Boric acid atau asam borat merupakan obat tetes untuk meringankan iritasi pada mata
Boric Acid merupakan obat tetes mata untuk meringankan iritasi

Asam borat merupakan salah satu bahan yang sering ditemukan di obat tetes mata. Komponen utama asam borat adalah elemen boron. Asam borat merupakan asam lemah dan memiliki khasiat antiseptik ringan. Namun, beberapa preparat asam borat dapat menyebabkan iritasi kulit dan beracun jika tertelan. Obat tetes mata yang mengandung asam borat berfungsi untuk membersihkan, menyegarkan, dan meringankan iritasi mata. Obat ini juga dapat membersihkan benda asing, polusi udara atau air klorin dari mata.

Boric Acid (Asam borat)
Golongan

Obat tetes mata

Kategori obat

Obat resep

Bentuk sediaan obat

Tetes mata

Dikonsumsi oleh

Dewasa

Kategori kehamilan dan menyusui

Kategori N:Tidak ada penelitian terkontrol pada wanita, atau tidak ada penelitian pada wanita hamil atau hewan. Penelitian menunjukkan bahwa obat ini tidak menimbulkan risiko minimal pada bayi ketika digunakan selama menyusui.

Dosis obat

Asam borat digunakan sebagai antiseptik ringan untuk mengobati peradangan kelopak mata. Biasanya asam borat tersedia dalam bentuk larutan 0,05%. Untuk dosis dan penggunaan, ikuti instruksi dari dokter.

Salep mata yang mengandung Asam borat 10% dapat digunakan sebagai antiseptik ringan, dan dioleskan di kelopak bawah mata 1-2 kali sehari.

Obat ini hanya untuk penggunaan di mata dan bukan untuk diminum. Ikuti petunjuk yang tertulis di label. Jangan menggunakan larutan yang keruh atau berubah warna. Jika anda menggunakan lensa kontak, lepaskan terlebih dahulu sebelum meneteskan obat ini dan biarkan selama 5 menit.

Simpan obat pada suhu ruangan dan buang sisa obat yang belum terpakai setelah tanggal kadaluarsa yang tertulis pada label.

Obat ini dapat menimbulkan efek samping sebagai berikut:

Jika terdapat efek samping luka di dalam atau daerah yang mendekati mata, segera hubungi dokter. Selain itu, konsultasi juga jika nyeri mata atau iritasi bertambah parah atau tidak membaik.

Jangan menggunakan lensa kontak saat meneteskan obat tetes mata yang mengandung asam borat. Obat ini dapat mengandung zat yang dapat diserap oleh lensa kontak sehingga terjadi perubahan warna. Obat ini hanya untuk penggunaan pada mata. Hindari masuknya obat ini pada mulut, hidung, telinga, serta luka pada kulit.

Kontraindikasi

Penggunaan asam borat merupakan kontraindikasi pada anak-anak yang berusia di bawah 2 tahun.

Interaksi dengan obat lain jarang terjadi. Jangan menggunakan obat mata lain tanpa konsultasi ke dokter sebelumnya.

Informasi yang diberikan bukan sebagai pengganti konsultasi medis langsung dengan dokter, atau mengarahkan pemakaian obat dengan merek tertentu. Pemakaian obat harus dengan resep dokter. Ketersediaan obat tergantung pada indikasi yang disetujui Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

MIMS.https://www.mims.com/indonesia/drug/info/boric%20acid?mtype=generic
Diakses pada 04 Januari 2018

Healthline. https://www.healthline.com/health/boric-acid-eye-wash#benefits
Diakses pada 04 Januari 2018

MyClevelandclinic.https://my.clevelandclinic.org/health/drugs/19644-boric-acid-eye-solution
Diakses pada 04 Januari 2018

RXWiki. https://www.rxwiki.com/boric-acid
Diakses pada 04 Januari 2018

Artikel Terkait