20 Jun 2021, 08:43Mata

Warna mata bayi baru lahir kenapa abu-abu?

OB
Info Penanya: OB0
Hai dok, saya wanita usia 32 tahun , saya baru saja melahir kan anak kedua tgl 15 Juni 2021 kemarin, anak saya lahir dengan sehat dengan BB 3.3kg dan Panjang 50cm , jenis kelamin perempuan, namun saya bingung mengapa warna mata anak saya abu2 dan ada sedikit gradasi warna biru gelap nya,padahal saya bukan keturunan bule, suami juga bukan, &tdkda keturunan bule sama sekali, apakah aman dok kondisi mata anak saya dengan warna yg berbeda dengan orang tua nya? Dan mengapa warna mata anak saya abu2?
668 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Evelin Kwandang
(0)
Halo O,Warna mata manusia tidak hanya dipengaruhi oleh faktor gen dari kedua orang tua melainkan juga dari paparan lingkungan terlebih pada bayi yang baru lahir. Bagian mata yang bernama iris, mengandung protein yang disebut melanin, yang dihasilkan oleh sel melanosit dan juga terdapat pada rambut dan kulit. Melanin merupakan sel pigmen sehingga dapat menyebabkan perubahan warna pada iris.

Perubahan warna mata pada bayi baru lahir

Sel melanosit akan semakin banyak menghasilkan melanin ketika mata terkena cahaya. Karena itu mata bayi yang baru lahir yang sel melanositnya belum aktif sepenuhnya dan belum banyak terpapar cahaya akan dihasilkan sedikit melanin yang berujung pada warna mata tampak abu-abu. Sel ini akan perlahan aktif mulai dari usia 3bulan hingga 6bulan sejak kelahiran, semakin banyak kandungan melanin di tubuh, maka semakin gelaplah warna mata.Ibu tidak perlu khawatir, seiring bertambahnya usia bayi dan semakin sering bayi terpapar cahaya maka akan semakin gelap pula warna matanya yang semula abu-abu menjadi coklat. Lakukan pemeriksaan pada dokter mata jika anak mengalami keluhan lebih lanjut pada matanya.Salam sehat
dr. Evelin Kwandang
tumbuh kembang bayikesehatan matagangguan mata
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil