Acifar cream, Matrovir 400, Zovirax cream, Temiral

Acyclovir topical adalah obat pemakaian luar golongan antivirus. Acyclovir topical digunakan untuk menangani gejala infeksi virus herpes simpleks pada kulit, membran mukosa, dan kelamin.

Acyclovir Topical (-)
Golongan

Antivirus

Kategori obat

Obat dengan resep (obat keras)

Bentuk sediaan obat

Krim, salep

Dikonsumsi oleh

Dewasa dan anak 12 tahun ke atas

Kategori kehamilan dan menyusui

Kategori B: Penelitian pada sistem reproduksi binatang percobaan tidak memperlihatkan adanya risiko terhadap janin, namun penelitian terkontrol pada wanita hamil belum dilakukan. Atau penelitian terhadap reproduksi binatang percobaan memperlihatkan adanya efek samping obat (selain penurunan fertilitas) yang tidak diperlihatkan pada penelitian terkontrol pada wanita hamil trimester I (dan tidak ada bukti mengenai risiko pada trimester berikutnya).

Dosis obat

Dosis setiap orang pasti berbeda-beda. Pastikan untuk selalu berkonsultasi dengan dokter sebelum menggunakan atau mengonsumsi obat.

Herpes Simpleks Labialis

  • Mulai gunakan obat sesegera mungkin saat lesi muncul
  • Dewasa imunokompeten (tidak punya masalah dengan imunitas tubuh): Acyclovir cream 5%, oleskan pada area wajah atau bibir yang mengalami lesi sebanyak 5 kali sehari selama 4 hari
  • Anak-anak: Acyclovir cream 5%, oleskan pada area wajah atau bibir yang mengalami lesi sebanyak 5 kali sehari selama 4 hari

Herpes Simpleks (Herpes Kelamin)

  • Mulai gunakan obat sesegera mungkin saat lesi muncul
  • Banyaknya salep yang digunakan per kali pakai tergantung dari luasnya area lesi
  • Sebaiknya menggunakan sarung tangan saat mengoleskan salep untuk menghindari penyebaran infeksi ke area tubuh yang lain atau ke orang lain
  • Dewasa imunokompeten dan Herpes simpleks mukokutan pada penderita immunocompromised (terdapat gangguan pertahanan tubuh): Acyclovir salep 5%, oleskan salep pada area yang mengalami lesi 6 kali per hari (oleskan tiap 3 jam) selama 7 hari

Selalu ikuti anjuran dari dokter atau baca petunjuk di kemasan Acyclovir topical sebelum penggunaan.

Pemakaian obat umumnya memiliki efek samping tertentu dan bersifat individual. Jika terjadi efek samping yang berlebih, harus segera ditangani oleh tenaga medis.

Acyclovir topical dapat menyebabkan efek samping yang meliputi:

  • Efek samping sering: sensasi seperti terbakar atau tersengat ada kulit
  • Efek samping jarang: gatal-gatal
  • Efek samping langka: rasa gatal, sensasi seperti terbakar dan kemerahan pada area kelamin, ruam kulit

Ada beberapa efek samping lain yang mungkin belum terdaftar. Jika Anda mempunyai efek samping selain dari yang terdaftar di atas, segera konsultasikan ke dokter Anda.

Beritahukan dan konsultasikan dengan dokter mengenai riwayat penyakit Anda sebelumnya, terutama bila Anda memiliki riwayat atau kondisi berikut:

  • Anak berusia kurang dari 12 tahun
  • Herpes genital pada orang berusia kurang dari 18 tahun
  • Memiliki riwayat alergi terhadap Acyclovir topical dan alergi lain
  • Sedang hamil atau menyusui

Kontraindikasi

Jangan menggunakan Acyclovir topical jika Anda mempunyai kondisi medis di bawah ini:

  • Alergi terhadap Acyclovir atau Penciclovir dan analognya

Interaksi obat mungkin terjadi jika Anda menggunakan atau mengonsumsi beberapa obat secara bersamaan. Pastikan untuk selalu berkonsultasi dengan dokter Anda sebelum menggunakannya. Bila perlu, dokter mungkin akan mengurangi dosis atau mengganti obat dengan alternatif obat lainnya.

Obat yang dapat menyebabkan interaksi:

  • Talimogene laherparepvec (obat untuk mengobati kanker kulit)

Informasi yang diberikan bukan sebagai pengganti konsultasi medis langsung dengan dokter atau mengarahkan pemakaian obat dengan merk tertentu. Pemakaian obat harus dengan resep dokter. Ketersediaan obat tergantung pada indikasi yang disetujui BPOM.

Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/drugs-supplements/acyclovir-topical-route/description/drg-20061579
Diakses 12 Agustus 2019

Drugs. https://www.drugs.com/dosage/acyclovir-topical.html
Diakses 12 Agustus 2019

WebMD. https://www.webmd.com/drugs/2/drug-5231-432/acyclovir-topical/acyclovir-cream-topical/details/list-contraindications
Diakses 12 Agustus 2019

Artikel Terkait