22 Jul 2021, 17:17Penyakit Lainnya

Wasir saya derajat berapa?

MA
Info Penanya: MA0
Halo dok. Saya wanita berumur 22 tahun. Sejak 4 tahun lalu saya mengalami wasir. Benjolan di bibir anus saya akan keluar saat saya jongkok atau menekuk kaki saya lalu saat saya berdiri benjolan tersebut bakal hilang tapi jika saya merenggangkan anus saya, benjolan tersebut masih teraba.. Untuk membantu sembelit saya, biasanya saya menggunakan microlax. Menurut dokter wasir saya termasuk jenis apa dan berada di derajat berapa?
104 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Pany
(0)
Selamat malam MAWasir atau ambeien memiliki nama istilah kedokteran yaitu hemoroid. Kondisi ini muncul akibat pelebaran pembuluh darah vena karena tekanan berlebih yang sering dipicu oleh pola hidup yang buruk atau kondisi tertentu.

Derajat Keparahan Wasir

Resiko terkena wasir adalah bila sering mengalami sembelit, kehamilan, obesitas, lansia, mengedan kuat dan lama, merokok, atau genetik. Wasir memiliki tingkat atau derajat keparahan 1-4, yakni:
  • derajat 1 = tidak ada benjolan dari anus, tetapi bisa ada perdarahan atau nyeri
  • dearajt 2 = ada benjolan keluar masuk
  • derajat 3 = ada benjolan keluar dan perlu dimasukkan atau didorong masuk secara manual
  • derajat 4 = ada benjolan keluar dan tidak dapat kembali masuk

Mencegah Perburukan Wasir

Jadi kondisi wasir anda bisa kemungkinan pada derajat 2. Anda perlu merubah pola hidup yang sehat untuk mencegah bertambah beratnya derajat wasir.Yang bisa dilakukan adalah dengan memperbanyak asupan serat dan air putih, berolahraga rutin dan hindair menahan BAB atau mengedan terlalu lama. Anda perlu berkonsultasi ke dokter bedah terkait kondisi wasir anda yang lebih pasti dengan pemeriksaan lebih lanjut.Semoga bermanfaat Salam sehatdr. Pany
sembelitwasirhemorrhoidpola hidup sehat
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil