalu mempunyai efek samping tertentu. Efek samping belum tentu terjadi di setiap pemakaian obat. Namun, efek samping yang berlebihan harus langsung ditangani tenaga medis.

Obat tablet budesonide dapat menyebabkan efek samping seperti mual, nyeri hulu hati, dan sakit kepala. Jika efek samping memburuk, segera hubungi dokter untuk mendapatkan penanganan medis.

Obat semprot budesonide dapat menyebabkan efek samping seperti batuk, bersin, dan mimisan. Jika efek samping memburuk, segera hubungi dokter untuk mendapatkan penanganan medis.

Obat inhaler budesonide dapat menyebabkan efek samping seperti tenggorokan kering, perubahan suara, pilek, mimisan, serta rasa tidak enak di mulut. Jika efek samping memburuk, segera hubungi dokter untuk mendapatkan penanganan medis.

Ada beberapa efek samping lain yang belum tercatat Jika Anda mengalami efek lain, tanyakan kepada tenaga medis.

Peringatan

Berkonsultasilah dengan dokter terlebih dahulu, atau jika Anda memiliki kondisi medis seperti:

  • Diabetes
  • Masalah lambung
  • Pengeroposan tulang
  • Tekanan darah tinggi
  • Masalah mata (untuk obat semprot)

Jangan mengonsumsi obat ini jika mempunyai kondisi medis seperti:

  • Serangan asma akut yang membutuhkan tindakan intensif (untuk oral inhalasi)
  • Masalah rektal: sirosis hati

Informasi lebih lengkap bisa dilihat melalui kemasan.

Interaksi

Interaksi pada obat mungkin akan terjadi jika Anda mengonsumsi beberapa obat secara bersamaan. Jika ingin menggunakan obat secara bersamaan, harap berkonsultasi dengan dokter Anda. Dokter akan mengganti dosisnya jika harus digunakan secara bersamaan dengan obat lain.

Mengonsumsi obat Budesonide dengan obat lain secara bersamaan dapat menyebabkan beberapa interaksi seperti:

  • Penurunan efektivitas secara sistemik, jika mengonsumsinya bersamaan dengan carbamazepine
  • Peningkatan efek samping, jika mengonsumsinya bersamaan dengan ketoconazole

Informasi yang diberikan bukan sebagai pengganti konsultasi medis langsung dengan dokter atau mengarahkan pemakaian obat dengan merek tertentu. Pemakaian obat harus dengan resep dokter. Ketersediaan obat tergantung pada indikasi yang disetujui BPOM.

Penyakit
Referensi

Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/drugs-supplements/budesonide-nasal-route/before-using/drg-20074729.
Diakses pada 23 Oktober 2018

Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/drugs-supplements/budesonide-inhalation-route/before-using/drg-20071233
Diakses pada 23 Oktober 2018

Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/drugs-supplements/budesonide-oral-route/proper-use/drg-20073233
Diakses pada 23 Oktober 2018

MIMS. http://mims.com/indonesia/drug/info/budesonide
Diakses pada 23 Oktober 2018

WebMD. https://www.webmd.com/drugs/2/drug-75132-6245/budesonide-inhalation/budesonide-suspension-for-nebulizer-inhalation/details
Diakses pada 23 Oktober 2018

WebMD. https://www.webmd.com/drugs/2/drug-77983/budesonide-nasal/details
Diakses pada 23 Oktober 2018

WebND. https://www.webmd.com/drugs/2/drug-22008/budesonide-oral/details
Diakses pada 23 Oktober 2018

FDA

Artikel Terkait:
Back to Top