27 Dec 2020, 20:17Kulit & Kelamin

Kulit menjadi putih dan berair setelah terkena lem tembak apakah normal?

MM
Info Penanya: MM0
Halo dok, saat saya sedang menggunakan lem tembak, tidak sengaja lelehannya terkena tangan saya. Saya panik dan langsung mencucinya dengan air, kemudian setelah mengupas lemya saya tekan es di lukanya. tetapi kulit luarnya terkelupas dan bagian bawah kulit tersebut terlihat berwarna putih dan terkadang ada cairan di area itu. Saya masih merasakan nyeri dari kulit di sekitarnya, tapi bagian putih tersebut tidak sakit saat ditekan. Apakah itu normal? Bagaimana menyembuhkannya?
6296 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Pany
(0)
Selamat siang MKulit merupakan organ terluas pada tubuh manusia dan merupakan barier pertama untuk perlindungan dari berbagai infeksi. Pada kulit bisa terjadi trauma atau cedera karena suatu benda panas, tajam, tumpul, atau cairan keras.

Luka Bakar Pada Kulit

Pada kulit yang terkena lem tembak, lapisan kulit bisa rusak akibat suhu panas pada lem yang mencair. Bagian kulit yang terkena lem panas bisa menyebabkan luka bakar yang melepuh. Lapisan kulit epidermis pada telapak tangan lebih tebal dibanding kulit pada bagian lainnya. Bila terdapat luka akan terlihat lebih putih pada bagian sel kulit yang sudah mati. Cairan yang keluar menandakan masih adanya proses peradangan akibat suhu panas.Langkah yang dilakukan M sudah benar dengan segera mengalirkan air pada kulit yang terkena lem panas. Tetapi sebaiknya tidak dikompres dengan es karena akan menimbulkan syok karena perubahan suhu dan memperparah peradangan. M bisa merendamnya saja dengan air sejuk atau air yang ditambah dengan sedikit es, tapi jangan sedingin es. Jaga luka tetap bersih, M bisa memberikan krim yang mengandung silver sulfadiazin atau dengan krim atau gel yang mengandung antibiotik untuk mencegah infeksi atau bisa menggunakan gel aloevera (lidah buaya). Dengan perawatan luka yang baik dan benar, kulit akan membentuk lapisan yang baru. Bila luka bakar akibat lem panas ini sangat luas, periksakan segera ke dokter untuk mendapat bantuan penanganan medis.Semoga bermanfaat. Salam sehat,dr. Pany CL
luka bakarpenyembuhan lukalidah buayabekas luka
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil