Warna urine anak dua tahun

IA Info Penanya: IA, Pria
Apakah wajar ketika pipis anak 2 tahun berwarna kuning cerah kemudian berwarna kuning keputihan dan kental seperti sufor tapi agak kekuningan
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang IA,

Perubahan warna urine adalah salah satu gejala yang bisa menjadi penanda adanya gangguan pada saluran kemih. Perubahan warna urine juga dipengaruhi dari asupan cairan dimana bisa mengindikasikan seseorang apakah cukup minum atau tidak. Selain itu warna urine juga bisa dipengaruhi oleh asupan obat ataupun vitamin yang bisa membuat urine menjadi kekuningan, merah ataupun perubahan warna lain.

Selain perubahan warna urine perlu juga diperhatikan adanya gejala lain yang timbul pada anak seperti misalnya rasa nyeri saat berkemih, anak menjadi lebih sering berkemih, ataupun rasa nyeri pada perut yang bisa menjadi pertanda adanya gangguan di saluran kemih salah satunya infeksi saluran kemih ataupun gangguan pada ginjal.

Untuk itu ada baiknya memeriksakan anak pada dokter spesialis anak untuk memastikan penyebabnya dimana nantinya akan dilakukan pemeriksaan fisik dan pemeriksaan tambahan seperti lab darah, tes urine, USG ataupun pemeriksaan lain yang diperlukan. Upayakan juga agar anak Anda banyak minum, tidak menahan keinginan untuk buang air, dan ajarkan upayakan menjaga kebersihan area sekitar organ intim anak terutama saat membasuh ketika selesai buang air agar tidak terkontaminasi bakteri dari anus. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Menahan buang air kecil dapat menimbulkan batu di kandung kemih

3 Bahaya Menahan Buang Air Kecil Saat Perjalanan Mudik

Kemacetan saat mudik membuat seseorang menahan buang air kecil untuk waktu yang lama. Padahal, terdapat bahaya menahan buang air kecil saat mudik yaitu dapat meningkatkan risiko terjadinya infeksi kandung kemih.