Alfabet
# A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z

Attapulgite (Alias: Attapulgite)

Terakhir ditinjau oleh dr. Irene Gabriela, M.Gizi
Attapulgite dapat digunakan untuk mengobati diare
Penderita diare dapat mengalami dehidrasi karena hilangnya cairan dalam tubuh dengan cepat

Merk dagang yang beredar:

Akita, Atagip, Arcapec, Biodiar, Coro-Sorb, Diapecta, Diagit, Entrostop, Licopec, Molagit, Neo Diagon, Neo Enterodine, Neo Koniform, New Antides, Neo Diastop, New Diatabs, Pularex, Salfaplas, Selediar, Teradi, Tagyt

Attapulgite merupakan obat yang digunakan untuk mengobati diare. Obat ini bekerja menyerap air sehingga tinja akan menjadi lebih padat.

Attapulgite (Attapulgite)
Golongan

Antidiare

Kategori Obat

Obat bebas

Bentuk Obat

Tablet 

Dikonsumsi oleh

Dewasa dan anak-anak >6 tahun

Kategori Kehamilan dan Menyusui

Tidak ditemukan data penelitian pada binatang dan wanita hamil. Attapulgite hanya direkomendasikan untuk diberikan apabila manfaat melebihi risiko yang dapat timbul.

Dosis

Dosis diberikan oleh dokter berdasarkan kondisi medis. Dosis yang diberikan mungkin bervariasi berdasarkan kondisi individu. Selama pengobatan, dokter akan melihat respons terhadap pengobatan dan melakukan penyesuasian dosis bila diperlukan.

Oral
Diare

  • Dewasa dan anak lebih dari 12 tahun: 2 tablet setelah setiap buang air besar dengan maks. 12 tablet dalam 24 jam, 6-12 tahun: 1 tablet setelah setiap buang air besar, dengan maks. 6 tablet dalam 24 jam.

Aturan pakai Attapulgite dengan benar

Baca petunjuk di kemasan dan ikuti perintah dari dokter sebelum menggunakan obat attapulgite. Obat ini dapat dikonsumsi dengan atau tanpa makanan. Jangan menggunakan obat ini lebih lama dari yang disarankan oleh dokter. Beritahu dokter jika kondisi semakin memburuk atau tidak membaik.

Efek Samping

Efek samping dapat terjadi pada pemakaian obat-obatan. Jika terjadi efek samping yang berlebihan, sebaiknya segera mendapatkan penanganan medis. Efek samping yang umumnya terjadi pada pemakaian attapulgite, antara lain: sembelit, nyeri perut, kembung, mual, dan sakit kepala. Jika efek samping semakin memburuk, segera hubungi dokter untuk mendapatkan penanganan medis.

Ada beberapa efek samping lain yang belum terdaftar. Jika Anda mempunyai efek lain seperti di atas, tanyakan kepada dokter Anda.

Peringatan

Beritahukan dokter mengenai riwayat penyakit Anda sebelumnya, terutama bila Anda memiliki riwayat atau kondisi berikut:

Jangan mengonsumsi obat ini jika mempunyai kondisi medis seperti gagal ginjal atau hati yang parah. Informasi lebih lengkap bisa dilihat pada kemasan.

Interaksi

Interaksi mungkin akan terjadi jika mengonsumsi beberapa obat secara bersamaan dengan obat ini. Jika ingin menggunakan attapulgite secara bersamaan dengan obat lain, harap konsultasi ke dokter Anda. Dokter mungkin akan mengganti dosis obat tersebut jika memang harus digunakan secara bersamaan

Mengonsumsi obat attapulgite dengan obat lain secara bersamaan dapat menyebabkan beberapa interaksi, seperti:

  • Dapat menimbulkan efek antikolinergik dari antihistamin, antidepresan, antipsikotik, dan obat antiparkinson
  • Dapat mengurangi efek ipecacuanha dan emetik lainnya

Informasi yang diberikan bukan sebagai pengganti konsultasi medis langsung dengan dokter, atau mengarahkan pemakaian obat dengan merek tertentu. Pemakaian obat harus dengan resep dokter. Ketersediaan obat tergantung pada indikasi yang disetujui Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

Penyakit
Referensi

Drugs. https://www.drugs.com/cdi/attapulgite-tablet.html
Diakses pada 28 Desember 2018.

MIMS. https://www.mims.com/indonesia/drug/info/new%20diatabs/?type=brief
Diakses pada 28 Desember 2018.

Artikel Terkait:
Back to Top