Benzoyl peroxide digunakan untuk mengobati jerawat yang ringan hingga sedang dengan cara mengurangi jumlah bakteri.
Benzoyl peroxide digunakan untuk mengobati jerawat yang ringan hingga sedang dengan cara mengurangi jumlah bakteri.

Benzolac, Acnebenz, Benzasil, Benzolac CI, Benzasil-Cl, Polybenza AQ

Benzoyl peroxide digunakan untuk mengobati jerawat yang ringan hingga sedang. Obat ini bekerja dengan cara mengurangi jumlah bakteri penyebab jerawat, kulit kering dan mengelupas.

Benzoyl Peroxide (Benzoil peroksida)
Golongan

Antijerawat

Kategori obat

Obat Resep dan bebas

Bentuk sediaan obat

Gel

Dikonsumsi oleh

Dewasa dan anak-anak

Kategori kehamilan dan menyusui

Kategori C: Penelitian pada hewan percobaan menunjukkan efek buruk terhadap janin dan tidak ditemukan studi yang memadai pada manusia. Namun, mengingat efektivitasnya, penggunaannya dapat dipertimbangkan pada wanita hamil sekalipun berisiko.

Dosis obat

Dosis bersifat individual. Pastikan untuk selalu berkonsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsi obat.

Acne/Jerawat

  • Dewasa: Sebagai dosis awal, 2,5-10%. Oleskan 1-2 kali sehari setelah membersihkan wajah. Secara bertahap dapat ditingkatkan menjadi 3 kali sehari jika diperlukan. Sebagai pembersih: Cuci 1-2 kali sehari.
  • Anak: umur lebih dari 12 tahun sama seperti dosis dewasa.

Baca cara pemakaian benzoyl peroxide terlebih dahulu, sebelum Anda memakainya. Jika memiliki pertanyaan, ajukan langsung kepada dokter Anda.

Sebelum menggunakan obat ini, berkonsultasilah dengan dokter terlebih dahulu. Tujuannya, untuk mengetahui risiko alergi pada tubuh Anda. Jika Anda memiliki reaksi alergi, hentikan penggunaan produk ini dan segera cari bantuan medis.

Obat ini hanya digunakan pada kulit. Jangan gunakan obat ini dalam atau sekitar mata, bibir, dalam hidung, maupun pada area kulit yang rusak karena dapat menyebabkan iritasi.

Oleskan Benzoyl peroxide di daerah kulit berjerawat selama 3 hari. Jangan menggunakan obat ini pada daerah kulit yang terbakar atau terbakar sinar matahari, maupun pada luka terbuka, kecuali jika ada rekomendasi dokter.

Untuk menggunakan krim, gel, lotion, busa, lakukan langkah berikut ini.

  • Sebelum mengaplikasikan, cucilah area yang berjerawat dengan sabun dan air, atau dengan pembersih ringan. Kemudian, tepuk-tepuk perlahan dengan handuk.
  • Terapkan obat yang cukup untuk menutupi area yang berjerawat, dan gosok dengan lembut.

Setiap pemakaian obat selalu mempunyai efek samping tertentu. Efek samping belum tentu terjadi di setiap pemakaian obat. Namun, efek samping yang berlebihan harus langsung ditangani oleh tenaga medis.

Penggunaan benzoyl peroxide akan menimbulkan reaksi kulit seperti mengelupas, gatal, iritasi memerah. Jika salah satu efek ini memburuk, segera hubungi dokter.

Ada beberapa efek samping lain yang belum tercatat. Jika Anda mengalami efek samping selain yang dijelaskan di atas, tanyakan kepada tenaga medis.

Berkonsultasilah dengan dokter terlebih dahulu sebelum menggunakan obat ini, atau jika Anda memiliki kondisi medis seperti:

  • Alergi benzoil peroksida

Jangan mengonsumsi obat ini jika mempunyai kondisi medis seperti:

  • Hipersensitiv

Informasi lebih lengkap bisa dilihat melalui kemasan.

Interaksi pada obat mungkin akan terjadi jika mengonsumsi beberapa obat secara bersamaan. Jika ingin menggunakan obat secara bersamaan, harap berkonsultasi dengan dokter Anda. Dokter akan mengganti dosisnya jika memang harus digunakan secara bersamaan dengan obat lain.

Beberapa obat di bawah ini dapat menyebabkan interaksi jika dikonsumsi secara bersamaan seperti:

  • Kulit sementara akan berubah warna seperti rambut wajah (kuning / oranye) dengan produk-produk yang mengandung sulfonamide.
  • Berkurangnya efikasi dan meningkatnya iritasi jika diberikan secara bersamaan dengan tretinoin, isotretinoin dan tazarotene.

Informasi yang diberikan bukan sebagai pengganti konsultasi medis langsung dengan dokter atau mengarahkan pemakaian obat dengan merek tertentu. Pemakaian obat harus dengan resep dokter. Ketersediaan obat tergantung pada indikasi yang disetujui BPOM.

Ditinjau oleh: dr Anandika Pawitri

BPOM. http://pionas.pom.go.id/monografi/benzoil-peroksida 
Diakses pada 19 Oktober 2018

Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/drugs-supplements/benzoyl-peroxide-topical-route/description/drg-20062425
Diakses pada 19 Oktober 2018

MIMS. http://mims.com/indonesia/drug/info/benzoyl%20peroxide
Diakses pada 19 Oktober 2018

WebMD. https://www.webmd.com/drugs/2/drug-1344/benzoyl-peroxide-topical/details
Diakses pada 19 Oktober 2018

Artikel Terkait