Yang perlu dilakukan saat demam

NW Info Penanya: NW, Wanita, 2019 Tahun
yang pertama di lakukan saat demam.?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi NW,

Demam merupakan respon tubuh yang ditandai dengan peningkatan suhu tubuh diatas 37,5 derajat celcius. Untuk itu ketika merasa demam diperlukan untuk memeriksa suhu tubuh menggunakan termometer. Penyebab demam sendiri dapat beragam mulai dari infeksi pada tubuh seperti pada saluran napas, pada saluran pencernaan, pada saluran kemih, penyakit yang ditularkan melalui gigitan nyamuk dan lainnya. Penanganan yang dapat dilakukan untuk membantu menurunkan demam diantaranya adalah:

  • Minum lebih banyak air putih 
  • Lebih banyak beristirahat
  • Gunakan pakaian yang sejuk, hindari menggunakan pakaian tebal atau selimut tebal
  • Berada di ruangan sejuk
  • Mengompres diri menggunakan kompres air biasa atau air hangat, pada anak kompres dapat digunakan di lipatan-lipatan tubuh seperti leher, ketiak, atau sela paha
  • Mengonsumsi obat penurun demam seperti paracetamol

Jika timbul tanda bahaya seperti demam lebih dari 3 hari, demam tinggi, timbul tanda dehidrasi, sesak napas, kejang demam, mual atau muntah hebat, sakit kepala hebat maka perlu untuk segera mendapatkan penanganan di rumah sakit. Dokter juga akan melakukan serangkaian pemeriksaan untuk mencari tahu penyebab demam dan mengatasi penyebabnya.

Baca juga artikel kesehatan kami mengenai penurun panas alami. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Anak berusia 6 bulan-5 tahun berisiko mengalami kejang demam

Seberapa Bahaya Kejang Demam pada Anak?

Saat mengalami kejang demam, anak akan menjadi kaku, mengejang, dan matanya terbelalak. Anak juga akan mengalami gangguan pernapasan. Kondisi ini dapat terjadi pada anak berusia 6 bulan-5 tahun, meski paling sering pada anak berusia 12-18 bulan. Akan tetapi, hanya sebagian kecil anak-anak yang mengalami kejang demam.