Yoga setelah melahirkan? Apa aman?

RK Info Penanya: RK, Wanita, 30 Tahun
Selamat sore Dokter,Saya ingin bertanya, kapan bisa kembali Yoga setelah enam bulan yang lalu saya melahirkan secara caesar? Dan apa normal jika keadaan saat ini perut bagian bawah pusat agak membesar? Terima kasih.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Salam sehat Ibu RK,

 

Setelah melahirkan memang kondisi perut dan alat reproduksi wanita membutuhkan waktu untuk pulih seperti saat sebelum melahirkan. Pembesaran rahim karena bayi yang besar, menyebabkan rahim dan otot perut membesar sampai maksimal sehingga setelah melahirkan otot dan kulit perut membutuhkan waktu juga untuk kembali pulih. Pembesaran dibawah pusar kemungkinan akibat otot dan kulit perut yang masih belum kencang.

Bila melahirkan secara normal (pervaginam) maka setelah 8 minggu atau 2 bulan Ibu sudah dapat mulai melakukan latihan yoga ringan yang khusus untuk Ibu setelah melahirkan.

Untuk melahirkan dengan operasi caesar, dibutuhkan waktu lebih lama karena tubuh lebih lama pulih dari luka akibat operasi caesar. Setalah 6 bulan, bila Ibu merasa sanggup maka Ibu dapat melakukan olah raga seperti jalan kaki berenang, dan yoga

Selalu diawali dengan konsultasikan dulu ke Dokter kandungan (SpOG) untuk memastikan lukan operasi telah sembuh dan Ibu boleh melakukan olahraga. Konsultasikan juga dengan instruktur yoga yang berpengalaman dan lakukan yoga semampunya saja jangan dipaksakan, dan gerakan yoga yang aman untuk Ibu setelah melahirkan dengan operasi.

Untuk awal, lakukan dengan repetisi yang tidak begitu banyak dengan mempertahankan posisi dengan tidak begitu lama.  Untuk Ibu yang melahirkan secara operasi, maka berat badan memang lebih lama kembali dibanding melahairkan secara normal.

Olahraga berat maka dapat dilakukan setelah masa menyusui selesai yaitu setelah 1 tahun.

Nikmati saat bersama buah hati dan syukuri peran baru sebagai mama, karena hati Ibu yang bahagia merupakan faktor penting dalam pemulihan kesehatan Ibu dan Bayi.

 

Salam Sehat

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Infeksi rahim atau endometritis dapat berpengaruh pada kemampuan seorang perempuan untuk dapat hamil atau mempertahankan kehamilannya

Jika Dibiarkan, Infeksi Rahim Bisa Berpengaruh pada Kesuburan

Infeksi rahim atau endometritis dapat memengaruhi kesuburan. Infeksi rahim tidak mengancam nyawa, namun harus segera diobati umumnya dengan antibiotik.