Cari berdasarkan abjad
# A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z

Abbotic tablet 500 mg

Ditulis oleh Giasinta Angguni Pranandhita
Golongan Merah Obat keras: diharuskan menggunakan resep dokter.
HET Rp 452.907/strip (10 tablet) per April 2019
Kemasan 1 box isi 3 strip @ 10 tablet (500 mg)
Produsen Abbott Indonesia

Deskripsi

Abbotic adalah antibiotik makrolida semi-sintetik yang diperoleh dengan menggantikan gugus hidroksil pada posisi 6 dengan gugus CH3O dalam cincin laktonik erythromycin.

Indikasi (manfaat)

Digunakan pada pengobatan infeksi ringan hingga sedang disebabkan oleh strain mikroorganisme yang rentan dalam kondisi infeksi saluran pernapasan atas, infeksi saluran pernapasan bawah, infeksi kulit dan struktur kulit yang tidak rumit akibat staphylococcus aureus/streptococcus pyogenes.

Komposisi

Clarithromycin 500 mg

Dosis

Dosis yang disarankan: 2 x 250 mg/hari.

Infeksi yang lebih parah: 2 x 500 mg/hari.

Durasi terapi yang biasa adalah 7 hingga 14 hari.

Cara penggunaan

Harus dikonsumsi bersamaan dengan makanan, telan utuh dan jangan dikunyah atau dihancurkan. Tablet tidak boleh dipotong atau dibelah dua.

Peringatan

Efek samping

Keluhan terkait pencernaan, sakit kepala, perubahan rasa dan peningkatan enzim hati sementara, peningkatan kreatinin serum, glutaryl transferase. reaksi alergi. Efek samping SSP transien, glossitis, stomatitis, monillia oral, perubahan warna lidah dan perubahan warna gigi reversibel, hipoglikemia, trombositopenia, disfungsi hati.

Kontraindikasi (jangan dikonsumsi pada kondisi)

Hipersensitif terhadap obat antibiotik makrolida, pasien terapi terfenadine yang memiliki kelainan jantung sebelumnya atau gangguan elektrolit.

Perhatian

Penderita gangguan fungsi hati, pasien gangguan ginjal sedang hingga berat. Penggunaan klaritromisin yang berkepanjangan atau berulang dapat menyebabkan pertumbuhan berlebih bakteri atau jamur yang tidak rentan serta kemungkinan resistansi silang antara klaritromisin dan obat-obatan makrolida lainnya, serta lincomycin dan clindamycin.

Interaksi (jangan diberikan bersamaan dengan)

Theophylline, carbamazepine, drugs metabolized by the CYP450, terfenadine, astemizole, zidovudine, dideoxyinosine, digoxin.

MIMS. https://www.mims.com/indonesia/drug/info/abbotic-abbotic%20granule-abbotic%20xl/?type=brief
Diakses pada 1 April 2019

Back to Top