Wasir, apa saja gejalanya?

AD Info Penanya: AD, Wanita, 21 Tahun
Dok saya mau tanya dibagian dubur saya muncul ada semacam daging dan ketika saya bab pun keluar darah segar gitu terkadang sakit gtu kira" itu bahaya tidak ya dokApakah saya kena ambeien/ wasir?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, A

Terima kasih atas pertanyaan Anda

Wasir atau kerap disebut ambeyen adalah adanya pelebaran pada pembuluh dara pada area anus. Kondisi ini kerap terjadi pada orang dewasa dan usia lanjut. Berdasarkan lokasi daru pelebaran pembuluh darah pada anus yang mengalami pelebaran, wasir dibedakan menjadi 2 jenis yaitu internal dan eksternal.

Gejala dari wasir diantaranya adalah:

  • Nyeri pada area anus, terlebih saat BAB
  • Terdapat benjolan yang terasa mengganjal pada sekitar anus
  • Menetesnya darah segar di akhir BAB
  • Gatal pada area sekitar anus

Beberapa penyebab dari wasir ini disebabkan karena kurangnya asupan serat dari makanan yang dikonsumsi setiap harinya, kondisi kehamilan, kurangnya aktifitas fisik (terlalu lama duduk), atau juga bisa karena adanya masalah lain pada saluran pencernaan.

Untuk mengatasi wasir, bisa diberikan obat pelunak tinja, penghilang rasa nyeri, atau bahkan tindakan pembedahan bila diberlukan. Hal ini tergantung dari derajat keparahan dan kondisi wasir tersebut. Untuk itu, sebaiknya segera periksakan ke dokter spesialis bedah terdekat agar dilakukan pemeriksaan dan penatalaksanaan yang sesuai.

Saran yang dapat Anda lakukan untuk mencegah wasir adalah:

Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,

 

dr. Dian

 

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Salah satu gejala batu empedu adalah nyeri yang hebat di kanan atas perut

Gejala Batu Empedu yang Menyerang Saat Batu Bermuara di Saluran Empedu

Gejala batu empedu biasanya dirasakan pasien apabila batu berpindah dari kantung empedu ke saluran empedu. Gejala batu empedu di kondisi ini dapat berupa nyeri di perut bagian kanan atas, nyeri di punggung, hingga nyeri di bahu kanan.