Cari berdasarkan abjad
# A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z

Abbotic granul 60 ml

Ditulis oleh Maria Yuniar
Golongan Merah Obat keras: diharuskan menggunakan resep dokter.
HET Rp 232.179/botol per April 2019
Kemasan 1 botol @ 60 ml
Produsen Abbott Indonesia

Deskripsi

Abbotic adalah obat untuk infeksi saluran pernapasan atas, infeksi saluran pernapasan bawah (bronkitis, pneumonia), otitis media akut, infeksi struktur kulit (impetigo, folikulitus, selulitis, abses). Abbotic mengandung klaritromisin yang merupakan bentuk dosis oral klaritromisin yang terutama digunakan untuk anak-anak dengan kalium sorbat 0,4% b/b sebagai pengawet.

Indikasi (manfaat)

Digunakan pada perawatan infeksi karena organisme yang rentan, dalam kondisi berikut: infeksi saluran pernapasan atas (faringitis streptokokus), infeksi saluran pernapasan bawah (bronkitis, pneumonia), otitis media akut, infeksi struktur kulit dan kulit (impetigo, folikulitis, selulitis, abses).

Komposisi

Tiap 5 ml: clarithromycin 125 mg, kalium sorbt 0.4% w/w

Dosis

Dosis umum: 2x7.5 mg/kg berat badan/hari.

Anak-anak 1 tahun ke atas: 2x/hari atau sesuai petunjuk dokter.

Dosis berdasarkan berat badan:
8-11 kg: 0.5
12-19 kg: 1.0
20-29 kg: 1.5
30-40 kg: 2.0

Cara penggunaan

Dikonsumsi dengan dan tanpa makanan atau dengan susu lalu untuk mendapatkan 60 ml suspensi tambahkan air minum 32 ml, tutup botol dan kocok dengan cermat.

Peringatan

Efek samping

Keluhan terkait pencernaan, sakit kepala, perubahan rasa dan peningkatan enzim hati sementara, peningkatan kreatinin serum, glutaryl transferase, reaksi alergi, efek samping SSP transien, glossitis, stomatitis, monillia oral, perubahan warna lidah dan perubahan warna gigi reversibel, hipoglikemia, trombositopenia, disfungsi hati.

Kontraindikasi (jangan dikonsumsi pada kondisi)

Hipersensitif terhadap obat antibiotik makrolida, pasien terapi terfenadine yang memiliki kelainan jantung sebelumnya atau gangguan elektrolit.

Perhatian

Pasien usia post-pubertas, dokter harus hati-hati menimbang manfaat terhadap risiko ketika kehamilan antara kehamilan yang masih di duga atau sudah di konfirmasi.

Interaksi (jangan diberikan bersamaan dengan)

Theophylline, carbamazepine, obat yang dimetabolisme oleh CYP450, terfenadine, astemizole, zidovudine, dideoxyinosine, digoxin.

MIMS. https://www.mims.com/indonesia/drug/info/abbotic-abbotic%20granule-abbotic%20xl/?type=brief
Diakses pada 1 April 2019

Back to Top