Waspada dengan kondisi BBLR (berat bayi lahir rendah)

IK Info Penanya: IK
selamat siang, dok saya mengandung 35 minggu, kata dokter saya berat janin 1500-1900 gr.saya diminta untuk menahan berat badan janin, kira2 makanan apa saja yang perlu saya hindari ya dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore, I.

Terimakasih atas pertanyaan Anda. 

Perkembangan janin di usia kehamilan 35 minggu yaitu ukuran panjangnya 47,4 cm dan berat badan janin 2.6 kilogram. Kepala janin sudah mulai turun ke panggul, lingkar kepala janin sama ukurannya dengan ukuran perut janin. Janin juga akan melepas lanugo (rambut halus) dan lemak akan bertambah ke seluruh tubuh janin untuk menjaga agar janin tetap hangat.

Jika di usia kehamilan 35 minggu berat badan bayi dibawah 2500 gram, maka waspada terhadap bahaya BBLR (Berat Bayi Lahir Rendah). Masalah umum yang sering terjadi pada bayi berat lahir rendah adalah:

Untuk mencegah BBLR, dapat dilakukan:
  • Rutin melakukan perawatan prenatal di fasilitas kesehatan
  • Mengonsumsi makanan yang sehat selama kehamilan
  • Menghindari minum alkohol, rokok, obat-obatan yang kontraindikasi dengan ibu hamil

Dan jika bayi lahir dalam kondisi BBLR, kemungkinan besar akan masuk ruang perawatan khusus yaitu NICU (Neonatal Intensive Care Unit) dengan tempat tidur yang dapat dikontrol suhunya serta diberikan makan khusus melalui selang ke perut bayi. Untuk itu, Anda harus memastikan kembali berat badan janin Anda ke dokter kandungan apakah memang benar berat janin Anda 1500 - 1900 gram. Sebelum terlambat terjadinya berat bayi lahir rendah pada janin Anda.

Salam sehat,

dr. Ester

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Denyut nadi yang rendah pada bayi, dapat menjadi salah satu tanda asfiksia neonatorum

Ketahui Penyebab Asfiksia Neonatorum pada Bayi

Asfiksia neonatorum terjadi ketika bayi tidak mendapatkan cukup oksigen selama proses persalinan. Asfiksia neonatorum berat dapat memicu terjadinya kelainan akibat cedera otak, atau hipoksia-iskemik ensefalopati.