Menstruasi setelah KB suntik apakah wajar?

SS Info Penanya: SS
Dok saya baru suntik kb, dan baru 15 hari saya menstruasi, apa kah itu wajar dok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi SS,

KB suntik adalah salah satu metode kontrasepsi yang umum digunakan dimana dapat diberikan setiap 1 bulan ataupun 3 bulan sekali. Metode ini memiliki keuntungan seperti tidak perlu dikonsumsi tiap hari, relatif murah dan memberikan perlindungan yang baik dari kehamilan.

Meskipun begitu KB suntik juga memiliki efek samping yang bisa timbul seperti menimbulkan gangguan menstruasi, perdarahan yang tidak normal, gangguan siklus menstruasi, peningkatan berat badan ataupun juga bisa memerlukan waktu untuk bisa kembali subur setelah mengehentikan KB. 

Jika setelah KB lalu menstruasi adalah hal yang wajar, tetapi jika menstruasi terjadi 2 kali dalam satu bulan atau lebih cepat dari 21 hari siklusnya dan juga perdarahan lebih dari 7 hari maka bisa dikatakan tidak normal. Hal ini bisa disebabkan karena efek samping dari KB dimana tubuh mengalami perubahan hormonal. 

Jika keluhan menetap dan mengganggu maka bisa dilakukan alternatif metode kontrasepsi lain yang lebih sesuai. Periksakan diri juga jika mengalami tanda menstruasi yang tidak normal agar bisa dilakukan penanganan. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
Dibalas oleh AO
16 Jan 2020, 14:48
Jual obat aborsi asli 100 persen original cytotec di bekasi whatsapp 0821 4469 1900Obat cytotec telah mampu dan di percayai ampuh gugurkan kandungan usia 1 -7 bulan tuntas dengan aman dan bersih
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Salah satu manfaat kondom adalah untuk mencegah penularan penyakit kelamin

5 Manfaat Kondom bagi Kesehatan Anda dan Pasangan

Kondom sering kali digunakan untuk mencegah kehamilan, selain itu manfaat kondom juga dapat mencegah penularan penyakit kelamin seperti sifilis.