13 Oct 2021, 16:35Psikologi

cara menangani gelisah

CO
Info Penanya: CO0
Halo dok, bagaimana cara mengurangi rasa gelisah yang berlebih, contoh ny seperti selalu berfikiran yang mungkin saja tidak terjadi tapi saya selalu memikirkan itu terus, bagaimana cara mengatasi nya dok.
101 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Evelin Kwandang
(0)
Halo C,Rasa cemas ata gelisah sebenarnya normal dialami setiap orang. Keluhan ini umum terjadi jika Anda sedang mengalami tekanan atau memiliki beban pikiran yang tidak dapat Anda selesaikan. Gelisah atau cemas berlebihan jika tidak ditangani tentu akan menganggu aktivitas sehari-hari. Jika gelisah disebabkan oleh hal yang menyebabkan Anda menyesal, sebaiknya tindakan tersebut tidak Anda ulangi. Atau jika Anda merasa gelisah setelah melakukan kesalahan, maka hindari agar kesalahan tiak terulang karena bisa saja suatu saat kesalahan yang Anda lakukan tersebut mempertaruhkan masa depan Anda.

Mengatasi gelisah berlebih :

  • Melakukan aktivitas yang produktif, misalnya olahraga setiap hari
  • Lakukan relaksasi pikiran dengan meditasi.
  • Bercerita dengan orang yang dipercaya terkait kegelisahan yang dialami sehingga orang tersebut dalam membantu Anda lebih tenang serta membantu Anda menghindari penyebab gelisah
Jika kegelisahan tidak juga dapat membaik dengan cara diatas, lakukan konsultasi dengan psikiater.  Jika Anda sudah tau penyebab gelisah ini maka sangat penting untuk mejauhi penyebab tersebut agar kegelisahan tidak semakin menjadi-jadi terutama jika kegelisahan ini disebabkan oleh tindakan yang melanggar normal atau moral.
Salam sehat
dr. Evelin Kwandang
kesehatan mentalgangguan kecemasangangguan psikologis
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil